Doa Untuk Orang Tua Latin Dan Arab Beserta Artinya

Doa merupakan permohonan atau meminta kepada Allah Robbul 'alamiin, selain berdoa untuk diri kita, muslimin dan muslimat, mu'minin dan mu'minat dan semua orang muslim keseluruhan kitapun di wajibkan mendoakan kedua orang tua.
Dimana orang tua adalah orang yang berjasa kepada kita dan tentu kita tidak akan mampu membalas jasa-jasa keduanya dalam mendidik, mendoakan kita, mengasuh, menyayangi, menasihati, dsb. Selain kita berbakti kitapun harus mendoakan orang tua dengan doa untuk orang tua sebagai wujud syukur kepada kedua orang tua kita dan juga Rabb Semesta Alam baik mendoakan ketika ibu bapak masih hidup atau sudah meninggal dunia atau telah tiada.

Berikut doa untuk orang tua

Doa untuk kedua orang tua dalam Al-Qur'an. Bacaan doa untuk ibu bapa pendek-pendek anda bisa menghapalnya dengan cepat.

Surah Nuh ayat 28

رَبِّ اغْفِرْ لِى وَلِوٰلَدَىَّ وَلِمَنْ دَخَلَ بَيْتِىَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ وَلْمُؤْمِنٰتِ وَلَا تَزِدِ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا تَبَارًا
Rabbighfirlii waliwaalidayya waliman dakhola baitiya mu'minan walilmumina walmuminati walaatajididzalimiin illa tabaara

Ya Tuhan kami, ampunilah aku, ibu bapakku dan siapapun yang memasuki rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan. Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang zalim itu selain kehancuran.

Baca juga : Kumpulan doa sehari hari lengkap beserta artinya

Surah Ibrahim ayat 41

رَبٍَنَا اغْفِرْ لِِى وَلِوٰلِدَىَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ
Rabbanaghfirli waliwaalidayya walilmu'miniinan yauma yaqumulhisaab.

Ya Tuhan kami ampunilah aku dan kedua ibu bapakku dan semua orang yang beriman pada hari diadakan perhitungan (hari kiamat).

Baca juga Bacaan dzikir dan doa setelah shalat fardhu singkat dan lengkap

Surah Al-Isra ayat 24

رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِى صَغِيْرًا
Wahai Tuhanku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku pada waktu kecil.

Bacaan doa kepada orang tua yang sedang sakit

اَللَّهُمَّ اذْهِبْ البَاْسَ رَبَّ النَّاس وَاشْفِ فَاَنْتَ الشَّافِى لَا شِفَاءَ اِلَّا شِفِاؤُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمَا
Allohummadzhab ba'sa rabbinnasi waasyifi faantasyaafii laa syifaa'a illaa syifaauka syifaan laa yughodiru saqomaa.
Ya Allah hilangkanlah rasa sakitnya wahai Tuhan manusia dan ssmbuhkanlah. Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tiada kesembuhan selain kesembuhan dariMu yaitu kesembuhan yang tiada menyisakan rasa sakit.

Kendatipun demikian jika seandainya anda tidak atau belum hapal doa kedua orang tua berbahasa arab maka anda juga bisa mendoakan kedua orang tua menggunakan bahasa dan ucapan yang anda pergunakan dengan lemah lembut kepada-Nya.