Widget HTML Atas

Cara Mencegah Banjir Masuk Ke Rumah Pada Musim Hujan Tiba

Bencana banjir selalu terjadi saat curah hujan tinggi dan berlangsung lama serta sering terjadi di daerah atau wilayah rawan banjir. Jika tempat tinggal anda berada dikawasan rumah rawan banjir maka perhatikan cara mencegah banjir agar tidak masuk rumah anda dilingkungan tempat tinggal anda.
Cara Mencegah Banjir Masuk Ke Rumah Pada Musim Hujan Tiba
Mencegah banjir bukan hanya untuk yang tinggal di lokasi rawan banjir kita tidak tahu kemungkinan genangan air pun dapat masuk ke dalam rumah kita.

Berikut cara mencegah banjir agar tidak masuk rumah

1. Bangun sumur resapan dan Bipori

Membuat sumur resapan air agar saat hujan turun maka air hujan dan genangan air bisa terbagi-bagi ke daerah sumur resapan yang dibuat, bipori juga untuk memudahkan air masuk ke sumur melalui bipori tersebut karena terdapat lubang-lubang air untuk memudahkan air masuk.

2. Ganti semen atau beton halaman menggunakan Paving Block

Halaman rumah yang menggunakan semwn atau beton akan sangat sukar air untuk meresap ke dalam tanah sehingga dengan menggunakan paving block bisa meminimalisir hal tersebut karena terdapat rongga di pinggiran masing-masing pavin block supaya air meresap ke tanah.

Pilih design paving block yang air hujan mudah diresap misalkan paving block yang memiliki ruang cukup untuk air dapat mudah diresap oleh tanah.

Kemudian memilih paving blog yang terdapat ruang untuk air dapat masuk dan bisa diselipi rumput misalnya.

3. Bersihkan selokan rumah dan buka

Cara mengatasi banjir masuk rumah diantaranya lagi dengan membersihkan selokan dan got dari segala sampah yang membuat mampet sehingga aliran pembuangan air terhambat.

Begitupun membuka masuknya air ke dalam selokan atau masuk ke ke got akan membuat genangan air melimpah disekitaran rumah anda. Setidaknya dengan hal ini dapat mwncegah genngan air atau banjir masuk ke rumah.

4. Tinggikan permukaan tempat tinggal

Bagi anda yang ingin terhindar dari banjir masuk ke dalam rumah terutama yang hendak bangun rumah agar terhindar dari banjir adalah dengan meninggikan peemukaan tanah atau pondasi tanah.

Hal ini bisa terjadi genangan air ditempat yang permukaan tanahnya rendah atau berada disekitaran yang air tidak bisa mengalir dengan cepat sehingga genangan air bisa masuk rumah dengan cepat sehingga rumah anda kebanjiran.

5. Buat penghijauan di sekitar lingkungan rumah

Menanam pohon kecil disekitar rumah dapat menghindari banjir masuk rumah karena pohon dan tanaman akan menyerap sedikit air yang menggenang di sekitaran tersebut.

Area hijau di tempat tinggal bukan hanya menambah indah tetapi juga mengantisipasi banjir kecil menggenangu rumah anda.

6. Buang sampah pada tempatnya

Samoah plastik, sterofoam dan sampah lainnya hendak lah di buang pada tempatnya, hindari membuang sampah pada selokan, got dimana terdapat area untuk menampung dan mengairkan debet air ke sungai sehingga membuat air tidak tertampung ke sana dan akhirnya membanjiri lingkungan anda sendiri dengan menjaga lingkungan tentunya.

6. Benahi atap rumah yang bocor

Atap bocor bisa menyebabkan rumah kebanjiran atau genangan air dirumah apalagi jika bocornya lumayan besar bisa.

Demikian cara mencegah banjir masuk ke rumah dengan tips sederhana dari omevan semoga bermanfaat

You may like these posts

No comments for "Cara Mencegah Banjir Masuk Ke Rumah Pada Musim Hujan Tiba"