Pengertian OCR Dan Fungsinya Serta Cara Kerja

Mungkin anda ingin menulis atau mengetik selebaran kertas atau buku di ponsel tetapi yang anda tulis kebanyakan atau tidak terburu waktu.

Atau ingin mendokumenkan database di komputer sedangkan waktu anda sangat sempit, OCR akan mempersingkat waktu anda sebagai text scanner.

Pengertian OCR Dan fungsinya

1. Pengertian OCR

Optical character recognition atau disingkat OCR adalah sebuah aplikasi yang bisa mengenali character, huruf atau angka dalam sebuah  dokumen photo dan juga bisa menjadi fungsi scaner untuk sebuah objek yang terdapat tulisan sehingga menjadi output berupa teks di perangkat smartphone maupun pc.
pengertian-dan-fungsinya-serta-cara-kerja-ocr
Dengan aplikasi OCR saat kita menshoot sebuah objek dan terdapat teks, bacaan atau kalimat, aplikasi tersebut dapat mengenali dan memhamai bentuk karakter, huruf atau angka dalam sebuah gambar atau photo yang telah kita ambil baik lewat kamera ponsel maupun kamera digital serta mengubahnya menjadi aksara diponsel.

Cara kerja OCR

Cara kerja OCR adalah mengidentifikasi dan mengenali karakter dalam sebuah objek sebagai input data lalu diproses dan menghasilkan output berupa text baik dengan cara melakukan scanner maupun convert objek text berupa buku atau media gambar berupa text atau tulisan.

Fungsi OCR secara umum meliputi


- Sebagai scanner
Fungsi ocr scanner sendiri adalah untuk memindai dan menghasilkan data berupa karakter dari sebuah objek dalam rangka memudahkan kita. Misal ada sebuah buku dikarenakan halamannya sangat banyak sedangkan menulis akan memakan waktu maka sebuah aplikasi OCR scanner dapat mempermudah pengerjaan kita hanya dengan memindai menggunakan menggunakan lensa kamera hp.

- Mengkonvert objek photo atau gambar ke text atau dokokument
Begitupun dengan gambar yang terdapat karakter yang ada di device kita baik smartphone maupun komputer dapat dengan mudah diconvert ke text menggunakan aplikasi atau software OCR di komputer.

Bahkan sejumlah aplikasi atau software OCR bisa mengkonvert objek photo atau image menjadi text dan diconvert ke document office baik doc atau pdf.

Agar hasil text bagus ada 4 syarat penggunaan PCR  :

1. Aplikasi atau software OCR

Aplikasi OCR terbaik haruslah yang bisa memproses input dan menghasilkan keluaran dengan cepat, banyak aplikasi convert dan scan secara online maupun offline untuk smartphone dan PC.

2. Lensa kamera

Menjadi faktor penting bahwa kejelasan objek menjadi faktor penting dalam scanner ocr, bahwa objek yang akan di pindai lewat smarthpone haruslah jelas tidak blur atau buram maka keluaran teks data di device tidak akan akurat. Maka kamera ponsel harus dipertimbangkan seperti besaran lensa kamera juga bukaan lensa kamera itu sendiri.

3. Objek 

Selain sebagai scanner, OCR juga bisa mengconvert image menjadi teks asalkan yang kami bilang bahwa objek teks dalam sebuah gambar atau photo harus jelas sehingga output keluaran teks tidak akan ngaco.

4. Cara pindai ocr
Jika ingin hasil teks baik maka memindai sebuah objek melalui kamera harus terang dan cukup cahaya sehingga objek photo tidak blur.
Untuk memindai objek pada komputer bisa menggunakan scanner portable atau menggunakan kamera yang terhubung dikomputer sebagai masukan lalu dikonvert ke text sebagai hasil output data menggunakan softwar ocr.

Maka dengan ketiga kritera diatas pemprosesan objek menjadi teks akan cepat dan bagus.

Selain itu ada beberapa OCR yang bisa convert atau scan image atau objek berteks ke menjadi tulisan lalu bisa di konvert ke dokumen word, pdf atau excel bahkan bisa menterjemahkan ke berbagai bahasa seteh di convert ke text bukan hanya itu bahkan mendukung berbagai bahasa.

Kami pernah lihat aplikasi yang bisa scan atau convert tulisan tangan juga lho..

Sehingga ketika ada objek yang terdapat teks anda tidak perlu repot menulis di smartphone atau gadget cukup scan atau konvert objek dengan aplikasi ocr.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Pengertian OCR Dan Fungsinya Serta Cara Kerja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel