Tata Cara Dan Doa Shalat Istikharah Serta Waktunya Lengkap

Shalat istikharah adalah shalat sunat untuk meminta ketetapan hati setelah dia menetapkan atau memilih sesuatu yang baik.
Tata Cara Dan Doa Shalat Istikharah Serta Waktunya Lengkap
Dalam kehidupan ada kalanya atau bahkan kita bimbang terhadap pilihan atau urusan yang telah kita tetapkan untuk meminta kepada Allah yang terbaik untuk dunia dan akhirat semisal jodoh, pekerjaan atau perkara dan urusan lainnya melalui shalat istikharah dan berdoa dengan doa istikharah.

Tata cara dan doa shalat istikharah


Tata cara shalat istikharah

Silahkan berniat didalam hati, jika anda hendak menunaikan shalat istikharah didalam hati, sudah termasuk niat.

cara shalat istikharah seperti shalat sunat pada umumnya sebanyak dua rakaat.
Waktu shalat istikharah bisa dilakukan kapan saja apakah siang hari, pagi atau malam dan tidak ada ketentuan mengenai kapan waktu harus dilakukan shalat istikharah.

Adapun diakhir shalat dengan memanjatkan doa setelah istikharah disertai hajat atau keinginan anda kepada Allah apakah hajat yang anda sedang tetapkan itu baik atau buruk.

Jika buruk maka Allah akan menyulitkan terhadap pilihan yang anda maksudkan dan jika baik maka tentunya Allah akan memudahkan urusan anda. Semisal shalat istikharah minta jodoh, anda menetapkan seorang perempuan untuk taaruf, didalam doa apakah itu jodoh terbaik buat saya atau bukan. Jika seandainya jodoh allah akan mudahkan jodoh antara dia dengan anda begitupun sebaliknya.

Demikian pula jika anda telah menetapkan pilihan dalam urusan lain yang menyangkut akhirat dalam istikharah.

Doa shalat istikharah

Adapun doa setelah shalat istikharah sebagai berikut setelah melaksanakan istikharah tentunya :

اَللهُمَّ اِنِّي اَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ وَاَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ وَاَسْاَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ فَاِنَّكَ تَقْدِرُ وَلَا اَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلَا اَعْلَمُ وَاَنْتَ عَلَّامُ الْغُيُوْب اَللهُمَّ اِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَا الْاَمْرَ خَيْرٌ لِي فِي دِيْنِيْ و مَعَاشِي وعَاقِبَةِ اَمْرِيْ اَوْ قَالَ فِيْ عَاجِلِ اَمْرِي وَآجِلِهِ فَقْدُرْهُ لِي وَاِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ اَنَّ هَذَا الْاَمْرَ شَرٌّ لَي فِي دَيْنِي وَمَعَاشِي وَعَاقِبَةِ اَمْرِي اَوْ قلَ فِي عَاجِلِ اَمْرِي وَآجِلِهِ فَاصْرِفْهُ عَنِّي وَاصْرِفْنِي عَنْهُ وَاقْدُرْلِي الْخَيْرَحَيْثُ كَانَ ثُمَّ رَضِّنِي بِهِ وَيُسَمِّ حَاجَتَهُ

Allahumma inni Astakhiruka bi'ilmika wa astaqdiruka bi qudratika wa as'aluka min Fadlikal adzimi fainnaka taqdiru wala aqdiru wa ta'lamu wa a'lamu wa anta a'lamul ghuyub, allahumma fain kunta ta'lamu hadzal amra (maka ia menyebutkan hajat yang dia ingini) khairan lil fi diinuu wa ma'asyii wa 'aqibati amri atau ia berkata fii' aajili amrii wa aajilihi faqdurhu lil wa in kunta Ta'lamu anna hadzal amra syarran li fi diinii wa ma'asyii wa 'aaqibatii amrii atau ia berkata fi' aajali amrii wa aajilihi fashrifhu'anni washrifnj'anhu waqdurlil khaira haitsu kaana tsumma raddhini bihi.

Artinya :
Ya Allah aku memohon  pilihan kepada Engkau dengan ilmuMu, Aku mohon penetapan dengan kekuasaanMu dan Aku mohon karuniaMu yang besae karena Engkaulah yang berkuasa sedangkan aku tidak berkuasa, Engkaulah yang Maha Mengetahui sedangkan aku tidak mengetahui dengan segala yang ghaib. Ya Allah jikalau Engkau mengetahui urusanku ini (ia sebutkan keinginannnya) adalah lebih baik untukku dalam agamaku, kehidupanku serta urusanku atau berkata baik didunia atau akhirat maka taqdirkanlah set a mudahkanlah bagiku dan berilah berkah kepadaku sebaliknya jika Engkau mengetahui bahwa urusanku ini (ia myebutkan hajatny) buruk unyukku, agamaku, kehidupanku serta akibat urusanku atau ia berkata baik didunia maupun akhirat maka jauhkanlah aku daripadanya serta takdirkanlah untukku yang baik-baik saja kemudian jadikanlah aku ridha dengannya lalu ia menyebutkan hajatnya.

Setelah anda berdoa setelah shalat istikharah dan bertawakal dengan menyerahkan kepadaNy segala sesuatunya.

Demikian tata cara dan doa shalat istikharah dari omevan, semoga bermanfaat, jika ada kekeliruan mohon diluruskan.

Artikel Terkait

0 Response to "Tata Cara Dan Doa Shalat Istikharah Serta Waktunya Lengkap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel