9 Jenis Kecerdasan Manusia Yang Perlu Anda Ketahui

Kecerdasan merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa untuk mengembangkan potensi, bakat serta memahami hal dalam dirinya. Kecerdasan pada diri manusia haris di syukuri karena berbeda dengan makhluk lainnya.

Setiap orang memiliki kecerdasan berbeda-beda dan sudah tentu setiap orang yang cerdas dalam hal atau pekerjaan memiliki kecerdasan yang dimilikinya, orang tersebut akan berperan penting serta berpengaruh terhadap pribadinya dan juga akan menggunakan kecerdasannya dalam kehidupan sehari-hari baik dalam aktifitas dan bisa saja mempengaruhi profesi yang ditekuni tentunya dalam hal bermanfaat dan positif.
9 Jenis Kecerdasan Manusia Yang Perlu Anda Ketahui
Dan ternyata tipe atau jenis kecerdasan manusia bukan hanya dalam soal logika, teori, perhitungan secara matematis dan financial saja tetapi mengacu kepada hal yang lebih luas lagi. Pada manusia terdapat kecerdasan yang bisa diukur seperti IQ (Intelegence Quetient) erat kaitannya dengan kemampuan daya pikir dan juga (emotinal Quetient) ESQ ukuran yang berkenaan dengan emosional seseorang. 

Macam-macam kecerdasan menurut Howard Gardner yang secara mendasar dalam teori jenis-jenis kecerdasan majemuk (multiple intelligence) pada kecerdasan anak memiliki 9 kecerdasan. Kecerdasan manusia seiring waktu itu akan mendominasi dan bisa saja berubah sejalan waktu dan kebutuhan manusia itu sendiri dalam memanfaatkan atau mengembangkan bakat kecerdasannya untuk merubah kehidupan dirinya maupun orang lain

Berikut 9 jenis kecerdasan manusa yang memiliki potensi perlu anda ketahui :


1. Kecerdasan Naturalis (Naturalist Intelligence) 

Kecerdasan natutarlis adalah kecerdasan yang dimiliki manusia untuk menyukai kepad yang bersifat alam atau natural. Seperti pencinta alam, pecinta flora dan fauna.

2. Kecerdasan logika dan matematis (Logical-mathematical Intelligence) 

Orang yang kecerdasannya cenderung bersifat logika dan matematis atau perhitungan. Jikalau anak anda ataupun anda sendiri menyukai perhitungan dan lebih cenderung kepada logika maka anda tergolong kepada jenis kecerdasan ini. Seperti orang yang berprofesi akuntan, guru matemtika, kasir, dsb.

3. Kecerdasan visual dan spasial (Spatial intelligence) 

Orang dengan kecerdasan visual dan spasial merupakan orang yang bisa membuat ide baru dan membentuk dan menuangkaannya berdasarkan penglihatan dan pengamatan objek disekitarnya. Seperti seorang profesi pelukis, pematung, pemahat,dll.

4. Kecerdasan musikal (Musical Intelligence) 

Orang yang memiliki jenis kecerdasan manusia ini akan mampu memahami, membedakan suara atau bunyi yang didengarnya baik secara spontan maupun disengaja juga mampu menghadirkan nada maupun irama yang bagus, enak serta selaras selaras untuk orang yang mendengarkannya. Seperti orang yang pekerjaannya dalam bidang musik atau pemusik, komposer, dll.

5. Kecerdasan interpersonal

Kecerdasan pada seseorang yang mampuengenali dan memahami orang-orang yang ada disekitarnya dalam hal ini kuat serta tinggi jiwa sosial dan perasaannya terhadap orang disekelilingnya. Pekerjaan yang cocok untuk orang yang dominan pada kecerdasan interpersonal seperti pelayanan masyrakat, LSM, lembaga sosial, dsb.

6. Kecerdasan eksistensial (Existancial intelligence) 

Kecerdasan yang sangat memahami akan semua hal atau sesuatu dalam kehidupan disekelilingnya sehingga bisa memecahkan dan membantu orang terhadap suatu masalah. Profesi atau pekerjaan yang cocok untuk kecerdasan ini yaitu psikologi, dll.

7. Kecerdasan kistetik jasmani (Bodily Kinestetic Intelligence) 

Yang menonjol pada kecerdasan jenis ini, mereka mampu menyelaraskan apa yang ada di otak serta pikirannya dengan kinerja anggota tubuhnya dengan baik. Seperti profesi penari, pelukis, olahragawan atau atlet, dsb.

8. Kecerdasan intrapersonal (Intra-personal intelligence) 

Kemampuan pada seseorang yang kompeten untuk memahami dan memecahkan masalah untuk keadaan atau situasi orang lain maupun dirinya. Seperti pekerjaan motivator, dll. 

9. Kecerdasan linguistik (Linguistic Inteligence) 

Kemampuam atau keahlian yang menonjol pada diri seseorang dalam hal mengolah kata, ucapan atau berkomunikasi dengan baik dan tertata kalimatnya dan mampu menyihir setiap pendengar atau yang mendengarkannya maupun pembacanya. Biasanya cocok atau menonjol pada profesi dan pekerjaan sales, marketing, MC, penulis, dll.

Tambahan lain selain macam-macam kecerdasan pada manusia yang penting selain diatas jika seimbang akan berpotensi sukses dalam segala hal :

Hal yang tak kalah penting adalah kecerdasan dibawah ini jika anda memilik kecerdasan manusia secara seimbang berpotensi untuk sukses dunia juga akhirat.

- Kecerdasan emotional (Emotional quetient)

Kecerdasan yang dimiliki manusia untuk mengontrol dan mengatur perasaan atau emosi untuk dirinya sendiri dan orang lain dalam kehidupan sosialnya saat berinteraksi dengan orang lain disekitarnya baik yang ia kenal mauoun tidak sama sekali.

- Kecerdasan mengatasi (Adversity Quetient)

Kecerdasan atau kemampuan pad seseorang untuk menghitung atau menganalisa apa-apa yang dapat menimbulkan kerugian atau masalah bagi dirinya dan berusaha untuk memperbaiki keadaan tersebut.

- Kecerdasan (Moral Quetient) 

Kecerdasan pada seseorang yang erat kaitannya dengan moral seperti tingkah laku, sikap, adat istiadat.

- Kecerdasan Spritual ( Spritual Quetient)

Kemampuan atau kecerdasan dengan hal-hal yang berkaitan dengan spritual atau agama sperti keinginan mengenal Tuhan, mendekatkan diri pada tuhan dengan melaksanakan segala perintah dan menjauhi segala larangannya.

- Kecerdasan berpikir (Intelligence Quetient)


Kemampuan atau kecerdasan seseorang untuk menganalisa dan memecahkan masalah atau problem dengan menggunakan otak dan daya pikirnya (pikiran).

Belum ada Komentar untuk "9 Jenis Kecerdasan Manusia Yang Perlu Anda Ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel