Cara Backup Dan Restore Data WA Di Smartphone

Whatsapp merupakan aplikasi video call dan chating di android. Di whatsapp messenger terdapat fitur backup dan restore data.
Apa itu backup dan restore data?

Backup data adalah menyimpan data sebagai kumpulan file cadangan baik berisi file, chat, video, dokumen dan sebagainya dan jika data penting kita terhapus baik disengaja ataupun tidak maka kita dapat memulihkannya kembali.

Restore Data adalah adalah upaya memulihkan data yang terhapus baik tanpa disengaja maupun disengaja dan tentunya harus melakukan backup itu sendiri untuk melakukan restore.

Demikian pula di whatsapp jika data file berupa chat, file, dokumen, video anda bisa anda backup data whatsapp ke google drive dan juga memulihkan data yang terhapus di aplikasi whatsapp dengan mudah jika terjadi kesalahan penghapusan anda dapat backup whatsapp chat dengan mudah.

Dimana backup merupakan hal penting supaya dapat menyimpan data jika chat atau dokument penting di whatsapp terhapus maka kita punya backup data WA di aplikasi whatsapp untuk kemudian di restore data WA.

Begitupun restore data perlu dilakukan jika anda lupa sesuatu yang penting malah dihapus semua data file di whatsapp maka kita bisa dengan mudah menggunakan memulihkan data whatsapp. Sangat mudah cara backup data maupun restore data di whatsapp sehingga dapat mengembalikan whatsapp chat yang terhapus.

Cara backup data whatsapp

Untuk melakukan cara backup wa lakukan langkah berikut :

- Buka whatsapp messenger di smartphone android

- Tap menu titik tiga lalu settings di aplikasi WA
- Kemudian tap chats, disana terdapat chat backups lalu tap
- Terus tap back up to google drive lalu pilih durasi untuk backup data whatsapp ke google drive apakah only when i tap backup, daily, weekly atau monthly tepatnya ketika saya tap saja, tiap hari, mingguan atau setiap bulan.
- Lantas Tap google account dan pilih akun google yang akan anda pilih untuk back up data whatsapp.
- Terus pilih metode back up over apakah back up data melalui wifi atau wifi or data seluler saja disini bahwa anda ditawari untuk menyimpan data di google drive apakah melalui wifi atau wifi dan data seluler.
- Kemudian tap togel include videos jika anda hendak backup data semua video di whatsapp.
- Teakhir tap back up yang paling atas. Jika ada notifikasi allow whatsaap to acces photos and files on your device. Semua chat history akan di simpan di google drive. Maka wa akan memproses backup chat whatsapp termasuk video jika mentap includes video.
Mudah bukan cara backup chat wa bisa anda coba.

Baca juga : Cara menggunakan whatsappa web di hp

Cara restore data whatsapp


Jika sobat telah membackup data file di WA dan hendak restore chat wa terdahlu di aplikasi whatsapp. Restore data WA hanya dapat dilakukan ketika anda tidak sengaja menghapus aplikasi whatsapp atau clear data aplikasi whatsapp tidak akan bekerja jika akun whatsapp dihapus karena akan menghapus backup dan dan tidak dapat mengembalikan data.
Berikut langkahnya cara memulihkan chat whatsapp :

- Instal aplikasi Whatsapp atau tap WA messenger dengan clear data cache
- Silahkan masukkan nomor yang telah didaftarkan whatsapp terdahulu dan lakukan verifikasi ulang lagi
- Maka akan ada notifikasi to find restore your backup from google drive allow whatsapp to acces to yor contacts and yor device's photos, media and files dan tap continue.
- Tap allow whatsapp to acces your contacts begitu juga tap allow whatsapp to acces photo, media and files.
- Tap untuk memberikan permisi dengan mentap give permission jika ada if you freviously backed up to google drive and want to restore it give whatsapp permission to check your google account for backup.
- Setelah itu anda akan dihadapkan notifikasi backup found atau back up atau penyimpanan data ditemukan maka tap restore untuk mengembalikan data whatsapp di google drive di android. Maka akan terlihat proses back data.
- Setelah selelsai tap next lagi, buatkan nama kembali dan Ok maka whatsapp akan menginisialisasi dan semua data whatsapp akan kembali silahkan untuk selajutnya masukkan nama whatsapp anda.

Baca juga : 2 cara menggunakan whatsapp di komputer dan laptop

Cara memindahkan whatsapp ke hp lain atau baru

- Untuk mengembalikan data whatsapp ke smartphone android lain. Caranya yaitu dengan membackup data WA menggunakan google akun yang sama saat anda restore data di whatsapp smartphone lama anda.

Cara backup whatsapp chat di Iphone
Caranya backup chat wa  di iphone sama seperti di android dengan tap settings > Chating > Chat settings > chat backup. Lalu tap backup now Semua data whatsapp akan di backup data whatsapp ke iCloud dengan menggunakan apple id.

Baca juga : Cara mengganti wallpaper whatsapp dengan mudah dan cepat

Cara restore whatsapp chat di iphone
Uninstal whatsapp dan instal whatsapp messenger di appstore.
Lalu buka whatsapp dan masukkan nomor ponsel dan verivifikasi nomer whatsapp anda di iphone.
Aplikasi whatsapp akan meminta restore chat history untuk mengembalikan data whatsapp.
Jika anda menggunakan smartphone apple baru anda dapat restore whatsapp chat di smartphone anda menggunakan apple id anda.

Belum ada Komentar untuk "Cara Backup Dan Restore Data WA Di Smartphone"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel