Cara Mengatasi Write Protected Pada SD Card Secara Mudah

Mungkin anda sedang bingung bagaimana cara mengatasi SD Card write protected di android, iphone, kamera digital dan sd card untuk media lainnya. Dalam kasus ini write protected merupakan perlindungan tulis sehingga anda tidak bisa memasukkan data dan sebagainya sehingga hanya bisa membaca saja atau bahkan tidak di sama sekali.
Cara Mengatasi Write Protected Pada SD Card Secara Mudah
Boleh jadi secara tidak sengaja atau sengaja kita mengunci penulisan di mmc card karena ketidaktahuan misalnya sehingga muncul notifikasi write protected atau read only yang artinya hanya bisa membaca dan tidak bisa untuk menulis di s dcard.

Bahkan untuk sd card tidak bisa diformat jika memory card dalam keadaan seperti itu.

Berikut cara mengatasi SD Card write protected di android dan perangkat lainnya 

Untuk menghilangkan warning atau peringatan write protected coba lakukan langkah berikut :

1. Membuka kunci adapter
Unlocker sd card adapter
Cara mengatasi write protected pad sd card bisa diatasi jika menggunakan adaptor. Adaptor media card merupakan wadah memori sdcard sehingga memory tersebut bisa pas dengan dudukan yang ada di smaryphone, kurang lebih begitu.
Jika smartphone atau device anda menggunakan adapter kartu mmc maka biasanya di adapter terdapat saklar untuk mengunlock write protected coba geser adaptor tersebut.

2. Bersihkan flat pin di memori

Coba anda bersihkan flat pin tembaga yang terdapat pada sd card anda untuk membersihkan kotoran pada lempengan tembaga yang berjajar pada sd card dengan tinner atau penghapus sehingga lempengan tersebut menjadi halus tanpa karat, dsb.

Baca juga Cara memperbaiki flasdisk write protected terbaru

3. Menggunakan CMD (Comand promt)
Sobat bisa mencoba untuk menghilangkan dan mengatasi Sd card write protected menggunakan CMD pada komputer os windows anda
- Buka CMD dengan menekan secara bersamaan tombol windows + R dan ketik isi CMD dan OK
- Lalu masukkan diskpart lalu enter
- Ketikan listdisk
- Pilih lokasi dimana mmc card sobat terdeteksi di komputer dengan mengetikkan disk (lokasi disk anda) contoh select disk 1 misalnya lalu tekan enter. Jangan sampai salah yah gan.
- Lalu ketikkan attributes disk clear read only lalu enter
- Lantas ketikan clean lalu enter
- Selanjutnya ketikan lagi create partition primary dan enter
- kemudian ketikan format fs=fat32 lalu enter
- Exit

3. Mengubah atau mengganti file registry

Cara mengatasi write protected di android, camcorder dan camera digital bisa anda coba dengan RegEdit untuk mengubah file registry di system berikut caranya :
- Pada keyboard dengan menekan icon windows + R sehingga muncul Run
- ketikan regedit pada box run tersebut dan klik saja OK
- Lalu cari root directory HKEY_LOCAL_MACHINE > System > CurrentControlSet > Control > StorageDevicePolicy
Lalu klik kanan maka akan terdapat opsi write protected silahkan ubah value menjadi 0 dan tekan OK. Refresh komputer dan ailhkan coba buka sdcard di pc untuk mencobanya apakah sudah memperbaiki sdcard anda.

Jika cara mengatasi sd card write protected di android, apple, camera digital anda tetap ada peringatan tersebut lebih baik anda mengganti dengan membeli sd card yang baru.