5 Cara Melacak Ponsel Yang Hilang Untuk Android Dengan Cepat

Keseharian kita tidak terlepas dari yang namanya smartphone terutama android kesayangan kita. Bagaimana jika ponsel hilang tentunya membuat kita tegang serta panik dan tentunya tidak bisa berkomunikasi maka anda harus tahu cara melacak ponsel yang hilang dengan segera.
Cara melacak ponsel yang hilang Dengan Tepat Dan Cepat
Melacak ponsel yang hilang dapat dengan mudah serta cepat dengan bantuan aplikasi maupun situs find my device dari google llc maupun temukan perangkat saya melalui pengaturan sehingga anda dapat menemukan ponsel smartphone android yang hilang atau dicuri.

Agar ponsel yang hilang mudah di lacak dan ditemukan 

1. Alamat email
Tentunya anda harus mengetahui email yang digunakan untuk login ke google akun pad hp yang hilang untuk menggunakan find my device.

Begitupun untuk menemukan ponsel semisal samsung dengan menggunakan temukan perangkat saya harus mengetahui atau hapal email akun yang digunakan untuk masuk ke akun samsung atau brand smartphone lainnya.

2. Smartphone untuk melacak

Sahabat untuk mencari handphone android yang hilang harus menggunakan hp tentunya sobat bisa meminjam hp orang lain ataupun smartphone anda jika sahabat mempunyai ponsel android lain.

Atur fitur dibawah ini agar sahabat bisa melacak hp saat terjadi kehilangan :

3. Kendali jarak jauh

Usahakan ponsel yang anda pegang mengaktifkan kendali jarak jauh untuk mengatur hp anda jika hilang atau dicuri

4. Aktifkan layanan lokasi google
Dengan mengaktifkan google location service untuk memperkenankan dan memberitahu kita saat ponsel hilang

5. Kirim lokasi terakhir

Yang paling pentung juga usahakan untuk aktifkan send last location sehingga perangkat yang hilang bisa mengirimkan lokasi terakhir ponsel yang hilang.

5 Cara melacak smartphone yang hilang 


1. Cara melacak hp yang hilang melalui aplikasi


Silahkan sahabat cari dan instal aplikasi find my device dari Google LLC di google play store.

Setelah itu silahkan buka aplikasi cari perangkat tersebut, dan silahkan login menggunakan akun google anda atau anda bisa menggunakan login as guest dan masukkan alamat email akun google berikut passwordnya dan tap login.
Cara melacak ponsel yang hilang via aplikasi
Setelah itu aplikasi akan mengenali perangkat android setelah anda memasukkan akun google yang telah anda gunakan pada perangkat android yang hilang tersebut.

Anda dapat menzoom maps untuk mengetahui lokasi hp yang hilang dan ditandai dengan dot biru bahwa itu lokasi device android anda.

Silahkan anda cari lokasi tersebut setelah itu anda bisa melakukan apapun terhadap hp yang hilang tadi untuk menandai bahwa itu ponsel anda misal dengan mentap putar suara disamping itu anda juga bisa amankan perangkat dan hapus perangkat.

Dimana amankan perangkat untuk memberitahu kepada ponsel yang menemukan smartphone anda dengan membuat pesan dan memasukkan nomor telepon lalu amankan perangkat sehingga pesan akan muncul saat perangkat sedang terkunci.

Hapus perangkat yaitu untuk mereset ponsel anda pada setelan pabrik gunanya agar yang menemukan ataubpencuri ponsel tidak menyalahgunakan ponsel anda. Sehingga data ponsel direset factory reset.

2. Cara melacak ponsel melalui pengaturan

Anda juga dapat menggunakan fitur temukan ponsel saya pada setelan smartphone dengan cara :

1. Silahkan buka settings (pengaturan) lalu tap biometric and security

2. Setelah itu lanjutkan dengan mentap temukan ponsel saya (find my device)

3. Tap link url situs find my device misal jika di ponsel samsung dengan mentap https://findmymobile.samsung.com biasanya tergantung merk hp yang anda gunakan dan harus telah signup sebelumnya sehingga akun anda tersinkronisasi dengan device yang hilang

4. Maka ponsel akan membuka browser atau aplikasi find my mobile samsung dan menuju ke link tersebut jika anda menginstal aplikasi temukan ponsel saya dari samsung maka akan ada popup anda bisa mentap aplikasi temukan ponsel saya

5. Masuk ke akun samsung dengan alamat email dan password sebelumnya anda harus mempunyai akun samsung yang didaftarkan di device samsung atau brand smartphone yang hilang lainnya.
Cara melacak ponsel yang hilang via pengaturan
6. Maka anda akan melihat nama perangkat disebelah kiri dan pilih seri perangkat anda jika terdapat beberapa perangkat.

Silahkan tap refresh sehingga akan mengaktifkan jaringan wifi terbuka dan gps akan diaktifkan dan anda akan melihat titik lokasi ponsel tersebut di aplikasi find my device atau situs tersebut.

7. Anda dapat memanfaatkan banyak fitur di situs atau aplikasi temukan ponsel saya buatan samsung diantaranya

- Ringtone, memeberitahu bahwa itu ponsel anda jika ponsel anda telah dilacak dan diketemukan oleh penemu ponsel yang hilang

- kunci, untuk mengunci smartphone yang hilang

- Hapus data, untuk menghapus data penting dari ponsel anda sehingga yang menemukan tidak menyalahgunakannya

- cadangkan, untuk membackup data dari ponsel anda terutama yang bersifat penting.

- ambil panggilan dan pesan, untuk mengambil pesan atau panggilan dan diteruskan ke ponsel anda.

- buka kunci ponsel, untuk membuka kunci ponsel dari jauh dan mereset atau menghapus junci smartphone baik finger print, pola atau password.

- perpanjang masa pakai baterai, untuk mengaktifkan fitur hemat daya maksimum

- Mode Wali, anda bisa mengendalikan perangkat android dari jauh semisal temukan perangkat saya, dering, aktifkan mode darurat.

3. Cara melacak hp melalui situs

Selain melalui aplikasi anda juga bisa melacak ponsel melalui situ dengan pergi ke url https://www.google.com/android?find atau android.com/devicemanager bisa melalui browser komputer maupun android.

Setelah itu silahkan login dengan akun google atau alamat email google yang telah digunakan pada android yang hilang.
Cara melacak ponsel yang hilang melalui website
Maka android anda akan terlacak di titik lokasi dimaps dan anda bisa memanfaatkan fitur untuk menemukan dan mengembalikan hp kepangkuan anda atau bahkan mereset hp seperti yang telah kami jelaskan pada point pertama melalui aplikasi google find my device.

Selain itu anda juga bisa menggunakan findmobile.samsung.com untuk menemukan hp samsung yang hilang melalui browser.

4. Cara Melacak hp melalui google maps

Anda juga bisa menggunakan fitur lini masa atau google maps time line terkini dengan menggunakan akun google yang anda gunakan pada android yang hilang.

Buka aplikasi google maps dan buka tap icon profile akun anda kemudian tap linimasa anda terkini. Maka anda akan melihat lokasi timeline dimana hp anda yang hilang.

5. Aplikasi fihak ke 3

Selain untuk menemukan dan mencari ponsek yang hilang atau dicuri anda juga bisa memanfaatkan aplikasi fihak ke tiga seperti temukan ponselku, find my phone dan banyak lagi di google playstore.

Tetapi lebih biasa menggunakan find my device google karena awalnya tentunya kita signup dan login menggunakan akun google.

Sehingga dengan memanfaatkan fitur tersebut anda dapat melacak dan mempermudah dalam menemukan ponsel anda termasuk mengendalikan ponsel anda yang hilang dari jarak jauh.

Demikian cara melacak ponsel yang hilang dari omevan. Semoga bermanfaat.