Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca Di Smartphone Lengkap

Kartu SIM merupakan hal yang sangat penting bagi pengguna smartphone baik itu android ataupun iOs. Ada kalanya pada saat tertentu sim card tidak terbaca atau terjadi error tentunya anda harus tahu cara mengatasi sim card tidak terbaca.
Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca di smarphone
Kartu sim card bermasalah semisal kartu sim tidak terbaca juga tidak ada sinyal maka tentunya anda tidak dapat melakukan telpon, internetan, dll.

Mengatasi kartu sim tidak terdeteksi di smartphone mungkin sangat gampang diantaranya sobat bisa mencoba alternatif agar kartu sim bisa normal kembali di smartphone.

Penyebab kartu sim tidak terbaca diponsel diantaranya :


1. Kartu sim sudah lama
Kartu sim sudah lama terpakai di smartphone bisa saja menyebabkan simcard tidak terbaca di android biasanya jika ringan maka sim card akan terbaca.

2. Flat konduktor sim card rusak
Pada kartu sim terdapat konduktor atau plat kuningan sebagai penghunbung antara simcard dan konektor sim card di smartphone, jika terjadi sim rusak tentunya akan mengalami notifikasi simcard tidak dapat dibaca.

3. Konektor kartu sim rusak
Konekter simcard yang merupakan tempat menyimpan kartu sim rusak bisa menyebabkan simcard tidak dapat dibaca.

4. IC sinyal rusak
Jika ic penerima sinyal rusak otomatis akan mendapat notifikasi tersebut, karena sudah tidak bisa menerima sinyal dengan baik.

5. Komponen simcard terbakar
Didalam simcard atau kartu sim terdapat perangkat elektronik seperti ic kemungkinan karena panas berlebih dapat menghancurkan komponen simcard didalamnya.

6. Nomor imei hp terhapus
Penyebab kartu sim tidak terbaca juga bisa diakibatkan nomor imei terhapus di smartphone untuk melihat emai smartphone bisa menggunakan *#06# dan tekan call.

Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca di smartphone


1. Merestart signal HP

Restart signal smartphone dapat anda lakukan dengan mengaktifkan dan menonaktifkan mode terbang atau pesawat, sebagian bisa muncul dengan metode ini.

2. Merestrat HP

Smartphone error pada system bisa menyebabkan kartu sim tidak bisa dibaca maka langkahnya anda bisa coba restart smartphone dan coba lihat di smartphone anda apakah kartu sim terbaca.

3. Membersihkan sim card

Cara mengatasi sim card tidak terbaca ketiga dengan membersihkan kartu sim seluler anda, bersihkan flat atau lempengan tembaga di kartu sim anda dengan memakai kapas dan basahi dengan alkohol lalu digosok hingga bersih. Jika hanya kotor kemungkinan hal tersebut akan normal kembali.

4. Mengganti Sim card

Silahkan coba dengan kartu sim teman anda jika bekerja dengan baik maka silahkan mengganti kartu sim baru pada smartphone anda, jika masih belum coba alternatif dibawah.

5. Mengganti konektor kartu sim

Jika dengan membersihkan sim card ternyata cara mengatasi kartu sim masih tetap begitu maka silahkan coba dengan kartu sim yang lainnya jika ternyata sim card yang lainnya tersebut berjalan sama tidak normal juga tidak dapat dibaca kemungkinan konektor kartu sim atau tempat kartu sim rusak dan harus diganti dengan konektor simcard yang baru.

6. Mengganti IC signal

Jika seandainya dengan ganti konektor sim masih tetap maka anda harus mengganti IC PA yang berhubungan langsung membaca kartu sim card dan harus di service ke tempat servise hp agar bisa diganti ICnya dengan yang baru.

7. Melakukan factory reset
Kartu sim tidak terbaca di smartphone bisa disebabkan tidak sempurnanya software di hp agan, karena sering dipakai bisa menyebabkan software os menjadi caacat dalam system terutama berkaitan dengan software atau aplikasi system yang membaca kartu sim maka alternatif lain coba anda melakukan factory reset atau menyetel hp ke setelan pabrik.

8. Reflash handphone

Mereflash smarthphone anda bisa mengembalikan system error terutama berkaitan dengan software sinyal di hp yang kemungkinan softwar di smartphone korup atau tidak sempurna.

9. Memperbaiki imei hp
Seperti yang diutarakan bahwa nomor imei juga mempengaruhi, silahkan perbaiki imei hp di ponsel jika hilang.

10. Replace smartphone dengan yang baru
Jika seandainya tidak menemukan solusi diservice karena sim card rusak juga buntu bagaimana mengatasinya maka finalisasinya adalah dengan cara mengganti smartphone dengan yang baru.

Demikian cara mengatasi kartu sim tidak terbaca di smartphone dari omevan, semoga bermanfaat dan kartu sim anda bisa terbaca di ponsel dengan salah satu alternatif mengatasi simcard tidak terbaca.