Komponen Komputer Dan Fungsinya Lengkap Dengan Gambar

Komputer sangat diperlukan untuk mempermudah pekerjaan atau tugas kantor maupun bisnis online yang berkaitan dengan input data sehingga dari masukan data dapat diolah dan diproseses sehingga menghasilkan output data atau informasi di komputer yang diinginkan. Tidak hanya itu dengan komputer juga kita bisa mencari informasi, melihat video, bermain game dan masih banyak lagi.
Komponen Komputer Dan Fungsinya Lengkap Dengan Gambar
Dalam proses tersebut tentu merupakan hasil kerja setiap masing-masing komponen komputer yang saling menunjang satu-sama lain seandainya salah satu tidak berpungsi atau tida (hilang) kemungkinan dapat mengganggu yang lainnya dan tidak dapat memproses data terutama komponen komputer yang utama.

Demikian pula setiap kompenen komputed mempunyai fungsi masing-masing sehingga komputer bisa berjalan sempurna tanpa hambatan. Mungkin sebagian dari anda yang memperoleh pendidikan atau keahlian tekhnisi mendengar komponen di komputer suatu hal yang tak asing, tetapi bagi kita yang asing mungkin akan tidak tahu kompenen di dalam komputer yang merupakan komponen elektronika sehingga bisa mengolah data.

Komputer adalah gabungan dari perangkat keras dan peeangkat lunak yang digunakan untuk menginput data sehingga menghasilkan keluaran data yang diinginkan untuk berbagai keperluan.

Jika anda hendak membuat atau merangkai komputer secara otodidak harus mengenal komponen komputer atau PC dan biasanya merakit pc dapat meminimalisir anggaran dana dan bisa membuat komputer dengan spesifikasi tinggi.

Berikut kompenen komputer dan fungsinya lengkap dengan gambar :

1. Box atau cangkang
Komponen komputer
Semua komponen didalam komputer di lindungi oleh cangkang yang berungsi untuk melimdungi semua komponen komputer yang didalamnya terdapat perangkat keras agar terhindar dari debu, cipratan air sehingga komputer mulai dari perangkat elektronik didalamnya tetap awet serta melindungi anda agar tidak tersengat listrik.

2. Mother board

Fungsi komponen komputer

Motherboard adalah sebuah sebuah papan PCB (Printed Circuit Board) yang telah dicetak pabrikan untuk menyimpan atau metetak tiap atau semua komponen-komponen komputer dan perangkat elektronik dan juga seperti CPU, Processor, IC, dll.

3. Processor atau CPU (Central Processing Unit)
Processor atau CPU komputer
Komponen komputer yang paling vital yaitu Central processing Unit atau kita menyebutnya CPU merupakan sebuah unit untuk memproses data dimana mempunyai peranan sebagai otak komputer yang memproses data dengan baik. Semakin baik dan cepat processor semakin mempermudah pekerjaan anda. Oleh karena itu pilihlah processer terbaik jika anda hendak ingin mempunyai komputer sehingga pemprosesan data berlangsung cepat dan tidak loading.

4. Heatsing dan Cooller
Heatsink atau cooler
Tiap komputer pasti saat dipergunakan apalgi tugas berat dan pemakaian berjam-jam atau lama pastinya membuat komponen komputer anda cepat panas maka tugas cooler atau heatsink adalah untuk menstabilkan suhu komponen agar suhu komponen tidak cepat panas. Tentunya jika tidak dipasang komponen ini akan menyebabkan komponen komputer rusak atau jebol.

Sehingga panas suhu processor komputer dan komponen lainnya akan dialirkan dengan heatsing atau cooler ini, sehingga kinerja setiap komponen tetap stabil.

5. RAM
RAM komputer
Setiap komputer pasti mempunyai RAM, RAM atau Random Acces Memory adalah bagian perangkat keras di komputer yang bertugas sebagai penyimpanan sementara secara acak terkait aplikasi atau system aplikasi komputer yang sedang berjalan baik secara aplikasi yang berjalan secara background atau running pada saat komputer dinyalakan.

Semakin tinggi RAM pada komputer maka kinerja system dan aplikasi semakin cepat ruang geraknya dan terhindar dari loading data begitupun untuk memproses data di komputer. Maka jika hendak meninggikan RAM tentu harus memasang slot RAM didalam komputer iru sendiri di motherboard.

RAM generasi terbaru adalah RAM DDR4 yang tentu lebih baik dari generasi RAM DDR3.

6. Hardisk
Hardisk
Bagian hardware komputer yang merupakan bagian penting disamping Processor dan RAM, Hardisk mempunyai fungsi untuk menyimpan data, maka penyimpanan semua data apakah itu file berupa program software atau aplikasi, System aplikasi, image, video, game, dsb.

Karena sifatnya menyimpan data tidak mistahil data perangkat komputer anda suatu saat bisa hilang karena masalah pada komputer, oleh sebab itu membackup file data anda di hardisk.

Selain itu yang perlu anda ketahui hardisk juga perlu dipartisi untuk memisahkan atau membagi ruang penyimpanan antara aplikasi system program dan juga penyimpanan data pribadi anda.

7. VGA Card atau GPU
Gpu atau VGA komputer
Untuk mengolah grafik terbaik terutama untuk pengeditan maka anda memerlukan VGA. VGA atau Virtual Grafic Array aserta juga ada yang menyebutnya GPU atau Grafic Processor Unit adalah merupakan hardware komputer yang bertugas untuk memproses dan mengolah data output menuju layar monitor sehingga memperoleh gambar yang menarik.

VGA Atau GPU lebih cenderung kepada Game atau design grafis 3D untuk menghasilkan tampilan yang bagus, real, serta detail. Banyak perusahaan yang memproduksi VGA atau GPU ini diantaranya Radeon, NVidia, Cirrus, dsb. Semakin baik VGA maka semakin baik dan cepat pula proses output tampilan. Jika anda hendak mendesain grafis tentu dengan VGA biasa tidak akan bisa.

8. Flash Disk
Flash drive atau flash drive
Flash disk merupakan memory external yang bisa dibawa kemanan-mana jika haard drive berukuran besar maka flasdisk berukuran kecil sekali, flasdisk juga sering disebut juga flash drive.

Ukuran flash drive ini sangat beragam mulai dari 4GB, 8GB,16GB, 64GB bahkan ada yang hingga 512GB. Anda dapat menyambungkan flash disk ke komputer melalui port USB.

9. SSD atau Solid State Disk
Solide state drive
SSD yaitu merupakan hardware komputer yang dibuat dari rangkaian IC (Integrated Cirkuit. Semuaa data akan disimpan dalam chip memory flash dengan basis NAND.
Harga dari SSD ini tergolong lumayan mahal dan dalam hal menulis dan membaca file data sangat cepat berbeda dengan flash disk atau flask drive.

10. Optical Drive (DVD/VCD Rom)
Optical drive
Optical drive atau DVD/VCD rom adalah merupakan perangkat komputer untuk membaca file yang ada didalam piringan disk. Jika anda tidak mempunyai komputer mungkin sobat mengenal yang dinamakan DVD atau VCD, tempat meletakan priringan disk agar dapat dibaca oleh layar monitor tv itulah yang dinamakan optical drive tetapi mungkin berbeda perangkat elektronik didalamnya dan hanya bisa membaca file data saja. CD-Rom merupakan kepanjangan dari Compact Disk Room.

Dalam optical drive anda akan mengenal jenis-jenis optical drive diantaranya :
- CD-Rom atau Compact Diskyaitu jenis optical drive yang hanya bisa membaca file data CD.
- CD-Rom RW atau Compact Disk Rewrite adalah optical drive yang berguna untuk membaca dan dan menulis CD.
- DVD-Rom atau Digital Video Disk yaitu merupakan optical Drive yang mempunyai fungsi untuk membaca kaset DVD.
- DVD-RW atau Digital Video Disk merupakan optical drive disamping bisa membaca juga menulis ke kaset DVD.
- DVD-Combo yaitu anda dapat mmbaca dan menulis data di CD tetapi tidak bisa menulis data di DVD.

- Monitor
Layar komputer
Hasil keluaran dari processing data akan menuju output yang terlihat melalui monitor atau layar komputer. Layar komputer bervariasi dari layar monitor berbentuk tabung lama (CRT/Cathode Ray Tube), LCD (Liquid Cristal Display), LED(Light emiting Diode).

11. Power Suply
Power supply
Mungkin anda pernah mendengar Power Suply? Power suply adalah untuk merubah arus listrik AC menjadi DC disamping itu untuk menstabilkan arus dan tegangan agar selalu stabil sehingga komputer tetap awet shingga dapat menyetabilakan listrik yang masuk ke perangkat komputer anda.

Untuk komputer anda bisa menggunakan dua jenis power suply diantaranya :

- Power suply ATX
Sepertinya power suply yang banyak digunakan karena hanya menggunakan satu konektor dan tidak perlu ribet.

- Power suply AT
Power suply AT dengan memisahkan hubungan listrik ke komputer yaitu melalui motherbiard menjadi dua bagian yaitu konektor P8 dan P9 dan perlu hati-hati menyambungkannya agar tidak merusak komputer anda.

12. WLAN Card
Wlan card
Wireless LAN Card merupakan kartu jaringan yang bisa menyambungkan komputer ke jaringan tanpa kabel.
Dengan adanya WLAN Card anda dapat terhubung yang terdapat jaringan acces point yang dipancarkan oleh sinyal perangkat jaringan.

13. LAN Card sebutan lain (Network Interface Card)
Land card
LAN Card atau sering disebut juga Network interface card atau Internet card sama halnya WLan yang berfungsi untuk menghubungkan jaringan Internet antara beberapa komputer dengan jaringan pada jaringan LAN basanya dipakai pada jaringan komputer di perusahaan atau dikantor-kantor pada satu lembaga.
Lan card dipasang dan dihubungkan pada slot PCI di motherboard, jenis LAN card bisa anda pilih antara LAN CARD Cabel atau Wireless.

14. Sound Card
Aound card
Sound Card sebuah hardware bagian dari komputer yang menghasilkan output audio, sehingga dengan adanya sound card anda dapat mendengarkan music, suara yang dihasilkan oleh prosesing computer menghasilkan suara atau sound baik melalui speaker portable maupun headset.

Adapun jenis sound card pada komputer :
- Soundcard onboard yaitu soundcard yang telah terpasang langsung pada motherboard dan secara kualitas suaranya masih kurang dan biasa-biasa saja.
- Soundcard Off board yaotu jenis sound card yang dapat dipasang melalui slot PCA dan PSI. Dengan menggunakan card ini kualitas audia menjadi tinggi dengan menambahkan sound card off board yang bagus dan baik.
- Sound Card External
Soundcard external biasanya digunakan untuk mengisi atau perekaman suara melalui konektor USB.

15. Keyboard
Keyboard komputer
Keyboard merupakan bagian dari perangkat keras komputer dimana terdapat angka numerik dan huruf alphabet juga terdapat shortcut untuk perintah tertentu kepada processor serta juga merupakan bagian untuk input data dengan cara mengetikkan huruf menjadi sebuah kalimat atau juga untuk melakukan penghitungan data kita juga memerlukan keyboard. Keyboard pada komputer terdapat dua jenis yaitu keyboard wirelesa tanpa kabel dan keyboard yang terhubung dengan kabel usb.

16. Mouse
Mouse komputer
Mouse merupakan alat sederhana dalam rangkabuntuk mengarahkan kursor dan juga sebagai alat untuk memudahkan navigasi terhadap data yang sedang anda input.

15. Scanner
Scanner komputer

Scanner meruakan alat untuk menginput atau menscan data dokumen sehingga bisa menghasilkan output di layar komputer.

13. Printer
Printer
Untuk menghasilkan output pada komputer terutama pencetakan dokumen maka diperlukan media printer sebagai alat untuk mencetak dokumen yang telah anda input data pada komputer.
Adapun jenis-jenis printer yang ada di pasaran sebagai beeikut :

- Printer scanner drumb
Scanner yang mempunyai benruk seperti drumb dan dapat menginput data berupa dokumen yang lebar dan luas dan bisa menghasilkan resulusi gambar yang sangat tinggi dan jelas dan dapat digunakan untuk menscan dokumen yang sangat kuno sekalipun.
- Scanner film
Sebuah alat pemindai yang digunakan untuk memindai dilm negatif pada video dan audio dan mengubahnya menjadi objek digital dan seiring waktu dan oerkembangan kemudian hilang dan ditinggalkan.
- Scanner flatebed
Scanner yang dapat menscan dokumen kertas pada kertas yang sering dipakai seperti ukuran kertas legal hingga A3, bentuk scanner ini sangat datar.
- Roller Scanner
Alat pemindai dokumen yang saat pemindaian menggunakan roller untuk melakukan pemindaian pada sebuah dokimen.

Adapun jenis printer yang umum digunakan diantaranya printer dot matrix, printer ink jet serta printer laser jet. Selain digunakan untuk mencetak dokumen kegunaan printer juga meluas seperti bisa mngirim data fax.

16. Web camera atau Webcam
Webcam komputer
Web camera pada komputer atau PC terpisah dan mungkin sobat perlu memiliki alat webcam dan biasanya disediakan software yang mesti diinstal untuk merekam atau menangkap objek yang ditangkap camera sehingga bisa dilihat di layar komputer dan komputer lain melalui jaringan internet. Webcam biasanha digunakan untuk keperluan video chat maupin video call.

17. Speaker
Apeaker portable
Untuk menghasilkan hasil output audio pada sound card tentu anda memerlukan speaker meskipun bisa menggunakan headset.
Dengan speaker kualitas audi akan lebih jernih karena akan menghasilkan suara berdasarkan frekuensi yang dihasilkan oleh soundcard.

Demikian artikel mengenai komponen komputer dan fungsinya semoga anda bisa mengenal komponen pada komputer berikut fungsi dari komponen komputer yang kami sebutkan diatas.

Belum ada Komentar untuk "Komponen Komputer Dan Fungsinya Lengkap Dengan Gambar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel