Cara Membuat Keamanan Website Dari Kejahatan Cyber Crime

Sebuah website bukan hanya perlu mengupdate artikel saja disamping itu kita perlu meningkatkan dan menjaga keamanan website.
Cara Membuat Keamanan Website Dari Kejahatan Cyber Crime
Keamanan website wajib kita tingkatkan untuk menghindari serangan bahkan ancaman di internet dan sekitar kita yang sangat membahayakan dan melemahkan website yang anda kelola dari serangan malware, virus, deface bahkan DDos serta para hacker dan kejahatan cyber crime baik itu adware maupun spyware.

Bukan sesuatu yang mustahil bahwa sebuah situs yang kuat juga bisa terdapat celah keamanan situs maka untuk menambal celah yang dapat membuat masuk segala macam yang membahayakan maka anda perlu meningkatkan security dan firewall situs yang baik.

Cyber crime adalah merupakan upaya atau aktifitas kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan komputer maupun lewat jaringan.

Cara Membuat Keamanan Website dari kejahatan cyber crime 


Membuat keamanan website merupakan salah satu cara meningkatkan keamanan website itu sendiri sehingga anda akan selalu tenang dalam mengurus situs anda termasuk mengamankan data-data customer diantaranya :

1. Aktifkan SSL 
Mengaktifkan SSL termasuk juga update ssl certificate menjadi keharusan untuk website baru atau lama. Kemudian mengganti server website anda tetap aman dengan merubah http redirect ke https dengan open SSL 1.1.1 yang lebih baik dan terbaru dari sebelumnya. Website yang telah mengaktifkan ssl ditandai dengan icon gembok di address bar browser pada saat anda membuka website anda maupun situs lain.

2. Perkuat password akun
Komputer publik seperti warnet atau mungkin anda login menggunakan PC sahabat anda yang mengandung virus, adware, spayware, phising, trojan dan berbagai macam yang bisa menginfeksi situs.

Selain itu hindari menyimpan password di komputer umum karena bisa saja user lain bisa mengambil alih situs anda tanpa disadari karena anda menyimpan password sembarangan.

Perkuat security kata sandi akun dengan menambahkan karakter, upercase atau lowcase untuk password diatas 6-10 digit untuk memproteksi dari serangan hacker membobol akun situs anda.

Gunakan recovery akun untuk menghindari dan mengamankan akun situs anda.

3. Gunakan hosting terbaik
Menginstal atau menggunakan hosting sangat dianjurkan untuk meningkatkan dan memperkuat keamanan website dan data anda dan kustumer untuk menghindari kebocoran data atau bahkan serangan DDos. Sekarang banyak cloud hosting yang menawarkan keamanan untuk memperkuat firewall sebuah situs.

4. Selalu backup data
Backup data website sangat perlu untuk security website jika ada penyalahgunaan terhadap akun website termasuk data situs untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan suatu saat nanti.

5. Hindari postingan sensitif
Mengupdate konten yang mengandung kata atau kalimat mengarah kepada spam atau sensitif akan membuat website anda dipenuhi spam. Sedangkan spam website sangat tidak disukai mesin pencari tentu hal ini akan mengganggu keamanan website anda.

6. Update fitur baru 
Selalu instal security situs terbaru agar situs aman dari berbagai hal kemungkinan misal mengupdate wordpress anda serta update plugin wordpress anda usahakan menggunakan plugin wordpress premium dari developer terpercaya.

7. Periksa template
Bukan berarti temolate atau theme website terbebas dari yang namanya malware maka dari itu sangat diperlukan template blog yang bersih dan bebas dari spam, malware terkait kode script didalamnya yang dapat membahayakan situs anda.

Cara cek keamanan website :

Anda dapat menggunakan cek keamanan website online dengan nama domain sebagai berikut :

- ScanMyServer
- Sucuri
- Quttera
- Qualys SSL Lab
- Siteguarding
- Detectify
- Acunetic
- Web Inspector
- Asafa Web
- Upguard Web Scan
- NetSparker Cloud
- Tinfoil Security.
- Mcafee site advisor.

Cek keamanan website via software

Untuk mengecek proteksi sebuah website anda bisa menggunakan software untuk mendeteksi keamanan seperti website guard, AVG link scanner. Dengan menginstal terlebih dahulu di komputer anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Keamanan Website Dari Kejahatan Cyber Crime"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel