Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Supaya Bayi Lahir Cerdas

Hamil merupakan momen hal yang paling berbahagia bagi seorang wanita setelah menikah. Tentu dalam masa kehamilan menginginkan kelahiran janin atau buah hati dalam keadaaan sehat tentunya pintar.
Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Supaya Bayi Lahir Cerdas
Oleh karena itu ibu hamil mesti memperhatikan asupan makanan untuk bumil agar laju perkembangan bayi sehat dan anak lahir cerdas dalam perkembangan selama dalam kandungan selama proses kehamilannya baik hamil muda atau tua harus mencukupi nutrisi dan gizi baik perhari atau bulan dengan baik.

Nutrisi dan kandungan vitamin yang harus dipenuhi dalam makanan untuk ibu hamil agar anak lahir cerdas :


- Karbohidrat dan serat
Karbohidrat dan serat bermanfaat untuk menambah energi bumil selama kandungan sehari-hari dan merupakan sumber energi.

- Asam folat
Asam folat membantu untuk pertumbuhan dan perkembangan syaraf otak selain itu untuk menyeimbangkan sel darah putih dan merah pada janin.

- Kalsium
Kalsium berfungsi untu pertumbuhan tulang janin agar kuat dan perkembangan sel organ-organ tubuh bayi. Ibu hamil minimal harus mengkonsumsi makanan sehat mengandung kalsium 1.000mg per hari.

- Mineral (Zat Besi dan Yodium)
Untuk keseimbangan tubuh terdapat kelenjar tiroid pada ibu dan bayi, nah untuk memelihara kesehatan tiroid harus mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung yodium. Asupan yodium yang cukup dapat membantu hormon pertumbuhan otak serta zat besi untuk menghindari anemia atau kelurangan sel darah merah pada ibu, janin dan bayi. Selain itu kandungan zat besi untuk memaksimalkan produlsi asi bumil.

- Vitamin A, B6, B12, C serta D
Tak hanya kebutuhan akan zat diatas kebituhan vitamin perlu di penuhi utuk membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi atau janin dengam mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil.

Berikut makanan sehat untuk ibu hamil agar Anak Sehat, kuat dan cerdas yang omevan rangkum dari berbagai sumber sebagai referensi bagi anda yang tengah mengandung selam kehamilan :


1. Produk susu
Produk susu sangat bermanfaat untuk janin dalam kandungan karena banyak mengandung vitamin B, zat besi dan magnesium disamping itu untuk pembentukan tulang bayi. Terdapat pula kandungan prebiotik sehinggan kandungan bumil terhindar dari virus, bakteri, infeksi serta masih banyak kandungam manfaat yang lainnya.

2. Minyak Ikan
Cocok untuk kesehatan mata terutama peekembangan penglihatan janin dan otak. Minyak ikan sangat praktis karena tersedia dalam kemasan kapsul serta biasanya minyak ikan ini teebuat dari ekstrak ikan kod.

3. Telur
Dalam sebutir telur mengandung unsur choline umtuk membantu perkembangan otak bayi serta banyak sekali kandungan vitamin. Telur selain murah juga tersedia dipasar dan terjangkau.

4. Ubi
Ubi bermanfaat untuk ibu hamil karena banyak mengandung potasium, b6, zat besi, vitamin c, beta karotin sehingga baik untuk pertumbuhan tulang, kulit dan mata bayi serta kebutuhan zat besi untuk janin.

5. Oatmeal
Makanan sehat untuk ibu hamil yaitu oatmeal yang kaya akan vitamin b6, serat dan protein. Nutrisi dan zat-zat dalam oatmeal sangat berguna untuk perkembangan bayi.

6. Daging tanpa lemak
Perkembangan dan pertumbuhan otot bayi sangat membutuhkan asupan protein yang banyak dan bisa didapatkan denngan mengkonsumsi Daging tanpa lemak. Selain daripada itu terdapat pula vitamin B6 yang berfungsi untuk membantu pertumbuhan jaringan serta otak pada bayi. Begitupula vitamin B12 untuk menunjang perkembangan sel syaraf dan juga pertumbuhan sel darah merah.

7. Ikan salmon
Ikan salmon banyak mengandung dan merupakan sumber asam lemak omega-3 serta protein. Kandungan omega-3 terdapan unsur DHA dan EPA sehingga membantu perkembangan serta pertumbuhan motorik serta menimalisir resiko neorologis si anak nantinya.

8. Brokoli
Brokoli merupakan makanan sehat ibu hamil yang sangat bagus karena mempinyai berbagai vitamin, nitrisi yang lengkap seperti zat besi, kalsium dan asam folat. Zat besi dalam brokoli berkhasiat untuk menghindari anemia selain itu asam folat berguna untuk melindungi bayi dari kelainan syaraf tulang belakang serta cacat tabung syaraf bayi.

Demikian Makanan sehat untuk ibu hamil agar bayi lahir cerdas.