Beralihlah dari Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Ke Pedoman Gizi Seimbang

Makanan 4 sehat sempurna sudah tidak bisa dipakai lagi karena sudah tidak sesuai dengan perkembangan zaman sekarang.

Makanan 4 sehat 5 sempurna adalah 4 jenis makanan ditambah susu yang harus ada pada tiap harinya.

Makanan 4 sehat sempurna diganti dengan pedoman gizi seimbang (PGS) agar bisa dilakukan oleh setiap individu baik anak, remaja maupun dewasa atau tua.
Beralihlah dari Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Ke Pedoman Gizi Seimbang
Dimana resep makanan 4 sehat 5 sempurna yang terdiri dari makanan pokok, lauk pauk, sayuran serta buah-buahan ditambah susu yang secara khusus hanya pada area makanan sehat saja. Tetapi perbedaan yang mencolok pada pedoman gizi seimbang dan sehat lebih spesifik bukan hanya makanan sehat tetapi pola hidup sehat dengan berbagai jenis makanan sehat, hidup dengan berperilaku sehat dan bersih, aktivitas fisik serta memgontrol berat badan.

Berikut yang termasuk pedoman Gizi sehat (PGS) sebagai pengganti makanan 4 sehat 5 sempurna :


1. Mengkonsumsi makanan beragam

Memakan makanan beragam dan mempunyai nilai gizi sehat dan seimbang bagi tubuh seperti nasi, gandum, daging, susu, sayuran juga buah-buahan. Dalam sayuran terkandung serat yang baik untuk tubuh, daging dan ikan mengandung banyak protein untuk membantu meregenerasi sel-sel tubuh, susu terdapat kaksium yang baik baik untuk anak untuk pembentukan tulang dan gigi juga untuk memperkuat tulang agar tidak keropos untuk orang dewasa atau tua.

2. Membiasakan perilaku hidup sehat dan bersih

Prilaku hidup sehat dan bersih akan terhindar dari penyebab penyakit yang membuat tubuh cepat sakit akibat virus, bakteri, daya tahan tubuh melemah. Misalnya seperti menguap, batuk dan bersin dengan menutup mulut, mencuci tangan sebelum makan atau saat setelah memegang benda yang kotor, dsb.

3. Melakukan aktifitas fisik

Aktivitas fisik dapat membuat badan menjadi bugar dan sehat setiap hari. Aktifitas fisik seperti berolahraga selain membantu agar menghilangkan racun arau toksin lewat keringat, cepat untuk meregenerasi sel-sel tubuh, memperkuat tulang juga menjaga kelenturan otot tubuh manusia, menciptakan mood yang baik serta menjauhkan diri dari stress dan kualitas hiduo yang baik.

Baca juga : Cara pola hidup sehat agar selalu awet muda

4. Memperhatikan dan mempertahankan berat badan yang proforsional

Memantau dan mempertahankan berat badan yang proforsional sangat baik untuk tubuh, kelebihan lemak atau obesitas sangatlah buruk untuk kita. Lemak yang banyak seperti obesitas akan membuat tulang terbebani.

Dengan memperhatikan tubuh proforsioanal serta bentuk tubuh juga seimbang antara kekuatan tubuh dan otot seperti dengan sistem diet atau dengan olahraga teratur.

Demikian artikel dari omevan tentang beralihlah dari makanan 4 sehat 5 sempurna ke pedoman gizi seimbang.

Belum ada Komentar untuk "Beralihlah dari Makanan 4 Sehat 5 Sempurna Ke Pedoman Gizi Seimbang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel