Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Macam-Macam Sensor Pada Smartphone Dan Fungsinya Di Masa Kini

Diera mobile sekarang berbagai macam sensor diterapkan pada smartphone yang mempunyai fungsi dan tugas masing-masing untuk menunjang aktifitas smartphone itu sendiri maupun user.
Macam-Macam Sensor Pada Smartphone Dan Fungsinya Di Masa Kini
Sensor di smartphone tentulah sangat memudahkan kita selaku pengguna hp baik untuk keamanan data itu sendiri, melihat dan mengetahui objek dan keadaan serta berinteraksi dan mengontrol objek di smartphone. Sensor adalah merupakan perangkat elektronik yang bisa mendeteksi, mengatur, mengetahui objek dan keadaan seperti tubuh, suhu, tekanan, arah, bahkan cahaya, dsb.

Macam-macam senser pada handphone baik ios maupun android sangat beragam dan mempunyai fingsi dan tugasnya masing-masing dan diantaranya ada yang bisa diatur dan juga tidak bisa kita konfigurasi karena sudah dari pabrik perangkatnya itu sendiri.

Berikut macam-macam sensor pada smartphone :


Dibawah ini merupakan jenis-jenis sensor dan fungsinya yang terdapat di handphone masa kini yang tidak terdapat pada feature phone

1. Ambient light (pencahayaan otomatis)

Fungsinya untuk mengatur brigtness (kecerahan layar) secara otomatis. Dimana saat cahaya ruangan redup maka kecerahan hp akan ikut menyesuaikan secara otomatis (sendirinya) dan sensitif terhadap cahaya disekitarnya.

Agar dapat melakukan brigthness layar otomatis tentunya smartphone ios maupun android anda harus support sensor ambient ligt sensor.

2. Magneto (magnetic sensor)

Sensor yang mempunyai tugas layaknya kompas (compass) untuk menentukan arah 7 penjuru mata angin semisal utara, selatan, timur, barat, dsb.

Mengetahui benda metal karena mempunyai sensor magnet tersebut.

Sensor magnet dapat digunakan fungsinya untuk menentukan arah qiblat dengan aplikasi, menentukan arah mata angin dengan aplikasi kompass, metal detector, dsb.

3. Gyro (gyroscope) sensor

Yaitu sensor yang bisa memahami pergerakan user maupun smartphone ketiap sudut objek dengan berorientasi pada sumbu.

Mungkim sahabat pernah mendengar saat pokemon go booming diantaranya memakai sensor gyroscope untuk menemukan dan mengambil atau menyerang objek pokemon.

4. Akselerometer (Accelerometer)

Sebuah sensor yang bisa mendeteksi arah, posisi. Kegunaanya seperti memudahkan user untuk mengambil posisi seperti portrait atau landscape. Demikian pula saat anda memainkan layar dapat memahami perintah misal jika dimiringkan pada game maka akan belok, dsb.

5. Sensor suhu (temperature) 

Sensor suhu pada smarrphone dapat mengenali suhu temperature panas atau dingin pada perangkat biasanya diukur menggunakan hitungan celcius atau fahrenheit.

Dan mungkin saja dibenamkan mengetahui tingkat suhu ruangan atau suhu tubuh anda tergantung kompatible sensor yang dibenamkan ke dalam hp.

6. Sensor biometrik (biometric sensor)

Sensor biometrik biasanya digunakan untuk kemanan ponsel itu sendiri untuk melidungi data dari pengguna yang usil dan tidak bertanggung jawab.

Sensor biometrik menggunakan kode biometrik untuk mengenali pengguna untuk mengakses dan keamanan perangkat device semisal untuk mengenali sidik jari, retina mata, dsb.

7. Finger print

Sensor finger print yaitu sensor yang bisa mengenali struktur sidik jari manusia, sehingga smartphone hanya bisa dibuka melainkan menggunakan sidik jari user tersebut.

Finger print sensor menggunakan hardware lain untuk mengenali menggunakan finger print scanner untuk menyimpan dan mengenali data sidik jari.

Sensor sdidik jari ada yang diletakkan atau ditempatkan di tombol home, layar atau dibelakang tergantung brand smartphonenya si pembuatnya.

8. Proximity

Sensor proximity di smartphone yang mampu mendeteksi jarak objek, sebagai contoh saat anda menerima telepon maka saat itu layar smartphone anda akan padam ketika anda jauhkan maka layar kembali nyala tujuannya untuk menghemat baterai saat anda sedang menelepon.

Proximity sensor biasanya terletak dekat kamera depan dan speaker depan handphone.

9. Retina

Sensor retina merupakan sensor yang bisa mendeteksi retina mata anda, sehingga saat ponsel mendeteksi retina mata user maka seketika itu ponsel membuka kunci ponsel.

Sensor retina diklaim memiliki keamanan yang tinggi dibanding finger print.

10. Pedometer

Sensor pedometer berfungsi untuk mengkalkulasi jumlah langkah saat anda berjalan, dan bisa menghitung jarak tempuh.

Misal untuk kegunaan olahraga untuk melihat berapa langkah, jarak tempuh, dsb.

12. Detak jantung

Sebuah sensor pada mobile yang bisaenghitung setiap detakan atau denyutan jantung terutama untuk mendeteksi denyut jantung.

Berkaitan dengan kesehatan jantung anda sehingga bisa mengetahui denyut jantung anda.

13. Barometer

Sensor barometer berguna untuk menghitumg tekanan udara disekitarnya, sehingga bisa memprediksi cuaca selanjutnya apakah hujan atau cerah.

14. kamera

Sensor kamera membuat gambar kamera jernih dan tajam, pembuat sensor kamera ponsel terbaik diantaranya sony dan samsung.

Bagian dari sebuah kamera yang sangat penting didalam melihat objek yang mau diphoto.

Agar smartphone dapat memiliki kapabilitas yang diinginkan maka smartphone android atau ios anda harus support dari sensor yang kami sebutkan diatas.

Demikian macam-macam sensor pada smartphone dan fungsinya dari omevan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar untuk "Macam-Macam Sensor Pada Smartphone Dan Fungsinya Di Masa Kini"