Cara Pasang Dan Mencari Lowongan kerja di Facebook Selain Situs Job

Beberapa tahun yang lalu facebook yaitu jejaring sekaligus media sosial populer ini telah membuat lowongan kerja atau job untuk pencari kerja maupun pasang dan beriklan lowongan kerja, dimana sobat bisa mencari dan pasang lowongan kerja.
Cara Pasang Dan Mencari Lowongan kerja di Facebook Selain Situs Job
Facebook sepertinya ingin menyaingi situs lowongan kerja seperti job street, linkedn, dsb. Dimana di situs tersebut anda bisa sebagai user yang mencari dan memasang lowongan kerja dengan kriteria tertentu kepada pencari jobs.


Fitur job atau lowongan kerja facebook :

- Pencarian lowongan kerja bisnis sekitar
Anda sebagai pencari loker bisa melakukan pencarian lowongan kerja sesuai pekerjaan yang diminati anda.

- Lokasi Jobs
Di facebook jobs sobat bisa memilih loker berdasarkan lokasi yang anda pilih, misal jika ingin mendapat gaji tertinggi sobat bisa pilih kota yang memiliki UMK tertinggi disana.

- Jenis pekerjaan
Searching job di facebook anda bisa menshortir berdasarkan waktu lama kerja apakah purna waktu, paruh waktu, magang, sukarelawan ataupun kontrak.

- Industri
Anda bisa menset jenis industri atau perusahaan yang memasang lowongan kerja di fb seperti bisnis lokal, agen pemasaran, produk atau layanan, layanan bisnis, organisasi, blog pribadi, perusahaan kendaraan bermotor, agen konsultan, perusahaan media/berita atau komunitas.

- Buat lowongan kerja untuk industri
Anda dapat dengan mudah merekrut pencari kerja baik dengan mengiklankan loker maupun yang versi gratis.

Baca juga : Cara membuat akun facebook baru di hp dan komputer

Cara pasang lowongan kerja di facebook jobs :

1. Lewat lowongan kerja atau facebook jobs

Untuk memasang lowongan kerja di fb dengan syarat anda harus mempunyai atau dengan cara membuat fans page fb.

Untuk memasang iklan lowongan kerja di browser mobile melalui browser harus diset dengan mode desktop karena untuk fitur itu tidak ada kalo melalu komputer tidak masalah membuat lowongan kerja.
Buat lowongan kerja di facebook jobs
Setelah itu tinggal klik buat lowongan kerja lalu  isi form pembuatan lowongan kerja seperti :
Isi form pembuatan lowongan kerja
- Pekerjaan terkait deskripsi jabatan pekerjaan
- Lokasi kerja, mengenai alamat lokasi perusaahaan yang menerima lowongan kerja
- Kisaran gaji yang perusaahaan anda tawarkan kepada jobles antara minimal ke maksimal gaji lalu pilih berdasarkan jam, hari atau bulan
- Pilih jenis pekerjaan apakah purnawaktu, paruh waktu, dsb.
- Tambahkan deskripsi pekerjaan yang ditawarkan tentang kemampuan atau skill pelamar kerja
- Isi pertannyaan yang bersifat opsional artinya bisa diisi atau dibiarkan saja
- Upload atau unggah photo (optional).

Setelah pengisian data form pembuatan loker selesai anda tinggal memilih apakah dengan boost job atau posting lowongan kerja saja.

- Jika menggunakan bost jobs berarti anda mengiklankan lowongan pekerjaan sesuai target tertentu sesuai profile pengguna facebook jadi iklan loker anda akan tertarget berdasarkan lokasi juga profile pengguna dengan membayar sejumlah uang untuk iklan.

Setelah itu anda akan disuruh untuk mematuhi kebijakan beriklan di facebook semisal menggunakan kata atau kalimat diskriminatif baik individu maupun kelompok berdasarkan ras, etnis, agama, dsb.

Lalu klik setuju.

- Kalau memilih posting lowongan kerja bersifat free artinya gratis.

Baca juga : Facebook Marketplace : Cara jual beli online di komunitas lokal

2. Cara membuat lowongan kerja di Fans page facebook
Cara membuat lowongan kerja di Fans page facebook
Cara memasang iklan lowongan kerja lewat fans page secara langsung gratisbsetelah anda mendaftar fans page facebook. Langkahnya sama kaya diatas denga  mentap buat lowongan kerja.

Selain itu anda sebagai pembuat lowongan kerja dapat mensortir dan mengelola lowongan kerja terkait pelamar kerja kepada perusahaan atau industri anda seperti mencantumkan pelamar yang dihubungi, ditolak, wawancara dijadwalkan, dipekerjakan dan ditolak.

Cara mencari lowongan kerja di facebook :

Mencari lowongan kerja baru sangat mudah, melalui fb anda hanya tinggal klik ikon fan kalimat lowongan kerja di sebelah kiri jika di browser desktop melalui facebook app di menu atas sebelah kanan.
Lalu tinggal cari di pencarian sesuai pekerjaan yang anda cari serta bisa spesifik dengan mengklik lokasi, jenis pekerjaan dan industri.