Urutan Nama Bulan-Bulan Islam Di Dalam Kalender Hijriah

Dalam satu tahun kalender Hijriah terdapat 12 bulan sama halnya dengan kalender masehi. Pada kenyataannya kita lebih mengenal bulan Masehi dari pada bulan hijriah kalender islam.
Padahal bulan hijriah begitu penting karena berkaitan dengan penanggalan ritual agama islam itu sendiri, seperti haji, bulan puasa, Hari raya Qurban, Hari raya idul fitri, dsb. Oleh karena itu, bulan bulan islam harus kita hapal diluar kepala, sudah banyak kalender yang didalamnya terdapat bulan hijriah.

Kadang kala kita tidak tahu nama bulan islam sekarang apa di dalam kalender bulan Islam? Betul tidak.

Urutan nama bulan islam dalam kalender Hijriah


1. Muharram
Nama nama bulan pertama dalam bulan hijriah atau kalender Islam yaitu Muharram mengandung arti yang diharamkan atau dilarang, karena pada bulan ini merupakan larangan buat umat ISLAM untuk menumpahkan darah. Bulan muharram merupakan bulan awal pertama hijriah.

2. Safar
Berarti kosong, karena pada bulan safar ini dahulu di arab, daerah pemukiman menjadi kosong karena orang-orang arab pergi meninggalkan kampung halaman atau rumuh untuk berniaga, berperang atau pergi merantau sehingga dinamakan shafar.

3. Rabi'ual awwal
Bulan bersejarah dimana Nabi besar kita Muhammad SAW dilahirkan, diangkat sebagai Rasul dan diwafatkan pada bulan ini juga. Rabiul awwal mengandung arti pertama menetap, Rabi yaitu menetap dan awal adalah pertama. Dinamakan demikian karena pada bulan ini semua lelaki yang telah meninggalkan untuk berdagang atau pergi meninggalkan rumah kembali ke pemukiman.

4. Rabial Akhir
Dimana pada bulan ini orang arab berakhir menetap dipemukiman atau kediaman.

5. Jumadil Awal
Bulan jumadil awal berasal dari kata jumadi yaitu kering dan awal berarti permulaan sehingga jumadil awal merupakan permulaan musim kemarau dimana air-air mulai kering.

6. Jumadil Akhir
Bulan jumadil akhir merupkan akhir musim kemarau.

7. Rajab
Arti Rajab sendiri berarti Mulia yang berarti dimana saat bulan ini dilarang untuk melakukan peperangan.

8. Shaaban
Shaaban mengandung arti berhimpun dimana setiap orang mulai berkumpul mencari nafkah atau rezeki.

9. Ramadhan
Bulan Ramadhan merupakan bulan suci umat Islam dimana semua umat muslim sedunia melaksanakan ibadah shaum pada bulan ini, selain itu pada bulan ini juga Al-Quran kitab suci umat ISLAM diturunkan, malam lailatur Qadr, dll. Ramadhan itu sendiri mengandung arti sangat panas.

10. Syawwal
Syawal mengandung arti kembali kepada fitrah atau kesucian. Merupakan hari raya idul fitr menyambut kemenangan dimana semua orang muslim melaksanakn hari raya yang jatuh pada 1 Syawal setelah melaksanakan pusa ramadhan selama satu bulan lamanya dan saling bermaaf-maafan.

11. Dzul Qa'dah
Bulan Dzul Qa'dah secara kata dzul itu pemilik atau empunya, qa'dah berarti duduk dimana orang-orang arab laki-laki mulai rehat pada dan menikmati istirahat bulan ini pada dahulu kala.

12. Dzul hijjah
Merupakan hari raya haji dimana pada saat ini semua orang yang ibadah haji melaksanakn wukuf di padang arafah dan semua umat mulim melaksanakan shaum dan berhari raya haji atau qurban.

Bulan Islam dalam sunda


1. Muharram
2. Safar
3. Mulud
4. Silih mulud
5. Jumadil awwal
6. Jumadil ahir
7. Rajab
8. Ruwah
9. Puasa
10. Syawal
11. Hapit
12. Rayagung

Demikian urutan nama bulan bulan Islam dalam kalender hijriah dari omevan, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Urutan Nama Bulan-Bulan Islam Di Dalam Kalender Hijriah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel