Os Linux : Apa itu, Sejarah Perkembangan, Kelebihahan & Kekurangan

Linux merupakan operating system Komputer yang tidak sepopuler dan mempunyai komunitas tersendiri meskipun dalam realnya kalah saing dan mungkin sedikit yang mengenalnya daripada os windows, MAC yang merupakan os komputer populer.
Os Linux : Apa itu, Sejarah Perkembangan, Kelebihahan & Kekurangan
Os linux merupakan software open source  atau operating system terbuka dimana pengguna bisa menggunakan, menginstalnya dengan gratis dan bebas bahkan bisa memodifikasi linux jika memang user mengerti tentang os ini.

Sekilas sejarah perkembangan linux


Linuk secara khas dipaket dalam sebuah linux distribution (distro). Distro-distro didalamnya terdapat Linux kernel dan libraries.

Free software foundation dari linux menggunakan GNU/LINUX yang menekankan pentingnya dari Software GNU, sehingga kadang menyebabkan berbagai kontroversi tersendiri.

GNU bearti bahwa Source code bisa digunakan, memodifikasi dan didistribusikan srcara komersial maupun non komersiL oleh seseoramg dibawah term yang merespek licence seperti GNU (General Public License).

System operasi linux pada awal dibuat dari os UNIX, dimana operating system UNIX telah dikonsep dan diimplementasikan pada Tahun 1969.

Drilis pertama pada Tahun 1971 UNIX yang ditulis dengan bahasa assembly yang telah umum dipraktekkan pada waktu itu.
Tahun 1973 UNIX ditulis dengan bahasa program C oleh Dennis Ritches dengan pengecualian beberarapa hardware dan I/O routines. Dengan adanya bahasa tingkat tinggi, pembuatan UNIX dibuat porting ke platform komputer yang berbeda lebih mudah.

Dikarenakan berawal dari ketidakpercayaan akibat ketakutan itu dari memasuki bisnis komputer, AT&T diminta untuk melisensi source code operating system ke pada siapapun yang memintanya. Hasilnya Unix berkembsng dan diadopsi secara luas oleh institusi pendidikan dan bisnis.

Pada 1984 AT&T melepaskan diri dari Bell Labs, kebebasan dari obligasi legal membutuhkan lisensi gratis, maka Bell Labs mulai menjual Produk property Unix dimana pengguna tidak diizinkan secara tidak legal memodifikasi Unix.

GNU Project dimulai pada Tahun 1983 oleh Richard Stallman dan berhasil menciptakan kompabilitas System software secara komplit di susun menyeluruh dari free software.

Tahun 1987 MINIX yang diciptakan oleh Andrew S. Tanenbaun merilis minimal Unix-likes operating system yang menyasar pelajar dan orang yang menginginkan untuk mempelajari prinsif operating system. Sorce code minix terbatas sampai tahun tertentu waktu itu.

Maka Linus Torvalds mulai bekerja pada operating system kernelnya yang akan menjadi kernel linux. Demikian pula aplikasi GNU juga mengganti semua komponen MINIX juga termasuk licences yang memperkenankan distribusi secara komersial maupun non komersial asalkan dibawah lisense asli GNU GPL.

Maka dari sinilah berkembang operasi system linux melalui komunitas linux lokal maupun internasional.

Kelebihan System operasi Linux

1. Gratis dan tidak mengeluarkan budget untuk menginsal linux intaller di PC
2. Lebih cepat dibanding windows dan stabil
3. Support dual mode
4. Memiliki support komunitas lokal dan internasional juga
5. Hampir tidak pernah terserang Virus (kebal virus)
6. Terdapat banyak pilihan os linux seperti distro linux Ubuntu, fedora, debian, dsb.
7. Mudah menginstal driver lewat linux installer.

Kekurangan system operasi Linux
1. Tidak banyak user yang familiar dengan linux
2. Pengguna awal dan awam akan kesulitan mempelajari dan memahami linux terutama jika familiar dengan windows karena ada perintah yang harus menggunakan comand line.
3.

Belum ada Komentar untuk "Os Linux : Apa itu, Sejarah Perkembangan, Kelebihahan & Kekurangan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel