Cara cek alexa rank website untuk mengetes kepopuleran situs

Ada banyak situs yang menyediakan tools untuk menganalisa website kebanyakan website memang mengacu ke alexa, Situs popular untuk analisa website yaitu Alexa. Alexa merupakan sebuah perusahaan milik Amazon, inc.
Cara cek rank website
Pada 1996 awalnya alexa berdiri secara independen namun kemudian di ambil alih oleh Amazon pada tahunb1999, Alexa sendiri adalah sebuah tools marketing yang lengkap. Alexa toolbar telah banyak diinstal di browser yang menoleksi data di internet dan menyetor data dan menganalisa di website alexa, alexa memperkenankan data traffic web, global rank dan informasi lain di 30 juta website, 2018 alexa dikunjungi diatas 3 juta pengunjung per bulannya.

Dengan cek alexa rank inilah, banyak website menggunakan alexa rank untuk mengukur sejauh mana traffic rank di search engines, semakin rendah alexa rank maka semakin bagus dimata search engine dengan istilah alexa global rank yang dikalkulasikan berdasarkan kombinasi visitor perhari dan page views per 3 bulan. Global alexa rank juga sebagai tolak ukur atau mengukur popularitas sebuah website dan website lainnya.

Baca juga : Cara melihat trafik website kita dan orang lain atau situs kompetior

Situs Alexa rank didasarkan pada toolbar dimana terdapat kode tracking yang  toolbar tersebut diinstal pada browser google chrome, firefox, internet explorer, edge dan bukan hanya itu banyak yang menyisipkan kode script alexa di website sehingga alexa tahu traffics sebuah website berdasarkan kode tracking alexa.

Nah bagaimana cara cek alexa rank website :

global rang, engagement website, site links, related site
1. Cek alexa dengan versi gratis maupun premium
- Pergi ke Alexa
- Dibawah site overview ketik url site atau blog sobat
- Klik find
Alexa akan menganalisa website sobat berdasarkan site traffic statistics, kepupuleran situs secara global (Global rank), audience geography dimana sebuah web mendapat traffic, engagement website  seperti bounce rate, pageviews per hari, daily time on site, link ke situs, berapa banyak outbound link. Untuk alexa pro premium atau subscribe anda perlu membayar dengan fitur marketing stack seperti site audit, organic site keyword, paid keyword research, competitor keyword metrics, competitor backlink checker, keywird dificulty, onpage seo checker. Competitive analysys tools seperti site overviews, comparison, linkink in, keyword, top site dan certified alexa rank your site.

Baca Juga : Cara cek DA PA website atau blog

2. Cek alexa via toolbar
Atau sobat juga bisa menginstal toolbar alexa atau extention alexa di browser sobat.
Semakin ramping score alexa semakin bagus sebuah website. Maka untuk meramping alexa rank dengan meningkatkan kualitas konten di website. Silahkan dengan cek alexa rank.