Cara Mengemudi Mobil Matic Untuk Pemula Yang Benar Dan Baik

Mobil matic berbeda dengan mobil manual karena mengemudi manual serba otomatis dalam mengemudi mobil tidak perlu lagi mengatur dan menginjak koopling dan gigi.
Meskipun demikian yang sudah mahir mengemudi mobil manual juga perlu hati-hati apabila belum faham cara mengemudi mobil matic untuk pemula yang benar dan baik.

Sangat perlu ada orang yang mendampingi apabila ingin belajar mengemudi mobil matic dengan didampingi orang yang benar-benar telah menguasai mengendari mobil khususnya matic yang serba otomatis.

Cara mengemudi mobil matic pemula


1. Konsen

Tetap konsen saat anda belajar mengemudi mobil agar cepat menguasinya, bila dijalanan yang agak sepi kemungkinan cepat menguasainya dengan cepat. Berbeda ketika anda belajar di jalan raya ketika ada pengendara lain tentu harus berhati-hati dan didampingi oleh orang yang sudah memahami mengendari mobil matic untuk mengingatkan dan agar lebih memahami. Lihat pengendara lain melalui spion agar selalu terbiasa.

2. Pahami mengenai tuas mobil matic

Mobil matic berbeda dengan manual dimana matic hanya tinggal menekan dengan kaki rem dan gas saja. Disamping itu fahami tentang fungsi tuas pada mobil matic.

Saat anda menghentikan mobil tuas harus berada pada posisi N (neutral) atau P (Parking) dan tidak akan menyala hingga tuas pada posisi tersebut.

Fungsi huruf tuas pada mobil matic :

- P (Park) yaitu digunakan pada saat mobil sedang berhenti terutama pada jalan macet dengan kemacetan sampai 10 menit.
- N (Neutral) digunakan jika pada saat mobil berhenti dalam kemacetan yang sangat lama maka anda bisa menggunakan persneleng pad posisi normal.
- D (Drive) fungsinya saat anda ingin melajukan mobil dan terdapat kecepatan berbeda-beda antara D1, D2 dan D3.

3. Melatih kelihaian berbelok
Selain belajar melajukan mobil dijalanan lurus anda juga harus belajar membelokan mobil juga bukan berarti bahwa dijalanan selalu lurus bahkan ada belokan yang sangat tajam, belajar mengendarai mobil harus sampai lancar dan faham.

Cara menyetir mobil jalanan datar

Pada saat melajukan mobil matic dari posisi normal maka ubah posisi dari N (Neutral) atau P (Parking) Ke posisi D (Drive) maka anda bisa melajukan mobil kemudian jika hendak mundur ganti posisi tuas Ke R (Reverse/Return). Hal yang diperhatikan adalah ketika perpindahan transmisi atau mengubah dari D ke R harus menginjak rem untuk menghindari kerusakan mesin mobil.

Untuk akselerasi laju mobil ada yang dinamakan OD dengan laju mobil yang agak lebih cepat dibanding D antara 60-80km/jam.

Mengemudi mobil matic di tanjakan

Dalam mengendari mobil disengaja atau tidak pasti melewati sebuah tanjakan, dalam mengendarai mobil matic saat di tanjakan anda perlu tahu kecepatan pada untuk level D sesuai tanjakan yang ditemui

D1 kecepata antara 0-30km
D2 kecepatan 40-50km
D3 kecepatan antara 50-70

- Jika anda menemui tanjakan biasa saja bisi mengubah posisi persneleng ke D1
- Jika menemui tanjakan yang sedang anda bisa memindahkan ke D2
- Begitupun jika anda mendapati tanjakan yang sangat seperti area puncak lebih baik gunakan D3 atau bisa Ke L
- Jangan takut dan panik apabila mobil matic anda mati pada tanjakan karena mobil tidak akan mundur.

Cara mengemudi mobil matic di jalan menurun

Jalan raya tidak selalu mulus ada saatnya perjalanan menanjak dan menurun saat anda mendapati jalan turunan maka geser tuas perseneleng ke posisi D1 jika tanjakan sedang bisa coba D2 dan turunan lebih maka geser ke D3. Usahakan pergantian persneleng dengan menginjak rem dan gas diangkat dan juga jaga jarak mobil.

Demikian tutorial cara belajar mengemudi mobil matic untuk pemula yang benar dan baik, semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengemudi Mobil Matic Untuk Pemula Yang Benar Dan Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel