Kelebihan Dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan Untuk Bangunan

Baja ringan menjadi trend di beberapa tahun kebelakang hingga sekarang dikarenakan ringan dan juga praktis yang merupakan salah satu kelebihan baja ringan salah satunya dipakai sebagai atap rumah, kanopi dan rangka didalam pembangunan atau proyek lainnya, tentunya terdapat kelebihan baja ringan dibandingkan yang lainnya.
Kelebihan Dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan
Tekhnologi maju melahirkan inovasi, dan lahirlah inovasi atap baja ringan untuk atap bangunan. Kita lihat tidak sedikit di era sekarang bangun rumah atau gedung memakai baja ringan yang digunakan sebagai rangka atap rumah di dalam pembangunannya.

Baja ringan selain simple atau praktis dibandingkan dengan menggunakan kayu terutama bagi anda yang hendak membangun kontruksi baja ringan untuk rumah.

Baja ringan juga mempunyai keunggulan jika anda bandingkan dengan menggunakan kayu sebagai atap rumah.

Kelebihan baja ringan

Berikut kelebihan dari baja ringan untuk rumah :

1. Ringan

Baja ringan karena terbuat dari baja yang sangat ringan tentunya dan tahan lama dibandingkan dengan kayu, baja ringan mempunyai bobot kurang lebih 9kg/m².

2. Mudah pemasangan

Pemasangan baja ringan sangat mudah dipasangkan dan relatif simple hanya dengan menguatkannya dengan skrup, mur dan baut dan pemotongan saja jika diperlukan untuk mengokohkan rangka atap baja ringan, cukup simple bukan?

3. Kokoh

Daya tarik antar rangka baja ringan sangat baik dan kuat dikarenakan daya tarik dalam membangun sangat tinggi dikarenakan baja ringan sangat lentur dan kokoh apa lagi jika struktur jaringan baja ringan sangat baik akan memeperkokoh pembangunannya dan menahan berat dalam atap rumah.

Tidak seperti baja conventional yang memiliki daya tarik rendah dikarenakan kurang lentur atau elastis.

4. Recycle

Baja ringan sangat mudah untuk didaur ulang sehingga jika anda misalkan ingin mengganti maka baja ringan bekas bisa dijual dan di daur ulang (recycle) oleh perusahaan penampung baja ringan bekas.

5. Menghemat biaya

Jika suatu saat anda hendak renovasi rumah yang tersusun atap baja ringan maka baja ringan bekas bisa anda jual dan akan didaur ulang kembali. Meskipun baja ringan bekas hanya bernilai jual rendah dan bisa menghemat biaya meskipun tidak sangat besar.

6. Menjaga kelestarian alam

Dengan inovasi baja ringan tentunya akan menjaga kelestarian alam, dimana membangun rumah tidak menggunakan kayu secara otomatis pohon dan kelestarian terjaga.

7. Tahan karat
Baja ringan karena terbuat dari baja dan pemprosesan kimia tentunya agar kuat terhadap segala kondisi sehingga kuat dan tahan karat dan bertahan lama.

8. Tahan rayap

Berbeda dari bahan lainnya seperti kayu tentunya baja tidak akan dimakan oleh rayap.

Tentunya dibalik kelebihan baja ringan, terdapat pula kekurangan dari baja ringan.

Kekurangan baja ringan

Terlepas dari sisi positif baja ringan tentunya terdapat sisi negatifnya jika tidak diperhitungkan dengan cermat. 

1. Biaya lumayan mahal

Jika anda hendak menyusun rumah terutama rangka atap baja ringan tentunya akan memakan biaya yang tidak sedikit (mahal).

2. Mudah terbawa angin besar

Jika susunan baja ringan kurang kokoh akan berdampak pada tertebak angin, maka perlu susunan baja ringan yang baik dan kuat agar tidak mudah terbawa angin.

3. Tampilan kurang baik

Karen viewnya yang sangat tumpang tindih dan tidak teratur maka rangka baja ringan akan keliatan kurang sedap dipandang mata. Dikarenakan perlu susunan yang kokoh maka baja ringan harus di press dari berbagai sudut dan tentunya tampilannya kurang baik dilihat.

4. Berpotensi ambruk

Jaring rangka baja ringan yang membentuk sudut jika setiap sudut tidak dioerhitungkan dengan baik maka resikonya bisa ambruk atau runtuh.

Maka ahli yang menyusun rangka baja ringan harus teliti detil dengan memperhitungkan perhitungan setiap angle dengan tepat dan baik untuk menghindari risiko di masa depan bagi pemilik dan juga kerugian bagi dirinya.

5. Baja ringan rentan aliran listrik

Karena sifatnya konduktor atau penghantar listrik, maka pembangunan baja ringan harus aman terutama mengamankan instalasi listrik didalam atap baja ringan, jika koslet dan listrik mengenai baja ringan sedikit tentunya sangat berbahaya bagi manusia.

Maka jaringan listrik rumah harus diamankan agar tidak menempel pada baja yang sifatnya menghantarkan arus listrik.

5. Rentan terkena serangan petir

Baja ringan sangat rentan terkena petir apalagi jika membangun rumah dengan atap baja ringan di tempat yang  dataran tinggi maka seyogyanya atap baja ringan harus memakai anti petir sebagai penetral.

Demikian kelebihan baja ringan beserta kekurangannya dari omevan, semoga bermanfaat.

Related Posts

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Rangka Atap Baja Ringan Untuk Bangunan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel