Cara Menghafal Al Qur'an Dengan Cepat Di Luar Kepala

Alqur'an merupakan kitab suci yang mulia sebagai petunjuk, pedoman umat islam dan tentunya harus senantiasa kita membaca juga menghapal al qur'an baik perzuz, perayah atau yang kita mampu. Tentunya harus mempunyai teknik agar cara menghafal Al-Qur'an dengan cepat dapat direalisasikan.

Al Qur'an akan terjaga kemurniaan hingga akhir kiamat kelak dan betapa banyak penghapal al Qur'an di dunia yang menghafalkan Qur'an sangat banyak dan mempunyai antusias yang tinggi. Disamping itu yang telah hafal Al Qu'arnul Kariim juga sangat banyak.

Menghapal alqur'an dengan cepat tentunya harus usaha dan kerja keras agar kita mampu menghapal surat- surat alquran 30 zuz mulai dari surah Al Baqarah sampai AnNas di luar kepala.
Cara mempercepat menghafal Alquran
Agar menghapal Al-Qur'an dengan capat harus disertai niat yang ikhlas dan mengharap ridho Allah SWT. Membersihkan hati akan mudah dan cepat dalam menghapal dan mengingat alquran.

Keutamaan Menghapal Alquran

- Menenangkan hati
Setiap orang yang membaca alqur'an dan juga menghapal surat-surat alquran akan menentramkan hati baik ketika membaca dan dan sesuadah membaca.

- Berpahala
Menghapal alquran akan mendapatkan pahala apalagi sesuai makhrajul huruf, tanda baca dan panjang pendeknya serta tajwidnya. Pahala baca alquran untuk menghapal bahwasanya pahala dinilai bukan persurat tetapi setiap huruf juga.

- Mempertajam ingatan 
Menjadi penghapal qur'an dan selalu menghapal alQuran akan mempertajam setiap ingatan anda dan mencerdaskan anda.

- Mengingat Akhirat
Menghapal alquran akan sentiasa mengingat akhirat, karena kita kembali ke sana.

cara menghafal al quran dengan mudah :


1. Hafalkan satu mushaf Al-Qur'an

Menghapal dengan satu cetakan mushaf qur'an akan membuat anda konsentrasi dan konsisten serta mudah menghapalkan al qur'an baik perayat atau per zuz karena setiap cetakan quran berbeda sehingga mudah dalam menghapal.

2. Jangan menghafal terlalu berat

Menghapal al-Quran jangan terlalu berat dan banyak, sedikit demi sedikit akan lebih memudahkan anda mengingat setiap ayah, panjang pendeknya suatu ayat alquran. Baru setelah terbisa bisa anda tingkatkan hapalan ke yang lebih banyak apalagi anda baru memulai menghapal.

3. Ulangi setiap hapalan 

Pengulangan bacaan yang telah dihapal akamembuat anda mudah mengingat apa-apa yang telah dibaca sehingga akan mudah cepat hapalan di luar kepala.

4. Mendengar lewat smartphone

Seiring perkembangan teknologi mempermudah anda dalam menghapal, anda bisa dengan mudah mendengar lantunan alquran dari berbagai qori diseluruh dunia,dengan mendownload audio Al Qur'an dengan pembaca Qur'an yang anda sukai. Mendengar dan mengikuti setiap ucapan qari akan mempermudah hapalan Al-Quran anda tentunya akan cepat dan mudah.

5. Baca Qur'an dimana saja dan kapan saja

Memanfaatkan smartphone untuk membaca Al-Qur'an tentunya berpahala anda bisa membaca Qu'an dimana saja dan kapan saja apakah dengan membawa mushaf Qur'an atau melalui aolikasi Qur'an di smartphone.

6. Setorkan hapalan Qur'an

Jika anda telah menghapal satu surah maka saatnya untuk menyetorkan atau memoerdengarkan bacaan hapalan anda didepan orang sehingga dia bisa mendengar dan mengoreksi kesalahan hapalan dari bacaan ayat suci alqur'an anda saat anda mengaji hapalan dihadapannya.

7. Biasakan tenang saat menghapal

Tenang dalam sesuatu hal tentunya sangat baik untuk memperkuat ingatan anda dan tidak ada yang mengganggu dan membuyarkan konsentrasi anda.

8. Memahami setiap arti 

Menghapal alquran agar lebih mendalam tentuya harus memahami dan tahu arti dari setiap hapalan anda seiring dengan menguatkan hapalan anda.

9. Jauhi Tergesa-gesa

Menghapal alquran jangan tergesa-gesa agar cepat menghapal, biasakan tenang dan tidak tergesa-gesa agar setiap surat, ayat menyerap kepada ingatan anda. Demikian pula agar sempurna saat menghapal bacaam sesuai tanda baca alquran seperti panjang pendeknya, makhrojul khiruf, dsb.

10. Berteman dengan komunitas penghapal Quran
Untuk menambah semangat dalam mempermudah penghapalan Alquran anda bisa bergabung dengan komunitas penghapal qur'an agar anda termotivasi dan berlomba-lomba memeperbanyak hapalan.

Demikian cara menghapal Alquran dengan cepat dan mudah dari omevan, semoga bermanfaat.

Related Posts

0 Response to "Cara Menghafal Al Qur'an Dengan Cepat Di Luar Kepala"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel