Jenis Virus Computer Yang Berbahaya & Cara Mengatasinya Agar Aman

Virus merupakan satu hal yang berbahaya yang bisa menghilangkan data bahkan bisa mematai data yang ada pada komputer. Virus komputr sendiri tidak bisa dideteksi dan tanpa disadari serta tiba-tiba menyerang system dan data di perangkat komputer.
Jenis Virus Computer Yang Berbahaya & Cara Mengatasinya Agar komputer Aman
Komputer sangat rentan dengan virus apalagi jika anda menggunakan operating system windows yang 96% bisa menyerang jika tanpa firewall terintegrasi atau scanning anti virus dan sebagian lagi menyerang linux, mac, chrome, sun operating system, os/2 IBM.

Sama halnya dengan manusia jika terkena virus maka akan meyebar dan menyerang system imun akhirnya sakit begitupun perangkat komputer bisa jadi lewat jaringan komputer, lewat file yang anda unduh atau melalui flash disk atau hardisk fortable yang dipasangkan jika memang perangkat tersebut tersuspect virus dan akan myebar dan menyerang data serta system komputer anda dan menyebabkan hilangnya data bahkan bisa memata-matai aktifitas pengguna tanpa disadari.

Berikut jenis-jenis virus komputer yang berbahaya dan cara mengatasi serta melindungi pc dari virus yang mengancam dan menyerang :


Jenis virus komputer

1. Trojan
Virus ini dibuat dengan kemampuan untuk mengendalikan dan mengontrol serta bisa mencuri data anda. Jenis virus ini biasanya masuk melalui jaringan internet, file yang diunduh atau terbawa lewat email yang tersuspect virus.

Tujuan dari trojan sendiri adalah untuk mendapatkan informasi data dari informasi yang tercatat dalam system seperti log dan menyusupi sehingga bisa mengendalikan data pengguna.

2. Backdoor
Virus backdoor merupakan visrus yang hanpir sama dengan virus trojan, hanya saja virus jenis ini bisa berupa file atau software semisal game atau aplikasi.

Backdoor mempunyai tujuan untuk menyerang dan mensuspect system aplikasi melalui logon atau saat masuk atau autentifikasi ke aplikasi.

3. Worm
Virus ini tidak lah berbahaya bagi perangkat komputer tetapi jika dibiarkan mungkin akan mengganggu anda. Biasanya worm akan masuk melalui email yang terhubung melalui jaringan.

Worm akan membuat notifikasi bahwa memori atau hardisk komputer anda penuh dan penuhi dengan virus jenis ini. Sehingga ruang gerak memory atau hardisk menjadi sempit dikarenakan penuh dengan virus.

Cara mengatasinya selalu gunakan anti virus premium atau pro, sangat penting untuk selalu mengaktifkan firrwall operating system anda.

4. Rogue

Rogue merupakan jenis virus yang hampir sama dengan program anti virus sehingga mungkin bisa mengelabui pengguna perangkat komputer sehingga berhasil membohongi dengan notifikasi serta peringatan palsu tentang adanya virus di komputer kepada user. Pembuat rogue dapat menghasilkan uang dikarenakan bisa membocorkan dan membuka celah kelemahan system pada komputer anda sehingga berpeluang mendatangkan virus-virus lainnya dengan bocornya celah keamanan tersebut.

5. Spyware
Mungkin anda sudah menduga dari kata spy yaitu memata-matai dan ware adalah perangkat sebagai spionasi atau memantau yang bisa memberitahu kelemahan celah system komputer kepada pembuat virus itu sendiri.

Spyware sendiri merupakan anak atau turunan dari perangkat lunak beriklan yang tidak begitu berbahaya bagi perangkat hanya saja akan mendatangkan bqnyak iklan saat user melakukan penjelajahan di internet sebaliknya spyware bisa berakibat dicurinya data pengguna dan privacy data anda, internet melambat bahkan serta membumbungnya biaya internet.

6. Web scripting virus

Dari bahasa kita bisa mengenal secara langsung web scripting merupakan kode untuk menjalankan konten dari web. Virus ini berjalan jika komputer terhubung dengan internet dan beroperasi mengganggu program-program komputer.

7. Rootkit

Rootkit yaitu merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menyembunyikan proses, berkas serta data yang sedang berjalan atau dilatar belakang dari system operasi dimana dia berada. Rootkit sendiri pertamanya ridak berbahaya sama sekali tetapi seiring perkembangan digunakan untuk menyusup system dan tidak terdeteksi aama sekali sebagai perusak perangkat.

Rootkit bisa menyerang ke system operasi microsoft windows, linux dan solaris.

8. Companion virus

Companion virus yaitu sebuah virus komputer yang dapat mengganggu data pribadi user. Virus jenis ni akan menyelinap ke dalam hardisk dan sangat sukar terdeteksi.

Virus ini biasanya akan berkoloni dengan file baru, Companion virus akan mengubah format data asli menjadi format data aspal menjadi format .apk atau .com.

9. Dirctory virus

Dirctory virus merupakan virus komputer yang bisa menginfeksi file berextention .exe, jika ada yang terkena virus ini maka aplikasi atau software bisa jadi tidak akan berjalan, error saat dibuka maupun sedang aktif. Dan secara otomatis jika satu terinfeksi maka akan menyebar ke system aplikasi dqn file yang lainnya.

Jika semua sudah terkontaminasi virus ini maka jalan satu-satunya adalah dengan menginstal ulang operating system pa komputer karena anti virus yang biasa tidak mampu membersihkan di perangkat komputer.

10. Multipartit virus

Multipartit virus akan bersembunyi didalam ram dan menyebabkan terganggunya system operasi dan bisa menjalar dan menyerang dan memformat hardisk jika tidak segera ditangani sehingga bisa menyebabkan aplikasi tidak dapat dibuka atau tidak bisa dioperasikan.

11. Fat virus

Fat kepanjangan dari file allocation table, jadi virus fat dapqt menyebabkan rusaknya file terutama file atau pribadi anda dengan cara menyembunyika file sangat penting sehingga menyangka file tersebut telah terhapus atau hilang tanpa sebab.

12. Memory resident virus

Virus ini menyusup serta menginfeksi ke dalam memory ram, akibatnya kinerja komputer akan melambat dan mensuspek program komputer yang lainnya jika tidak ditangani dengan segera mungkin.

13. Polymorpic virus

Polymorpic virus merupakan virus yang sangat sukar untuk dihilangkan, dibersihkan dan bahkan sulit dideteksi. Polymorphic dapat memanipulasi antivirus agar dia tidak tergolong virus.

14. Macro virus

Macro virus umumnya menyerang file dokumen seperti docm, pps, xls, sehingga salah satu file terinfeksi maka file dokimen yang lain bisa terinfeksi pula. Macro virus biasanya datang dari email yang masuk.

15. Direct action virus

Virus jenis biasanya menginfeksi file bat autoexec pada hardisk serta sangat mudah untuk dibersihkan, direct action virus akan menyerang saat komputer anda mulai dinyalakan dan bahkan bisa menular dan menginfeksi perangkat eksternal seperti flash disk, dsb.

16. Overwrite viruses

Overwrite virus bisa menyebabkan file atau data penting maupun tidak penting terhapus di hardisk tanpa mengubah kapasitas memory hardisk pada komputer sehingga anda tidak akan menyangka terserang virus ini.

17. Boot sector viruses

Boot sector viruses menyebabkan terinfeksinya sektor boot. Sector boot viruses umumnya bersembunya pada floppy disk dan tidak menyerang program-program komputer. Dia menyerang dan menginfeksi file-file disekitaran hardisk tersebut.

18. Storm worm

Storm worm termasuk virus jenis trojan yang dapat menginfeksi pc lantas kemungkinan bisa mengendalikan pc dqri jarak jauh. Virus tersebut dapat menginstal rootkit dan menyembunyikan progrqm jahat swhingga tidak bisa terdeteksi antivirus.

19. Mydoom

Virus mydoom ini menyebabkan kerugian finansial hingga $38.5 milyar. Jika komputer terinfeksi mydoom bisa memperlambat akses internet serta menyebabkan jutaan email terinfeksi dalam 36 jam.

Mydoom dapat berbahaya karena bisa mencuri data dari email yg terinfeksi dan berusaha memperbanyak email baru dengan merigestrasi data yang dicuri tersebut dan mengirim email kepada alamat kontak yang dicuri tadi bahkan mydom virus bisa saja menghapus dan menghindari network analyzing tools sehingga susah dideteksi, dibersihkan dan di hapus.

20. Wannacry

Wannacry virus sempat menghebohkan dunia, semua jaringan komputer diseluruh dunia berhasil diinfeksi olehnya termasuk indonesia sendiri dimana serangan ransomware menyebar dengan sangat cepat.

Wannacry dapat mengenkripsi data file pada HDD PC sehingga menyebabkan tidak bisa dibuka oleh user dan meminta user untuk mentransfer bitcoin untuk bisa mengembalikan PC kembali.

21. BlackShades

BlackShades termasuk virus ransomware sama halnya dengan wannacry, para peretas memungkinkan utuk mengendalikan PC dari jarak jauh. Dia menyusupi saat kita login melalui aplikasi seperri misal saat kita masuk webcam, mencuri akun bahkan mencuri dan menghapus file. Untuk pemulihan PC virus ini meminta untuk menebus dengan membayar sejumlah uang untuk mengembalikan PC.

22. ILoveyou

Jangan girang dulu seandainya anda mendapat pesan atau notifikasi di anrivirus bukan pacar anda yang mengirimi anda boleh jadi itu adalah iloveyou virus.

Iloveyou bisa mengubah file menjadi malware bahkan mengubah malware dan mengganti data file. Virus ini dibuat dengan pemograman VBScript. Yang jika diklik dingaja atau tidak dapat mengakses daftar kontak outlook dan mengirim email ke kontak email tersebut yang berisi virus.

Disinyalir akibat virus iloveyou seluruh dunia mengalami kerugian sebesar $8 milyar dan berhasil menginfeksi sekitar 45 juta PC, virus ini dibuat oleh Guzman asal negara Filipina.

Cara mengatasi dan melindungi komputer agar bebas virus :


- Lindungi PC, laptop maupun computer dengan menginstal antivirus untuk komputer seperti Clamav, avyra, smadav, avast, dll. dan usahakan data base antivirus dan aplikasi antivirus diupdate untuk agar selalu up to date jika sering lupa centang update otomatis karena biasanya virus komputer yang baru lebih kebal, sulit dideteksi, dihapus dan dibersihkan.

- Gunakan anti virus yang bisa membersihkan virus tanpa merusak file bahkan menghapus file program yang terinfeksi virus sehingga menyebabkan operating komputer anda cacat sehingga menyebabkan error pada perangkat komputer.

- Selalu aktifkan antivirus dan firewall dan scanning otomatis di komputer anda dan jangan coba-coba untuk mendisablenya karena akan rentan masuknya virus meskipun sering kali mengaktifkan antivirus sangat memberatkan komputer anda.

- Gunakan antivirus pro atau premium biasanya antivirus tersebut punya segudang fitur seperti scan web, email dan attachment, system serta usahakan update data base viruses.

- Selalu backup data ke system yang terpisah dan selalu curigai dan jangan mwmbuka email yang masuk seperti spam.

- Jangan memasukan memory atau hardisk external sebelum discan oleh antivirus karena ditakutkan memory external tersebut ada virusnya.

- Gunakan operating system original (asli) atau berlisensi karena operating system bajakan atau menginstal os microsoft windows tidak asli akan rentan masuknya berbagai virus komputer (vulnerable viruses). Kalaupun mau maka gunakan linux os.

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Jenis Virus Computer Yang Berbahaya & Cara Mengatasinya Agar Aman"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel