Daftarkan Situs Ke Webmaster Tools berikut Agar Terindex Di Mesin Pencari

Setelah kita membuat blog atau situs maka agar website kita terindex atau di crawl bot maka kita harus daftar blog ke webmaster tools agar artikel blog kita di index dan muncul di halaman search engine.

Webmaster Tools adalah sebuah alat webmaster yang biasanya dimiliki oleh masing-masing mesin pencari terutama agar artikel postingan baik itu homepage ataupun post page sebuah blog atau website sehingga bot akan mengcrawl semua conten website sehingga muncul di search engine yang sudah dan telah lama populer seperti google, naver, baidu, maupun yandex search engines erat kaitannya sebagi marketing konten maupun produk di pencarian apalagi jika blog anda support multi languages.
Daftarkan Situs Ke Webmaster Tools berikut Agar Terindex Di Mesin Pencari
Di webmaster banyak yang akan kita temui seperti untuj mengindex halaman homepage atau post page, submit sitemap, remove url link mati, dsb.
Kalo kita pernah melihat webmaster di masing-masing search engine terkenal pasti kita akan melihat kelebihan dan kekurangannya dari webmaster tools tersebut.

Manfaat webmastertools untuk website, blog, site bisnis kita :


1. Untuk mengindex agar postingan artikel kita muncul di search engine baik blog html maupun amp.
2. Melihat query, 2 keyword, 3 atau long tail keywords yang ada di searp (Search engine result pages) sejauh mana persentase peringkat seperti CTR, sejauh mana peringkat halaman di pencarian
3. Menghapus link url mati atau link broken atau dead link permanen atau sementara
4. Remove backlink yang tidak mempunyai high otorisasi bagus yang tidak baik untuk situs kita.
5. Menampilkan reach snippet baru dengan menyorot blog, smart cards gar tampil di search engines
6. Submit sitemap blog
7. Lalu lintas penelusuran seperti tautan ke situs, internal linking, target negara untuk blog, dsb.
8. Melihat track analystic query, halaman, dsb.
9. Mendeteksi masalah keamanan blog atau site.

Daftarkan situs ke webmaster tools berikut agar website bisnis terindex di search engines :


1. Google webmaster Tools (search console google)
Webmaster satu ini adalah kepunyaan google sendiri, dan merupakan webmaster terlengkap menurut saya.
Sehingga jika blogsite bisnis anda misal toko online, dsb.
Semua fitur dulu bersatu tetapi setelah ada ada search console baru ada pemisahan feature antara lama dan baru. Sehingga fitur lama belum sepenuhnya di pindahkan ke search console baru.
Webmaster tools seperti layaknya seo tools gratis untuk mempermudah anda dengan menmbahkan property site anda di google webmaster tools.

Untuk mendaftarkan situs agar terindex di google search engine melalui link berikut https://search.google.com/search-console silahkan masuk dengn google akun sobat dan daftarkan situs property anda.

Baca juga : Tutorial registrasi site di google, yandex dan bing

2. Bing webmaster
Bing webmaster merupakan besutan microsoft sama halnya seperti google search console disana kita bisa fetch as bing agar artikel cepat terindex, bisa target negara untuk site bisnis anda, submit sitemap, dll.
Untuk mendftar blog ke bing silhkan menuju url https://bing.com/webmaster dan login dengan microsoft akun sobat dan daftarkan property site anda.

3. Naver webmaster
Naver webmaster merupakan alat webtools yang dipunyai oleh naver yaitu sebuah nama pencarian asal korea. Situs naver webmaster dengan tampilan sederhana tidak seperti google dan bing webmaster bisa dibilang webmaster lite dengan merigestrasi website and di webmaster Naver di alamat https://webmastertools.naver.com silahkan gunakan akun naver anda dan daftarkan website anda.

4. Baidu webmaster
Baidu webmaster yang notabene kepunyaannya baidu, itu loh kepunyaan negara china dengan baidu search engine. Baidu webmaster cukup lengkap tidak hanya blog amp, mereka support mips site atau amp blog, bahkan index blog bisa secara manual dan otomatis dengan menggunakan Java script dan script lain.

Untuk registrasi silahkan login dengan baidu akun anda di https://ziyuan.baidu.com/dashboard/index dan daftarkan situs anda.

5. Yandex webmaster
Ini adalah kepunyaan Yandex yaitu yandex webmaster asal negara Rusia, Yandex webmaster mempunyai fitur yang cukup lengkap, menargetkan blog, submit sitemap files, dll.
Untuk registrasi situs silahkan menuju https://webmaster.yandex.com dan login dengan akun yandex anda.