Belajar Seo Untuk Pemula Panduan Lengkap

Untuk membangun website baru baik wordpress maupun blogger tentu tak terlepas yang dinamakan SEO. Belajar seo merupakan suatu keharusan terutama untuk pemula yang memiliki website atau blog baru tentunya harus belajar seo untuk pemula agar menjadi blogger sukses.
Belajar seo untuk pemula
Belajar seo merupakan hal wajib bagi admi pemilik sebuah website bagi seorang blogger karena pada kenyataannya bahwa search engine itu sendiri di dominasi oleh website papan atas yang merajai halaman pertama google.

Belajar seo untuk pemula merupakan hal yang wajib terutama di awal pembangunan blog agar bersaing dengan website otoritas tinggi agar website anda teroptimasi dengan benar sehingga menjadi blogger sukse dan mendapatkan uang dari blog.

Salah satu bagian belajar seo adalah optimasi website itu sendiri diantaranya dengan SEO agar memudahkan pencarian visitor mengunjungi artikel, jangan lupa buat navigasi untuk mempermudah di situs anda. Belajar seo juga merupakan kunci sukses agar menjadi blogger sukses dan memperoleh penghasilan dari blog serta mendrive traffik di search engine.

Belajar seo untuk pemula agar menjadi blogger sukses


Sebeleum melangkah mengenai dasar - dasar seo untuk pengoptimasian blog website tahap awal diantaranya

I. Optimasi seo website

- Kecepatan situs
Sebuah website, blog sudah seharusnya diera mobile sekarang mengoptimasi kecepatan website sehingga loading blog hanya sekian detik.

- Mobile friendly
Diera mobile dimana semua orang menggunakan perangkat seluler di internet maka jadi peluang agar blog kita mengutamakan mobil friendly saat di buka dismartphone.

- Template blog responsif
Keumuman sekarang banyak pengguna mobile jangan pula melalikan pengguna desktop jadi sudah tentu anda juga perlu menyasar pengguna yang mencari pada desktop. Sehingga sangat diperlukan layout blog yang responsif.

- Umur domain
Usia domain juga begitu sangat diperhatikan oleh search engine, semakin umur domain tua, search engine memprioritaskan domain tersebut.

- Expired domain
Domain yang telah tidak diperpanjang oleh mpunya baik pula untuk dijadikan domain oleh anda tetapi perlu memperhatikan hal-hal seperti spam score, da pa, backlink ke situs, dsb. Daripada membeli domain baru dari registar penyedia domain.

Tidak hanya itu bahkan dijadikan backlink ke money site oleh kebanyakan orang, begitupun cocok untuk anda jadikan money site dimana mpunya terdahulu banyak melinkingkan backlink dan optimasi website sehingga sangat baik untuk seo.

Expired domain banyak digunakan master seo untuk kegunaan PBN (Private Blog Network) yang mengarah ke mone site, tentunya anda harus memilih domain expired yang bagus. Dan bahkan diantaranya digunakan pula sebagai blog zombie.

- Menggunakan SSL/TLS
Jika blog anda menggunakan menggunakan http pada blog maka sudah saatnya migrasi ke https disamping direkomendasikan google juga oakar seo, karena ssl https cenderung lebih seo dan juga secure dan aman digunakan oleh pengunjung.

- Menempatkan analystics
Google analystics digunakan oleh pemilik website atau blog untuk menganalisis interaksi antara pengunjung dengan situsndi website. Dimana analystics juga dapat mengetahui jumlah data pageviews halaman, bounce rates blog, landing page, dsb.

- Submit blog atau situs ke webmaster tools
Sangat penting jika anda sebagai pemilik blog untuk mensubmit situs ke google  webmaster tools atau search console, bingbwebmasted tools maupun yandex agar blog atau website anda muncul cepat di halaman search engine populer tersebut.

Selain itu dari search console atau webmaster tools kita juga dapat mengetahui notifikasi situs teekait beeikut

1. peringatan terkait kesalahan pada blog anda
2. Backlink dan juga inbound link website
3. Mensubmit sitemap

- Tambahkan sitemap
Sitemap yang kita tahu ada dua pertama sitmepa yang kita tambahkan ke webmaster brupa sitemap xml dan juga halaman sitemaps di blog atau situs anda. Fungsinya sebagai umpan disamping agar artike kita cepat terindex juga apabila kita mengedit beberapa kode di tempate atau mengganti template blog, situs kita tidak cepat down traffik situsnya karena ada sitemap di blog discan oleh robbots maka akan cepat kembali traffik website yang down tadi.

- Pasang plugin seo
Bagi pengguna wordpress anda bisa memaksimalkan seo dengan memasang atau menginstal plugin yoast seo sebagai optimasi website bagi pengguna wordpress.

- Research keyword atau riset kata kunci
Lakukan riset kata kunci serta kumpulkan keyword untuk mendrive pengunjung blog mulai dari pencarian banyak hingga rendah.

Untuk judul gunakan keywords dengan longtail keywords, sementara didalam postingan artikel tempatkan keywords pada 100 kata paragrap pertama dan sebgaian lain di paragrap lainnya, demikian juga dengan LSI.

Cara membuat konten website gunakan judul, artikel yang berkualitas dan unik dari yang lainnya, terperinci. Kalau mau tambahkan demografi yang mendukung artikel sahabat agar lebih detil dan juga menjelaskan dengan deep content karena kata google sendiri bahwa blog itu adalah content is king.

Hindari iklan berlebih sehingga mengganggu pengunjung dan mengelabui pengunjung jika situs anda telah memasang iklan adsense maupun lainnya. Disamoing itu memasang banyak iklan dapat memberatkan sehingga akan memberatkan blog anda.

- Menggunakan AMP
Anda sebagai pemilik situs jika bisa maka kenapa tidak mencoba website atau blog amp (Accelerated mobile page) untuk memaksimalkan situs yang ringan saat di buka di perangkat mobile.

II. Optimasi Seo

Seo terbagi menjadi dua yaitu seo off page dan on page dimana keduanya saling mendulung satu sama lainnya untuk memoprkuat seo anda.

I. Optimasi Seo On Page
Seo on page adalah seo yang diterapkan pada blog atau website itu sendiri terutama pada saat menulis artikel blog, yang paling penting dari itu semua adalah update postingan artikel secara terus menerus.

Yang paling penting selain itu diantaranya diantaranya :

1. Judul artikel
Pergunakan keyword menggunakan longtail keyword dan maksimal kata 65 karakter agar tidak terlalu panjang.

2. Bubuhi artikel dengan keywords
Buat konten artikel dengan keywords pilhan anda lalu taburkan saat anda menulis konten agar lebih seo.

3. Alt Image
Tempatkan kata kunci dengan menempatkan kata kunci pada alt image sebagai pendukung konten anda.

4. Internal linking
Jangan lupa perkuat akar blog anda dengan menambahkan internal linking antar postingan. Agar internal linking di follow robots maka gunakan anchor tag htm jangan menggunakan java script.

5. Menambahkan meta tag pencarian
Untuk mendrive trafik tambahkan pula meta tag description agar mudah dicari di sear h enggine disamping itu dapat meningkatkan CTR (Click trough rates) juga.

6. Menggunakan Permalink
Pakai oermalink agar url artikel tidak kepanjangan terutama pada blogspot anda juga bisa menggunakan permalink dari pada auto yang seringkali terpotong.

II. Optimasi Seo Off Page
Terakhir gunakan tekhnik seo off Page baik baclink atau inbound links maupun share content anda ke berbagai situs social untuk memperkuat authority situs anda. Anda juga dapat memberikan rujukan situs ke situs besar tetpai jangan berlibahan tidak baik blog anda.

Jika anda membuat website baru makan jangan gunakan dulu backlink tunggu hingga beberapa bulan lalu optimasi situs dengan backlink baik dari forum, profile backlink, bookmark situs sosial, dsb.

III. Belajar pada ahli seo
Jika anda kurang paham anda dapat belajar dengan cara belajar seo pada pakar seo dimana pengalaman mereka sudah jauh daripada kita.

Yang terakhir adalah perlunya kesabaran dalam belajar seo pemula agar menjadi blogger sukses karena tidak semudah membalikkan tangan agar tahu cara meningkatkan optimasi blog anda bisa berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun tetapi percayalah akan indah pada waktunya dan mudah mengaplikasikannya.

Demikian belajar seo untuk pemula dari omevan, semoga bermanfaat.