Faktor Penyebab Badan Gemuk Menjadi Kurus

Bisa saja orang yang asalnya gemuk lantas menjadi kurus baik secara perlahan maupun secara derastis walaupun banyak makan. Badan gemuk menjadi kurus terjadi tanpa sadari dan bahkan pula anda sadari penyebabnya.
Penyebab badan gemuk menjadi kurus
Bagi orang menerapkan pola program diet mungkin hal yang wajar tetapi bagi yang lain mungkin tidaklah wajar banyak faktor yang menyebabkan yang tadinya badan gemuk lantas menjadi berbadan kurus. 

Berikut penyebab badan gemuk menjadi kurus drastis diantaranya :


Penyebab badan kurus pada awalnya badan gemuk bisa diakibatka oleh penyakit berikut ini :

1. Dikarenakan penyakit

Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan badan gemuk menjadi kurus bahkan turun berat badan menjadi draastis diantaranya :

- Kanker
Penyakit yang super mematikan ini menjadi sebab tubuh kurus karena sel-sel kanker dapat memakan sari-sari makanan baik yang di salurkan sel-sel tubuh sehingga sel kanker tersebut menyebar dan memperbanyak sel kanker. 

- Diabetes

Penyakit diabetis bisa menjadi penyebab berat badan menjadi turun drastis apalagai dieabetis tipe 1, karena diabetis 1 akan merusak insulin yang dihasilkan pankreas. Oleh karenanya diabetes tipe 1 lebih rentan berbahaya daripada diabetis type 2. 

- TBC (Tuberculosis) 

TBC disebabkan oleh micro bacterium tuberculosis, orang yang terkena TBC umumnya mempunyai badan kurus, penderita TBC harus menjalani pengobatan selama 6 bulan secara terus menerus. 

- Parkinson

Badan kurus bisa diakibatkan penyakit ini yang menyebabkan otot menjadi kaku sehingga kurang bergerak dan seiring waktu tubuh kehilangan otot secara perlahan dan tubuh menjadi kurus.

- HIV atau AIDS

Penyakit HIV aids dapat menyerang kekebalan tubuh atau sistem imun sehingga badan yang tadinya gemuk menurun hingga tubuh kurus. HIV AIDS juga dapat mengganggu serta merusak organ dalam tubuh, diare dan juga batuk disertai darah.

Selain penyakit diatas berikut penyebab badan gemuk menjadi kurus :


2. Perokok berat

Orang yang meroko atau perokok berat dpat menyebabkan badan gemuk menjadi kurus hal ini disebabkan karena menghisap asap rokok yang tidak baik dan dapat mengganggu organ tubuh sehingga badan menjadi kurus.

3. Banyak begadang dan kurang istirahat

Kurang istirahat atau istirahat tidak tetatur dapat menyebabkan tubuh kurus karena tubuh tidak optimal dikarenakan tubuh perlu istirahat yang baik jika diporsir malah akan menimbulkan penyakit sehingga tubuh gemukpun menjadi kurus. Demikian pula banyak begadang dengan pola tidur yang kurang baik juga tidak seimbangnya makanan yang masuk ke dalam tubuh. Bagi sebagian orang yang begadang terus menerus dapat mengurangi selera makan sehingga badan turun secara drastis dan kurus. 

4. Kurang aktivitas olahraga

Olahraga akan membuat tubuh terhindar dari berbagi jenis penyakit kalau tubuh sakit otomatis tubuh menjadi kurus.

5. Kurang makan bernutrisi dan bergizi

Orang yang makan kekurangan nutrisi serta gizi dapat menyebabkan berbadan dan tubuh kurus hal ini karena tubuh perlu asupan nutrisi dan gizi seimbang dan tubuh menjadi lemas, oleh sebab itu hindari mengkonsumsi makanan junk food yang tidak baik untuk tubuh. 

6. Banyak pikiran serta stress

Berpikir dapat menyebabkan terkurasnya energi dalam tubuh juga stress. Maka jika demikian akan mengubah otot besar menjadi susut sedikit demi sedikit sehingga tubuh dan badan menjadi kurus atau kecil. Sehingga perlu asupan makanan yang sehat.

7. Faktor genetik

Genetik atau keturunan bisa menjadi sebab badan kurus, jika asal keluarga anda bertubuh kurus demikian pula anda bisa jadi itu merupakan faktor keturunan atau genetik.

8. Kekurangan minum atau cairan

Kurang minum atau cairan dalam tubuh stiap waktu bisa menjadi tubuh menjadi kurus sehingga pencernaan menjadi terganggu minimal mencukupi cairn dalam tubuh sehari 8 gelas.

9. Diet ekstrim

Seseorang yang berbadan gemuk lantas menginginkan tubuh atau badan kecil jika melakukan diet secara ekstrim dapat menyebabkan badan sangat kurus maka hidndari diet yang terlampau ekstrim.

Baca juga : Cara diet alami dan sehat, ramping dalam 15 hari dengan cepat

Resiko badan kurus

Badan terlalu gemuk maupun kurus sangat tidak baik untuk tubuh karena dapat beresiko buat anda sendiri, diantaranya :

1. Keguguran kehamilan

Berdasarkan penelitian bahwa wanita hamil yang tubuh atau berbadan kurus bersiko mengalami keguguran dengan oersentase 70%.

2. Depresi 

Baik tubuh kurus maupun gemuk dapat mengakibatkan depresi hal ini karena tubuh tidak selalu menghasilkan hormon bahagia atau senang (hormon serotonin).

3. Berakibat gangguan jantung

Wanita dengab tubuh kurus dapat mengakibatkan rentan menderita gangguan jantung diatas 40 tahun berdasarkan penelitian. Demikian pula dapat mengakibatkan radang sendi dikarenakan sedikit lemak. 

4. Resiko patah tulang

Hormon seks atau esterogen wanita mempunyai manfaat untuj kesehatan tulang maka jika lemak dalam tubuh sedikit sehingga yang terjadi adalah sedikitnya hormon esterogen kemudian menyebabkan tulang menjadi sangat rapuh. 

5. Berkurangnya kualitas sperma

Badan yang kurang ideal baik badan terlalu gemuk atau kurus menjadi faktor berkurangnya seperma juga kepekatan sperma itu sendiri.

Cara agar tubuh tetap stabil atau proposional :

- Mengkonsumsi makanan yang sehat dengan nutrisi dan gizi seimbang
- Hindari meroko. 
- Jauhi meminum minuman alkohol
- Selalu mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. 
- seimbang antara protein nabati dan hewani.
- Jauhi pola hidup tidak sehat lainnya.

Demikian penyebab badan gemuk menjadi kurus. 

Belum ada Komentar untuk "Faktor Penyebab Badan Gemuk Menjadi Kurus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel