Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan (Tabel Serta Penjelasan)

Setiap makhluk hidup akan melewati fase masa pertumbuhan dan perkembangan dalam hidupnya. Antara pertumbuhan dan perkembangan nyatanya berbeda meskipun kadangkala kita salah mengartikan atau menempatkan kata tersebut seperti perbedaan tumbuh dan kembang makhluk hidup.
Pertumbuhan akan dialami setiap manusia dan makhluk hidup lainnya seperti yang terjadi pada fisiknya seperti postur tubuh dan begitupula perkembangan akan terjadi pada manusia sejak lahir dari bayi hingga tutup usia seperti kecerdasan, pola pikir, dsb.
Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan (Tabel Plus Penjelasan)
Perkembangan adalah sebuah proses ke arah kedewasaan seseorang dan cenderung bersifat kualitatif atau tidak bisa di terjemahkan secara bilangan atau numerik misalnya pola pikir dari anak menuju dewasa. Sedangkan pertumbuhan adalah proses bertambahnya sesuatu yang bisa dihitung secara numerik atau angka misalnya tinggi badan atau berat badan.

Perbedaan

Pertumbuhan

Perkembangan

 Pengukuran  Bersifat kuantatif  Bersifat kualitatif
 Visual  Dapat dilihat  Tidak dapat dilihat secara nyata
 Keterbatasan  Terbatas  Tak terbatas
 Siklus  Iriversible artinya tidak akan berulang  Riversible artinya terus berulang
 Faktor penyebab  Dipengaruhi oleh sel dalam tubuh  Sifatnya ifisik bisa dipengaruhi keadaan
Proses terjadinya Hanya terjadi selama dia hidup Berlangsung ditiap fase kehidupan
Misal Berat Badan, tinggi badan, postur tubuh Perubahan pola pikir remaja ke dewasa

Dari segi ukuran atau pengukuran bahwa pertumbuhan dapat dilihat secara visual secara nyata sedangkan perkembangan tidak bisa dilihat secara visual artinya kasat mata. Kita analogikan begini pertumbuhan tinggi seseorang antara beberapa tahun dapat dilihat secara nyata misalnya pertumbuhan badan akan nampak dilihat tetapi perkembangan badan tidak akan bisa dilihat karena sifatnya tentang didalam tubuh itu sendiri. 

Dilihat dari batasannya bahwa pertumbuhan itu terbatas pada akhirnya  misal pertumbuhan seseorang dari bayi akan mengalami pertumbuhan dewasa seiring waktu dan inilah batasan pertumbuhan. Sedangkan perkembangan sifatnya berlangsung dan tidak terbatas karena sifatnya keadaan dan non fisik. 

Dari segi siklus atau perulangan bahwa pertumbuhan akan terhenti pada waktu tertentu seseorang tumbuh dari bayi hingga dia dewasa tetapi pertumbuhannya tidak akan berulang lagi ke bayi. Sedangkan perkembangan akan terus berulang karena ditempatkan pada keadaan atau sifatnya non fisik misal jika ada seseorang yang menanyakan bagaimana perkembangan kesehatan anda? Anda bilang kepada teman bahwa anda sehat, suatu hari anda berjumpa lagi dan menanyakan hal serupa mungkin jawabannya sehat atau sakit.

Dilihat dari prosesnya bahwa pertumbuhan terjadi karena usia yang terjadi pada fisik tubuhnya misal berat badan, tinggi badan sedangkan perkembangan lebih cenderung kepada bagai mana dia berjalan, perkembangan dia hidup.

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Pertumbuhan Dan Perkembangan (Tabel Serta Penjelasan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel