Cara Menggunakan Cloudflare Untuk Kecepatan dan Keamanan Situs

Kecepatan loading website sangat berperan penting di era mobile sekarang ini, sehingga load time saat membuka halaman akan berpengaruh terhadap website anda. Olehkarena itu sebuah layanan dari CDN sangat membantu loading website blog anda.
Car menggunakan Cloudflare untuk blog
Salah satunya cloudflare yang memberilkan server global CDN atau content delivery network yaitu penyampaian conten ke jaringan yang tersebar diseluruh belahan dunia baik di Imdonesia, US dan sebagainya sehingga konten sebuah website sampai lebih cepat melalui jaringan di berbagai negara dan semua content disimpan di cache sehingga saat browser mengakses halaman website tidak akan tejadi loading waktu pemuatan konten baik image, font maupun video tanpa buffer di browser sehingga dapat memangkas budget, yang diperlukan hanyalah dengan menggunaka. server cloudflare network sehingga mempergunakan DNS cloudflare sehingga mempercepat akses situs dan juga fitur lainnya.

Apa itu cloudflare ?
Cloudflare adalah sebuah website yang menawarkan free fast global CDN sehingga pemuatan konten website menjadi ringan dengan meningkatkan performa yang sangat bagus dengan meninggikan konversi, mengoptimiskan engangement dan memangkas biasa dengan menggunakan server cloudflare dimana saat di akses di web browser baik smartphone maupun desktop. Dimana cloudflare menggunakan cloud, hybrid juga SAAS aplication mudah digunakan.

Selain fitur untuk optimasi website fitur cloudflare diantaranya untuk keamanaan situs di internet yaitu :
- Keamanan atau memproteksi situs dianataranya dari serangan DDos
- Mencegah Bocornya data kustomer seperti informasi data, informasi kredit card dan informasi personal lainnya.

Cara menggunakan Cloudflare untuk website atau blog 

Untuk dapat menggunakan layanan akses cloudflare anda harus mendaftar di cludflare dan merigistrasi website ikuti langkah-langkahnya :

- Silahkan menuju situs https://www.cloudflare.com baik melalui komputer maupun smartphone memggunakan aplikasi cloudfalare juga bisa dan mudah baik bagi profesional maupun pemula
- Tap atau klik get started now atau melalui menu pilih signup unuk daftar akun cloudflare. Jika sudah mempunyai akun silahkan tap login dan masukkan password dan tap login.
- Dibawah get started with cloudflare masukkan alamat email berikut password dan klik create account.
- Silahkan pergi ke inbox email yang anda daftarkan alamat emailnya dan buka inbok lalu lakukan verify email sehingga akun cloudflare anda aktif.
Menambahkan situs di cloudflare

- Masukkan website url anda dan klik add site
- Silahkan pilh plan apakah mau free cdn cloudflare, pro $20/bulan, bisnis $200/bulan atau enterprise. Masing-masing plan mempunyai fitur premium dari cloudflare agar situs anda lebih optimis serta aman dari serangan DDOS atau DNS hijack. Lalu Tap atau klik confirm plan. Jika mempunyao modal culup silahkan pilih plan cloudflare premium dengan layanan sesuai keperluan website anda.
Konfigurasi dns records
- Secara otomatis DNS record terscan otomatis di cloudflare lalu tap atau klik confirm dan akan aktif jika telah menambahkan nameserver di akun provider pembelian domain. Biarkan default setingan di cloudflare jika belum memahami benar.

Cara setting clodflare di akun provider saat pembelian domain

Untuk mengarahkan situs ke cloudflare dengan cara setting nameserver di akun provider dengan cara berikut :
- Silahkan menuju akun provider registar saat anda membeli domain dan lakukan perubahan atau mengganti nameserver pada nomor 1 dengan tambahkan nameserver cloudflare nomor 2 di akun domain provider anda lalu save. 

- Kembali ke dasbor cloudflare dan klik done check nameserver. Cloudflare akan melakukan update 24 jam. Jika sebelumnya belum mengaktifkan akun clodflare silahkan menuju alamat email yang anda daftarkan dan diinbox mail klik verivifasi akun. Maka situs akan dialikan ke domain names server cloudflare.

Cara menghentikan situs di cloudflare

- Buka cloudflare dan klik situs yang anda daftarkan
- Scroll ke paling bawah ada advance actions dan klik pause cloudflare on site.
- Confirm bahwa anda akan menghentikan cloudflare sementara.
- Untuk mengaktifkan cdn cloudflare tap enable cloudflare on site.

Cara menghapus situs di cloudflare

- Buka situs cloudflare dan login dengan alamat email dan password lalu signin
- Tap atau klik situs
- Scroll ke bawah ada advanced actions tap remove site from cloudflare.
- confirm penghapusan sitis dicloudflare.

Tidak hanya melalui situs cloudflare anda juga bisa menggunakan aplikasi cloudflare di android maupun ios baik menginstal cloudflare apk bisa anda searching di pencarian maupun menginstal langsung dari google playstore atau app market ios.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Cloudflare Untuk Kecepatan dan Keamanan Situs "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel