Penyebab Sakit Tulang Belakang Dan Cara Mengatasinya

Sakit tulang belakang bisa dialami siapa saja baik tua maupun muda, agar tidak mengganggu kegiatan dan aktifitas anda perlu tahu penyebab sakit tulang belakang dan cara mengatasinya.
Penyebab Sakit Tulang Belakang Dan Cara Mencegahnya
Sakit tulang belakang bisa diakibatkan oleh gaya hidup anda seperti mulai dari hal yang kecil seperti duduk, cara berjalan, dsb. Maka anda harus mencermati prilaku gaya atau kebiasaan hidup selain faktor lainnya

Penyebab sakit tulang belakang :


- Kecelakaan

Kecelakaan bisa juga menyebabkan sakit tulang belakang sehingga menimbulkan trauma ketika saat mengendari kendaraan bermotor baik mobil atau motor terjatuh, keseleo. Demikian pula ketika berolah raga sehingga menyebabkan cedera atau terkilir, patah tulang sehingga menyebabkan sakit tulang belakang.

- Kelainan tulang belakang

Kelainan tulang belakang dapat menyebabkan sakit, kelainan tersebut dianataranya :

1. Hernia disk atau HNP dimana kelainan tulang ini diakabatkan piringan sendi melemah akibat penuaan sehingga keluar dari tempatnya atau pecah akibat luka berat atau faktor ketegangan. Sehingga menyebabkan rasa sakit tulang belakang bawah (pinggul) diakibatkan syaraf tertekan.

2. Degenerative Disk Deasea yaitu kelainan tulang yang diakibat gangguan degenerative yang disebabkan terjadi akibat cakram invertibilitas hilangnya elastisitas atau flexibilitas dan melemah ketika menahan goncangan saat berjalan, berlompat atau berlari. Faktor penyebabnya dikarenakan kesalahan gerak tubuh atau juga faktor umur atau usia.

3. Spondylolysthesis yaitu bergesernya ruas tulang belakang atau vertebra ke depan dari tulang dibawah atau diatasnya dikarenakan melemahnya sendi dan ligamen karena penuaan, trauma atau kecelakaan.

4. Sacroiliac joints pains, nyeri yang terletak pada area sacroiliac yang terdapat pada persendian tulang duduk yang berguna untuk memindahkan berat tubuh badan bagian atas ke bagian tubuh bawah biasanya terjadi pada wanita hamil atau selepas melahirkan.

5. Bulging disk, kondisi dimana terjadi penonjolan invertabralis yang diakibatkan kelainan postu yang disebabkan mengangkat berat dalam posisi tubuh membungkuk atu trauma.

6. Radikalulopati servical atau istilahnya syaraf terjepit akibat benjolan tulang baru atau piringan sendi melemah (hernia disk).

7. Stenosis spinal, yaitu menyempitnya saluran tulang belakang sehingga menyebabkan mati rasa bahu dan kaki dikarenakan sumsung tulang velakang yang berisi syaraf tertekan.

- Stress (Tekanan hidup, pikiran, batin)

Stress atau tekanan hidup, batin, pikiran, dsbnya dapat mempengaruhi hidup anda begitu halnya dengan tulang belakang. Dengan stress dapat mengakibatkan otot punggung menjadi tegang sehingga melemah dalam menumpu tulang belakang.

- Gaya Hidup

Gaya hidup yang tidak baik sangat berpotensi terhadap perkembangan tulang belakang. Perlu anda menghindari gaya hidup yang tidak baik sebagai faktor pemicu munculnya atau saat menyerang nyeri atau sakit tulang belakang seperti meroko, berjalan tidak tegak, tidk sering berolah raga, mengangkat beban diluar kemampuan, memakai hak sepatu tinggu, duduk dengan posisi yang salah, peregangan yang berlebihan, dsb.

- Kondisi kesehatan lainnya

Kondisi kesehatan dibawah ini dapat memicu nyeri atau sakit tulang belakang :

1. Arthritis yaitu peradangan sendi yang bisa mengakibatkan kaku, keterbatasan gerak serta pembengkakan.

2. Ankylosing spondylitis, peradangan yang menyebabkan penyatuan ruas tulang belakang sehingga pergerkan tulang belakang menjadi kurang elastis atau fleksibel.

3. Osteoarthritis yaitu pengapuran sendi karena rusaknya tulang rawan disekitar ruas tulang belakang.

4. Skoliosis, tulang belakang melengkung ke samping baik kiri atau kanan bisa diakibatkan pembawaan lahir atau seiring usia.

5. Kehamilan
Karena bertumbuhnya janin sehingga menyebabkan berat badan menjadi tambah besar sehingga menyebabkan beban besar pada tulang belakang sehingga menyebabkan sakit tulang belakang.

6. Tumor
Sel sel tumor yang menyebar dan menyerang ke bagian tubuh dapat menyerang ke tulang belakang dan mengakibatkan kanker tulang.

Untuk mencegah dan mengatasi sakit tulang belakang :


- Lakukan olah raga secara rutin untuk memperkuat otot tulang juga untuk fleksibulitas tulang belakang sehingga kuat.

- Jauhi meroko karena nikotin dalam roko dapat merusak struktur tulang

- Konsumsi makanan yang kaya gizi dan nutrisi untuk tulang dan otot.

- Cermati cara duduk, berdiri dan posisi berjalan.

- Hati-hati saat mengangkat beban, usahakan bebab sesuai dengan kemampuan otot anda.

Cara mengobati sakit tulang belakang :

Jika sakit tulang belakang sudah sekian parah serta mengganggu alangkah lebih baiknya hubungi dan periksa ke dokter terdekat terutama dokter ahli tulang sehingga diberi obat yang tepat untuk sakit tulang belakang anda atau apakah dengan menjalani operasi pembedahan untuk memperbaikinya.

Untuk terapi dan pengobatan anda bisa mencoba akupuntur atau obat tradisional atau herbal serta obat penghilang nyeri tulang belakang, terapi pijat, dsb.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Sakit Tulang Belakang Dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel