Cara Mengecek Plat Nomor Kendaraan untuk Mengetahui Pajak

Setiap kendaraan mempunyai plat nomor unik dimana setiap setiap plat nomor mempunyai nama kepemilikan kendaraan, model, warna, nomor rangka mesin, pajak kendaraan bermotor.
Cara Mengecek Plat Nomor Kendaraan Secara Mudah
Selain pergi ke samsat anda juga bisa cek plat nomor kendaraan anda atau orang lain jika misalkan anda hendak membeli dan ingin memastikan apakah benar rangka mesin, warna termasuk pajak motor yang akan dibayar atau sudah di bayar.

Setiap daerah mempunyai plat nomor berbeda termasuk pula plat nomor juga berbeda di setiap wilayah, masuk daerah atau kota mana atau provinsi sehingga jelas untuk cek plat nomor kendaraan anda, dimana dengan memasukkan data nomor polisi maka situs akan melacak nomor plat nomor tersebut berdasarkan data yang tepat dan muncul semisal data rangka mesian, pajak yang sudah dibayar atau telat, dsb.

Berikut cara cek plat nomor kendaraan untuk mengetahui besaran pajak atau untuk cek pajak kendaraan yang akan dibayar :

- Cek plat nomor kendaran online

1. Daerah jawa barat

Anda bisa mengecek kepemilikan plat nomor kendaraan di jawabarat melalui situs Bapenda Jabar  dengan memasukkan nomer plat nomor anda misal Z1234FF atau misal plat nomor bandung sobat bisa mengecek di website bapenda jabar tersebut :
- Maka isikan alpahbet dikolom pertama dan nomor di kolom tengah dan alpabet ke terakhir di kolom ke tiga
- Pilih pula warna TNKB apakah hitam, merah atau kuning
- Masukkan kode captha
- Tap atau klik cara.

Maka akan kelihatan terkait merk kendaraan, model, tahun, nomor rangka dan mesin mesin kendaraan motor atau mobil termasuk daftar rincian pajak kendaraan bermotor.

2. Daerah provinsi DKI jakarta

Untuk yang tinggal di DKI jakarta sobat juga bisa cek plat nomor jakarta melalui website resmi Cek ranmor DKI tentang informasi data kendaraan di daerah khusus ibu kota jakarta.
Untuk cek plat nomor Jakarta anda bisa mengunjungi website dan mengisi data informasi ranmor :

- Masukkan Nomor kendaraan termasuk kode huruf belakang plat
- Masukkan NIK untuk kepemilikan kendaraan bermotor
- Tap atau klik captcha
- Tap proses

3. Daerah provinsi DIY

Sahabat dari yogyakarta juga dapat cek plat kendaraan melalui situs informasi pajak dan kendaraan bermotor DIY. Dengan memasukkan plat nomor polisi ditambah kode huruf belakang lalu submit. Maka akan muncul informasi terkait kendaraan baik informasi pajak kendaraan bermotor dan lain-lain.

4. Daerah provisi Jawa Timur

Melalui website eSamsat jatim denvan link berikut https://samsat.jatimprov.go.id dengan memilih kota terlebih dahulu, lantas pilih samsat, masukkan nopol kendaraan bermotor baik mobil maupun motor, masukkan kode captcha sesuai gambar lantas tap atau klik cari.

5. Daerah provinsi jateng

Anda bisa mengikuti tautan url website DPPAD Jateng di http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/
Silahkan isi nomor kendaraan lalu klik submit.

Untuk daerah lainnya melalui link di bawah tata caranya hampir sama baik untuk plat mobil maupun motor melalui link berikut :

http://esamsat.acehprov.go.id
http://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak/
http://dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat
http://dispenda.sultengprov.gomid/addons/pkb.php

Cara cek plat nomor kendaraan melalui SMS

Selain cara cek plat nomor kendaraan secara online anda juga bisa mengirim sms jika ingin mengetahu informasi seputaran pajak kendaraan bermotor.

1. Wilayah Jakarta
Dengan melakukan pengiriman pesan dengan format Metro(Spasi) nomor polisi kirim ke 1717.

2. Wilayah Jawa barat
Untuk anda yang tinggal di provimsi Jawa Barat lakukan dengan qwmengirim pesan singkat SMS denvan mengetikan Info(spasi)NomorPolisi(spasi) warna kendaraan dan kirim ke 08112119211

3. Wilayah Jawa Tengah
Untuk Jateng sobat bisa mengirim pesan singkat dengan menuliskan JATENG(spasi)NomorPolisi sending sms ke 9600.

4. Area Jatim
Untuk provimsi Jawa Timur sahabat bisa mengirimkan sms dengan formag JATIM(spasi)Nomor Polisi ke nomor tujuan 7070.

5. Wilayah Yogyakarta

Untuk masyatakat Yogyakarta bisa cek nomor polisi kendaraan dengam SMS dengan menvetikkan DIY(spasi)NoPolisi kidom ke 9600.

6. Kepulauan Riau

Bagi anda yang domisili di kepulauan riau bisa menggunakan sms dengan mengetikkan Kepri(spasi)Nomor Poliso korim ke 9969.

Cara cek plat nomor kendaraan pakai aplikasi di hp

Untuk provinsi jawa barat sahabat bisa cek plat nomor kendaraan secara mobile menggunakan aplikasi android bernama SAMBARA (Samsat mobile Jawa Barat) dan di instal app di hp.
Kemudian buka aplikasi sambara dan tap info PKB, masukkan nomor kendaraan dan submit.

Demikian cara cek pemilik plat nomor kendaraan baik untuk mengetahui pajak kendaraan bermotor atau cara cek pajak kendaraan bermotor.