Pengertian Fingerprint, Fungsi Serta Cara Kerjanya Secara Sederhana

Penguncian digital pada perangkat semakin canggih dari zaman ke zaman tak terkecuali dangan fingerprint yang dibenaamkan ke dalam perangkat.
Pengertian Fingerprint, Fungsi Serta Cara Kerjanya
Finger print sendiri mempunyai pemindai untuk mengenali sidik jari manusia dimana pola sidik jari manusia berbeda dan tidak mungkin bisa diakali dengan sidik jari orang lain.

Sebelum kehadiran fingerprint lock mengunci perangkat menggunakan kata sandi atau password atau pola security tertentu kemudian hadirlah tekhnologi biometric fingerprint lock atau kunci sidik jari.

Aplikasi fingerprint diberbagai akses sebagai solusi keamanan dan verifikasi diera digital yang cukup secure untuk verifikasi dan keamanan data anda.

Pengertian fingerprint


Fingerprint adalah sebuah sensor digital untuk mengenali sidik jari tangan pengguna, untuk mengenali sidik jari dikenal dengan fingerprint scanner sehingga data jari dipindai dan disimpan menjadi data keamanan untuk mengunci perangkat baik dismartphone dan keperluan lain berkaitan dengan absensi karyawan suatu perusahaan atau instansi menggunakan mesin absensi fingerprint dan alat lainnya.

Baca juga Cara mengunci whatsapp dengan fingerprint tanpa aplikasi

Fungsi fingerprint

Fingerprint berfungsi sebagai verifikasi keamanan untuk melindungi data pribadi ataupun perusahaan. Karena nyatanya bahwa setiap jari seseorang mempunyai kode unik yang berbeda-beda.

Adapun penggunaan atau kegunaan fingerprint dapat digunakan pada berbagai keperluan :

1. Mesin absensi fingerprint
Pada saat sekarang seiring kemajuan tekhnologi absensi berubah ke absensi digital yaitu mesin absensi fingerprint yang memudahkan karyawan atau pegawai perusahaan atau instansi untuk melakukan kehadiran dengan mesin absensi finger print sehingga tidak mungkin terjadi kesalahan akibat human error terkecuali system error pada mesin absensi.

2. Smartphone fingerprint
Fingerprint juga ditemui pada smartphone keluaran sekarang, sehingga mengunci dan mengamankan data pribadi smartphone anda dari orang yang tidak bertanggung jawab hanya dengan sidik jari. Adapun fingerprint pada hp terdapat pada layar maupun terletak pada tombol home atau dibelakang berdekatan dengan kamera tergantung hasil rancangan brand smartphone itu sendiri.

3. Kunci Pintu fingerprint (lock door finger print) 
Finger print dapat digunakan untuk keamanan pintu ruangan kantor atau rumah sehingga tidak akan mudah diakses oleh orang lain melainkan orang yang teregistrasi pada mesin finger print lock door tersebut.

Cara kerja fingerprint secara umum

Cara kerja fingerprint secara sederhana bahwasanya user menempatkan sidik jari pada sensor fingerprint scanner dan menyimpannya. Sehingga jika ada user yang menempelkan jari pada fingerprint scanner yang telah terverifikasi akan membuka keamanan smartphone dan dapat mengopersikannya begitupula pada mesin absensi jika seorang pegawai meletakkan sidik jari pada sensor fingerprint scanner maka akan mengenali sidik jari pegawai dan memperivikasi kehadirannya dan tidak akan tertukar dengan absensi pegawai yang lainnya.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Fingerprint, Fungsi Serta Cara Kerjanya Secara Sederhana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel