Cara Menulis Huruf Arab Di Ponsel Dengan Harakat No Root

Bahasa arab merupakan bahasa umat islam, sebagai muslim tentu kita harus bisa menulis arab terutama di ponsel. Cara menulis arab di ponsel android sangat mudah yang diperlukan hanyalah mendownload keyboard arabic. Memang semua keyboard sekarang support multi bahasa bahasa termasuk bahasa arab tetapi dalam penulisan arab sendiri tidak lengkap maka pandailah memilih keyboard android.
Cara menulis huruf arab di ponsel
Banyak aplikasi keyboard di google play store tetapi cuman bisa menulis huruf arab gundul tanpa syakal seperti goboard, swiftkey, dsb. dengan menambahkan bahasa arab dikeybiard tersebut. Hanya beberapa diantaranya yang support syakal seperti tasdid, dhomah, fathah, sukun, dsb. Sehingga sanggat sukar dibaca orang lain jika kita menulis dengan bahas arab gundul kemungkinan salah baca arab sangat besar.

Untuk menulis arab yang diperlukan hanyalah font di hp support huruf arab sehingga dapat dilihat juga menginstal keyboard support arab.

Berikut cara menulis huruf arab di ponsel dengan mudah dan cepat :


Menggunakan Google keyboard (Gboard)

1. Instal atau download goboard (google keyboard) di google play store
Dengan memakai google keyboard anda bisa menulis huruf arab dengan syakal seperti dhomah, fathah, tanwin, sukun, dsb.

2. Buka aplikasi Goboard
- Pertama untuk enable gokeyboard untuk mengaktifkan Google keyboard tap saja enable in settings
- Tap Goboard Dan tap OK jika Ada attention klik ok bahwa keyboard mengizikan untuk mengkoleksi data personal seperti kartu kredit dan nomor penting anda.
Mengaktifkan input method
- memilih metode input Dan tap select input method pilih Gboard
- Tap set permissions untuk mengijinkan aplikasi goboard untuk mengakses kontak stay anda bisa melarang akses kontak ke Google keyboard
Penambahan bahasa arab
- Tap additional languages sebelum mentap done, tap add keyboard lalu pilih languages stay Bahasa yang diperlukan adalah me download Bahasa penulisan Arab maka pilih Arab (العربيه). Jika anda melewati add additional language anda juga bisa menambahkan do layout keyboard dengan mentap lama koma (,) lalu tap gerigi tap language.
- Pilih layout arabik 1 saja stay arabik 2 stay keduanya Dan tap done.
- Terakhir done.

Silahkan coba untuk menulis Arab di ponsel, pada awal keyboard muncul tap globe stay bola dunia maka Bahasa penulisan Akan berganti ke Arab atau tap than lama spasi maka pilih Arabic. Untuk menambahkan syakal seperti tanwin, dhamah,fathah, Dan sebagainya tahan lama titik (.) Dan pilih syakal.

Menggunakan Swiftkey

- Download dan instal swiftkey keyboard
- Buka aplikasi swiftkey
Mengaktifkan keyboard swifkey
- Tap enable swiftkey sehingga akan ke manage keyboards dan pilih swiftkey
Memilih swiftkey keyboard
- Select SwiftKey dan pilih SwiftKey keyboard
- Tap get prediction Anda bisa sign up menggunakan Google akun atau memilih not now.
Penambahan bahasa arab
- Tap languages dan gulir ke bawah Dan tap all languages dan pilih Arabic dan download Bahasa arab hingga selesai. Menambahkan bahasa lain bisa melalui keyboard jika panel diatas papan ketik diaktifkan dengan mentap gerigi dan tap gerigi lagi.
- Tap next paling bawah
- Instalasi keyboard sukses Anda bisa tap not now atau agree.
- Silahkan coba mengetik untuk menghentikan penulisan otomatis tap gerigi diatas keyboard dan non aktifkan auto correct.
- Untuk mengubah bahasa penulisan dari English ke Arabic misalnya Maka tap dan tap spasi dengan geser ke kanan. Maka Akan berubah ke arab.
- Untuk dhamah, Tanwin tap dan tahan ظ dan tinggal geser untuk memilihnya.


Cara menulis arab di ponsel samsung menggunakan keyboard default


Dengan menggunakan keyboard default samsung, saya menggunakan A3(2017) os Oreo atau android 8, ikuti langkahnya :

- Tap icon gerigi atau pengaturan keyboard  diatas keyboard atau bisa juga ke settings lalu tap General mangement lantas language dan input lalu tap on-screen keyboard lalu tap samsung keyboard

- Tap languages and types dan tap manage languages dan keyboard akan mengupdate support bahasa
- Download bahasa arab atau العربيه (bahasa arab) setelah download selesai silahkan lakukan pengetikan maka keyboard akan muncul
- Untuk memilih bahasa penulisan tap agak lama spasi dan geser ke kanan maka bahasa penulisan akan ganti ke bahasa arab
- Untuk menulis syakal tap dan tahan titik (.) Maka akan muncul syakal.