Perbedaan Dan Persamaan Haji Dan Umrah Yang Harus Diketahui

Setiap muslim wajib melaksanakan ibadah ke tanah suci yaitu ke baitullah, tetapi kewajiban itu hanya untuk mereka yang mampu melaksanakan ibadah ke Mekah.
Perbedaan Dan Persamaan Haji Dan Umrah Bagi Yang Akan Menunaikan
Haji merupakan rukun islam yang ke 5 yaitu ibadah haji ke baitullah bagi yang mampu melaksanakan perjalanan ke tanah suci tentunya dilakukan hanya setahun sekali. Begitupun umrah adalah ibadah yang bisa dilakukan setiap saat ke baitullah itupun kalau orang sudah sanggup melaksanakannya.

Lantas apa perbedaan haji dengan umrah baik dalam hukum, rukun serta pelaksanaan haji


1. Hukum
Beda haji dan umrah yang pertama jika hukum haji yaitu wajib bagi yang telah mampu menunaikannya, sedangkan umrah merupakan sunah muakadah bagi yang mampu melaksanakannya.

2. Rukun haji dan umrah
Persamaan haji dan umrah apabila haji dilakukan antara bulan syawal sehubungan dengan adanya hari raya qurban pada bulan zulhijah yaitu adanya wukuf di padang Arafah yang menjadi rukun haji, rukun haji lainnya diantaranya ihram, berniat dan memakai pakaian ihram, wukuf di Arafah, menginap di mudzdalifah sampai terbit fajar, thawaf ifadhah dan sa'i serta tahalul (memotong rambut).

Sedangkan umrah tidak terdapat wukuf arafah sehingga pelaksanaan ibadah umrah adapun rukun umrah adalah ihram (niat ihram dan berpakaian ihram), thawaf, sa'i dan tahalul.

3. Waktu pelaksanaan
Beda haji dan umrah dalam waktu pelaksanaanya, haji dilakukan bertepatan menjelang hari raya kurban pada bulan zulhijah berkenaan dengan rukun haji sehingga pelaksanaan haji dilaksanakan sekali dalam setahun sehingga pada musim haji inilah makkah dipadati yang sedang berhaji sedangkan ibadah umrah bisa dilakukan kapan saja setiap tahunnya bebas untuk berumrah.

4. Wajib haji dan umrah
Selanjutnya perbedaanya pada wajib haji dan umrah. Wajib haji diantarnya ihram berikut niat haji, mabit atau bermalam di Mudzdalifah, melempar jumroh diantaranya jumrah ula, wustha dan aqobah, mabit dimina.
Sedangkan wajib ihram adalah ihram, menjauhi larangan ihram dan tahalul.

Persamaan haji dan umrah


Sedangkan persamaan haji dan umrah adalah sebagai berikut :
- Haji dan umrah merupakan ibadah yang mesti dilakukan jika mampu berangkat haji.
- Berdosa jika telah mampu dan tidak melaksanakan haji dan umrah.
- Haji dan umrah berpahala jika sudah mampu menunaikannya.
- Haji dan Umrah sama-sama melakukan ihram, sai, tawaf dan tahalul.

Demikian perbedaan dan persamaan haji dan umrah. Jika terdapat kekeliruan mohon di luruskan ,demikian dari omevan.