Ayat-Ayat AlQuran Tentang Sabar Dan Artinya

Al-Quran adalah kitab suci umat Islam yang harus dipegang dan menjadi pedoman hidup muslim di seluruh dunia. Banyak surat dan ayat alqur'an menceritakan tentang sabar dan kesabaran.
ayat tentang sabar dan artinya
Sabar atau kesabaran harus dimiliki oleh setiap muslimim dan muslimat, sabar atau kesabaran merupakan sifat yang harus melekat pada seorang yang beragam Islam.

Dalam kitab umat Islam (Alquran) banyak ayat alqur'an tentang sabar yang memerintahkan dan menceritakan sabar dan kesabaran ini. Adapun sabar dan kesabaran itu sendiri tidak terbatas tergantung orang yang menyikapi dari sabar itu sendiri atas permasalahannya.

Sabar adalah sifat menahan, tidak lekas marah, menerima sesuatu hal buruk sekalipun seperti cobaan dan ujian dari Allah, bukan pula sabar itu tidak bertindak misal dikarenakan sikap berlebihan (melampaui batas) kepada kita bukan berarti kita juga harus diam juga atau takut terhadap siapapun selama benar.

Kita dituntut juga untuk memiliki sifat sabar menghadapi ujian dan masalah hidup dalam kehidupan keseharian kita. Al-quran banyak berbicara tentang sabar ini dan merupakan hal yang paling penting untuk dimiliki setiap orang muslim.

Sabar itu dalam kamus bahasa indonesia sendiri adalah tahan menghadapi cobaan (tidak lekas marah, putus asa, patah hati), tabah, tenang, tidak terburu nafsu. Orang yang penyabar sangat disukai Allah tetapi kadangkala kita sabar dengan persepsi versi kita sendiri

Ayat-ayat alquran tentang sabar


Berikut surat dan ayat dalam Alquran tentang sabar dan artinya

Surat Al-Baqarah ayat 45

وَاسْتَعِيْنُوا بِالصَّبْرِ وَالصَّلَوةِ واِنَّهَا لَكَبِرَةٌ اِلَّا عَلَى الْخٰشِعِيْنَ

Dan mohonlah pertolongan (kepada Allah dengan sabar dan shalat. Dan sungguh (shalat) itu sungguh berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu.


Surat Al-Baqarah ayat 153

يٰاَيُّهَا الَّذِيْنَ ءَامَنُواْ اسْتَعِنُوا بِالصَّبْرِ وَلصَّلَوةِ اِنَّ اللهَ مَعَ الصّٰبِرِيْنَ

Wahai orang-orang yang beriman! Mohonlah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Albaqarah 152

فَاذْكُرُوْنِىٓ اَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوا لِى وَلَا تَكْفُرُوْنِ

Maka ingatlah kepadaKu, akupun akan ingat kepadamu. Bersyukurlah kepadaKu dan janganlah kamu ingkar kepadaKu.

Surat Al Baqarah ayat 155

وَلَنَبْلُوَنَّكُم بِشَىْءٍ مِّنَ الخَوْفِ وَالْجُوْعِ وَنَقْصٍ مِّنَ الْاَمْوٰلِ وَالْاَنْفُسِ وَللثَّرٰتِ وَبَشِّرِ الصّٰبِرِيْنَ

Dan kami pasti akan menguji kamu dengan sedikit ketakutan, kelaparan kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan sampaikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.

Surat Al Baqarah ayat 177

لَيْسَ الْبِرَّ اَنْ تُوَلُّواْ وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ ءَامَنَ بِاللهِ والْؤَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلٓئٌكَةِ وَالْكِتٰبٌ والنَّبِّيِّنَ وءَاتَى الْمَالَ عَلَى حُبِّهٍ ذَوِى الْقُرْبَى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنَ وَبْنَ السَّبِيْلِ وَلسَّآئِلِيْنَ وَفِى الرِّقَابٌ وَاَقَامَ السَّلَوةَ وَءَاتَى الزَّكَوةَ وَالْمُوفُونَ بَعَهْدِهِمْ اِذَا عٰهَدُوا وَالصّٰبِرِيْنَ فِى الْبَاْسِآءِ وَالضَّرَّآءِ وَحِيْنَ الْبَاْسِ اُلَٓئِكَ هُمُ الْمُتَّقُوْنَ

Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dN barat tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang-orang yang beriman kepad Allah, hari akhir, malaikat-malaikat, kitab-kitab, dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat, anak yatim, orang-orang miskin, orang-orang yang dalam perjalanan (musafir), peminta-minta dan untuk memerdekakan hamba sahaya, yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, orang-orang yang menepati janji apabila berjanji dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan dan pada masa peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar dan mereka itulah orang-orang yang bertaqwa.

Surat Al Baqarah (2) ayat 29
...
قَالَ الَّذِيْنَ يَظُنُّونَ اَنَّهُمّ مُلَقُوا اللهِ كَمْ مِّن فِئَةٍ قَلٌيْلَةٍ غَلَبَتْ فِئَةً كَثِيْرَةً بِاِذْنِ اللهِ واللهُ مَعَ الْصَّٰبِرِيْنَ

Mereka yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah berkata "Betapa banyak kelompok kecil mengalahkan kelompok besar dengan izin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar.

Surat Ali Imran (3) 17

الصّٰبِرِيْنَ وَالصّٰدِقِيْنَ وَالْقٰنِتِيْنَ وَالمُنْفِقِيْنَ وَالْمُسْتَغْفِرِيْنَ بِالْاَسْحَارِ

(Juga) orang yang sabar, orang yang benar, orang yang taat, orang menginfakkan hartanya dan orang yang memohon ampunan pada waktu sebelum fajar.

Surat Ali Imran (3) ayat 142

اَمْ حَسِبْتُمْ اَنْ تَدْخُلُوا الْجَنَّةَ وَلَمَّا يَعْلَمِ اللهُ الَّذِيْنَ جٰحَدُوا مِنْكُمْ وَيَعْلَمَ الصَّٰبِرِيْنَ

Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga padahal belum nyata bagi Allah orang-orang yang berjihad diantara kamu dan belum nyata orang-orang yang sabar.

Surat Ali Imran 3:146

وَاللهُ يُحِبُّ الصَّٰبِرِيْنَ ....

Surat An nisa ayat 147

مََّا يَفْعَلُ اللهُ بِعَذَابِكُم اِنْشَكَرْتُمْ وءَامَنْتُم وَكَانَ اللهُ شَاكِرًا عَلِيْمًا

Allah tidak mengiksamu jika kamu bersyukur dan beriman. Dan Allah Maha Mensyukuri, Maha Mengetahui.
Dan Allah mencintai orang-orang yang sabar.

Surat Al Anfal 8:46

اِنَّ اللهَ مَعَ الصَّٰبِرِيْنَ .....
Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar

Surat Al Anfal 8:66

وَاللهُ مَعَ الصَّٰبِرِيْنَ ....
Allah beserta orang-orang yang sabar.

Surat Hud 11:11

اِلَّا لَّذِيْنَ صَبَرُوا وَعَمِلُوا الصَّٰلِحَٰتِ اُلَٰئِكَ لَهُم مَّغّفِرُةٌ وَاَجْرٌ كَبِيْرٌ
Kecuali odang-orang yang sabar dan mengerjakan kebajikan mereka memperoleh ampunan dan pahala yang besar.


Surat Ar-Rad 13:22

وَالَّذِيْنَ صَبَرُوا ابْتٌغَاءَ وجْهِ رَبٌّهٌمْ ... اُلَٓئِكَ لَهُمْ عُقْبَى الدَّارِ
Dan orang yang bersabar karena  mengharap keridoan Tuhannya, melaksanakan shalat dan  menginfakkan sebagian rezeki yang kami berikan kepada mereka secar sembunyi-sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan itulah orang-orang yang mendapat tempat kesudahan yang baik.

Surat An Nahl ayat 78

وَاللهُ اَخْرَجَكُمْ مَنْ بُطُوْنِ اُمَّهٰتِكُمْ لَا تَعْلَمُونَ شَيْئًا وَجَعَلَ لَكُمُمُ السَّمْعَ وَالْاَبْصَرَ وَالْاَفْئِدَةِ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ
Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun dan Dia memberimu pendengaran, penglihatan dan hati nurani agar kamu bersyukur.

Surat An Nahl ayat 42

الَّذِيْنَ صَبَرُوا وَعَلَى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ
Yaitu orang-orang yang sabar dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal.

Surat An-Nahl ayat 96

مَا عِنْدَكُم يَنْفَدُ وَمَا عٌنْدَ اللِهِ بَاقٍ وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِيْنَ صَبَرُوا اَجّرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوا يَعْمَلُوْنَ

Apa yang di sisimu akan lenyap dan apa yang disisi Allah adalah kekal. Dan kami pasfi akan memberi balasan kepada orang-orang yang sabar dengan pahala yang baik dari apa yang telah mereka kerjakan.

Surat An Nahl ayat 26

وَاِنْ عَاقَبْتُم فَعَاقِبُوا بِمِثْل مَا عُوقِبْتُم بِهٌ وَلَئِن صَبَرْتُمْ لَهُوَ خَيْرٌ لِّلصَّبِرٌيْنَ
Dan jkka kamu membalas maka balaslah dengan (balasan) yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu. Tetapi jika kamu bersabar sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang yang sabar.

Surat Luqman ayat 31

اَلَمْ تَرَ اَنَّ الْفُلْكَ تَجْرِى فِى الْبَحْرِ بِنِعْمَتِ اللهِ لِيُرِيَكُمْ مِنْ ءَايٰتِهِٓ اِنَّ فِى ذٰلِكَ لَآيٰتٍ لِّكُلِّ صَبَّارٍ شَكُورٍ
Tidakkah engkau memperhatikan bahwa seungguhnya kapal-kapal itu beryar di laut dengan nikmat Allah, agar diperlihatkannya (kebesaran)Nya kepadamu. Sungguh pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran)Nya bagi sdtiap orang yang sangat sabar dan banyak bersyukur.

Surat As-Sajdah ayat 24
وَجَعَلْنَ مِنْهُمْ اَئِمَّةً يَهْدُونَ بِاَمْرِنَا لَمَّا صَبَرُوا وَكَانُوا بِئَايٰتِنَا يُوقِنُونَ

Dan kami jadikan diantara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah kami selami mereka sabar. Mereka meyakini ayat-ayat kami.


Surat Thaha ayat 132

...   وَاْمُرْ اَهْلَكَ بِالصَّلَوةِ وَاسْطَبِرْ علَيْهَا
Dan perintahkanlah keluargamu melaksanakan shalat dan sabar mengerjakannya ....

Surat Al Furqan ayat 50

وَلَقَدْ صَرَّفْنٰهُ بَيْنَهُمْ لِيَذَّكَّرُوا فَاَبَىٓ اَكْْثَرُ النَّاسِ اِلَّا كُفُوارًا
Dan sungguh kamu telah mempergilirkan(hujan) itu diantara meeeka agar mereka mengambil pelajaran tetapi kebanyakan manusia tidak mau (bersyukur) bahkan mengingkari (nikmat)

Surat fushshilat ayat 35

وَمَ يُلَقَّهَآ اِلَّا الَّذِيْنَ صَبَرُوا وَمَا يُلَقَّهَا اٌلَّا ذُو حَظٍّ عَظِيْمٍ
Dan (sifat-sifat yang baik itu) tidak akan dianugerahkan kecuali kepada orang-orang yang sabar dan tidak dianugerahkan kecuali kepada orang-oramg yang mempunyai keberuntungan yang besar.

Surat Al Ma'arij ayat 5

فَاصْبِرْ صَبْرًا جَمِيْلًا
Maka bersabarlah engkau (Muhammad) dengan kesabaran yang baik.

Surat Al Ashr ayat 3

اِلَا الَّذِيْنَ ءَامَنُوا وَعَلِمِلُوا الصَّالِحَتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ
وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih dan nasihat menasihati dalam kebenaran dan saling menasihati dalam kdsabaran.

Sebenarnya masih banyak ayat dan surat alqur'an tenang sabar atau kesabaran ini.

Jika ada yang keliru dan khilaf dalam penulisannya dan lainnya silahkan berkomentar dan mohon dikoreksi.

Demikian surat alqur'an tentang sabar atau kesabaran dari omevan. Semoga bermanfaat

Related Posts

0 Response to "Ayat-Ayat AlQuran Tentang Sabar Dan Artinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel