Cara Jitu Mencegah Berita Hoax Terbaru Agar Tak Menyebar Luas

Di negeri kita hangat-hangatnya tentang hoak apalagi saat pemilu kemarin dan tidak hanya itu hoaks pun dapat menimpa siapa saja oleh kelakuan orang yang memposting opini yang tidak bertanggung jawab, meruntuhkan orang. Terkait berita bohong atau hoax dapat menyesatkan siapapun dan apapun sehingga dapat merugikan orang dengan berita hoax tersebut.
Cara Jitu Mencegah Berita Hoak Terbaru Agar Tak Menyebar Luas
Berita hoax biasanya terjadi didunia maya atau internet baik situs berupa postingan, video, atau status opini di media sosial termasuk juga komentar.

Bahkan bukan saja merugikan orang akibat hoax itu bahkan bisa saja integrasi bangsa bisa carut marut akibat hoax.

Apa itu hoak dan berita hoak?


Hoax yaitu sesuatu isu-isu yang bersifat berita bohong dan tanpa adanya bukti yang mendasar bahkan dilebih-lebihkan dan bahkan bisa berpotensi menjadi berita atau informasi viral diinternet.

Hoax dapat menimpa semua orang, organisasi, institusi, organisasi atau pemerintah sekalipun, apapun itu yang bersifat info bohong termasuk dikategorikan berita hoax.

Jadi berita hoax adalah berita bohong merupakan berita atau isu yang bersifat bohong, tanpa dasar, tanpa bukti apapun. Apalagi jika orang yang tidak bersalah, kasiahan dia.

Ciri-ciri berita hoax?

- Berita dan informasi tidak dapat dipertanggung jawabkan
- Tida ada dasar dan bukti kebenaran informasi
- Berita hanya menduga-duga saja
- Berita hoak cepat viral
- Isue kecil dibesar-besarkan

Dampak akibat dari berita hoax terbaru :

- Orang akan mudah percaya
Dengan meluasnya informasi dan berita dan semua orang mempunya gadget dan akses internet setiap orang dapat mengkonsumsi berita termasuk hoax. Setiap orang menshare dan like berita tersebut dengan opini yang positif dan negatif dengan itu mereka percaya kebenaran berita hoak tersebut.

- Orang yang bersalah menjadi dampak mengerikan

Jika berita hoax menimpa orang yang tidak mempunyai kesalahan dapat berbahaya bagi dirinya, nama baiknya juga serta orang-orang disekitarnya akan membencinya.

- Orang yang menyebarkan luaskan hoaks akan terkena norma sosial

Setiap orang yang meyebarkan berita hoax tanpa adanya bukti nyata hanya akan merugikan dirinya sendiri dan akan terkena norma sosial. Dicap sebagai orang yang mudah tidak dipercaya atau tidak jujur oleh orang sekitarnya.

- Penyebar hoaks akan menerima sanksi hukum

Dengan adanya hukum ITE selayaknya sobat berhati-hati dalam berbicara, menshare konten artikel apalagi di media dan jejaring sosial, atau buat artikel atau berita diblog atau upload video berbau hoaks lewat yotube karena menginginkan chanel sobat cepat viral karena akan mengakibatkan terjerat hukum ITE siapapun itu pelakunya akan terjerat.

Cara mencegah berita hoax terbaru menyebar luas :


- Jangan mudah percaya dan abaikan

Jika ada yang suatu berita datang kepada anda apakah itu benar atau bohong menyangkut sesuatu jangan di sharing ke yang lainnya, cukup anda saja yang tahu.

- Cari pembenaran berita hoax

Jika anda termasuk yang mudah percaya hoaks apalagi berita hoaks atau informasi itu viral maka jangan segan-segan untuk mencari pembenarannya jika seandai salah maka sangkal tetapi jika memang hoaks itu ada benarnya maka jangan sharing ke yang lainnya.

- Cegah dan laporkan pembuat berita hoax

Salah satu untuk membuat jera adalah dengan mencegah dan melaporkan orang yang membuat hoax. Tetapi jangan buru-buru sadarkan akibat dari pembuatan info tersebut dan menyuruh hapus content tersebut jika memang tidak bisa dicegah jalan terakhir adalah dengan melaporkan kepada fihak yang berwajib.

- Cermati alamat situs

Coba sobat cek situsnya apakah merupakan situs yang dapat dipercaya pembenarannya atau hanya hoax saja, dari sana sobat dapat menyimpulkan apabila berisi berita hoaks maka jangan pernah sharing ke yang lain dan laporkan.

- Jangan mudah mau di provokatif

Semua berita hoax bersifat memprovokatif orang sehingga otomatis ingin menggiring opini anda dan membenarkan hoax tersebut oleh sebab itu jangan percaya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Jitu Mencegah Berita Hoax Terbaru Agar Tak Menyebar Luas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel