Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil Dan Cara Mengatasi Serta Mencegahnya

Mengandung anak sudah tentu menjadi saat-saat yang berbahagia bagi anda seorang wanita. Sakit pada gigi bisa diderita siapa saja tak terutama ibu yang sedang berbadan dua.

Sakit gigi saat hamil seringkali dialami oleh ibu hamil dan hal ini sangat mengganggu sekali bumil dan bahkan dapat mengganggu pertumbuhan janin seperti berat badan bayi dan bisa juga berdampak kelahiran bayi prematur.
Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil Dan Cara Mengatasi Serta Mencegahnya
Sakit gigi pada anda yang sedang hamil dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Sakit gigi bisa disebabkan oleh faktor seperti gigi berlubang, sakit gusi, dsb.

Penyebabkan sakit gigi saat hamil :


- Perubahan hormon saat hamil dapat menyebabkan menungkatnya peradangan gusi atau gingvitis sehingga gigi menjadi bengkak bahkan terjadi pendarahan pada gusi saat ibu hamil menyikat gigi.

Hal lain yang bisa terjadi pada gusi adalah timbulnya benjolan digusi (epulis gravidarium) dan seringkali mengganggu dan merasakan ketidaknyamanan saat makan atau berbicara.

- Muntah saat kehamilan sering dialami oleh semua wanita, muntah berulang kali sehingga mengenai gigi sehingga menyebabkan merusakkan enamel gigi dan bahkan berisiko gigi berlubang.

- Kekurangan kalsium saat kehamilan bisa berdampak sakit pada gigi. Karena janin atau bayi mengambil kebutuhan kalsium pada tulang ibu dan jika masih dikurang akan mengambil kalsium pada gigi ibu maka saat hamil cukupi kebutuhan kalsium yang bisa terdapat pada keju, susu serta yoghurt.

Agar gigi tidak sakit saat kehamilan maka anda dianjurkan untuk merawat gigi  diantaranya dengan memeriksa ke dokter gigi dengan rutin di masa kehamilan anda.

Berikut cara mengatasi dan mencegah sakit gigi saat hamil :


1. Sikat gigi secara teratur
Menyikat gigi teratur membantu membersihkan flak, menguatkan enamel gigi anda.

2. Mencukupi kebutuhan kalcium
Kekurangan kalcium dapat menyebabkan sakit gigi maka oleh sebab itu bumil hendaknya mencukupi asupan kalsium agar kebutuhan kalsium tubuh dan janin tercukupi.

3. Kurangi makanan yang mengandung gula
Mengkonsumsi makanan yangengandung gula dapat menyebabkan sakit gigi dan tidak hanya itu dapat pula menyebabkan gigi berlubang sehingga menambah sakit gigi jika tidak rajin sakit gigi.

4. Kumur-kumur saat muntah
Saat sudah muntah hendaknya berkumur-kumur dengan larutan anti septik dengan bersih kalau perlu sikat gigi.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Sakit Gigi Saat Hamil Dan Cara Mengatasi Serta Mencegahnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel