Tips berkendara motor saat hujan yang aman dan terkendali

Musim hujan mulai tiba, apalagi jika anda ingin bepergian atau ada kepentingan dengan berkendara motor saat hujan. Banyak hal yang perlu diperhatikan jika anda bepergian dengan motor dan perlu kehati-hatian supaya saat di jalan sampai tiba ditempat tujuan dengan selamat dan aman. Kendaraan motor berbeda dengan kendaraan yang lainnya yang sifatnya terbuka tidak tertutup seperti mobil, motor lebih disukai karena lebih simpel, jika sobat mengendarai motor dengan kecepatan tinggi perlu hati-hati dan waspada saat memakai motor.
Tips berkendara motor saat hujan yang aman dan terkendali
Tips berkendara motor saat hujan supaya aman dan terkendali sampai ke tempat tujuan :

1. Berdoa sebelum berkendara
Berdoa kepada Tuhan yang Maha Esa penting agar selamat sampai tujuan dan supaya hati anda tenang saat berkendara motor.

2. Periksa keadaan kendaaraan bermotor
Memeriksa keadaan kendaraan sangat perlu apa lagi saat musim hujan, periksa seperti keadaan ban motor, lampu sen, rem motor, spion motor dan kelengkapan berkendara roda dua, selalu nyalakan lampu motor anda. 

3. Amankan dan utamakan diri serta keselamatan berkendara motor
Utamakan keselamatan diri anda terutama saat berkendara bermotor dengan memakai helm dengan kaca helm yang terang dan anti kabut juga kaca mata agar ketika anda membuka kaca helm air hujan tidak mengenai mata anda, gunakan jas hujan dan gunakan jas hujan , sepatu atau sandal yang tidak licin, kaus tangan agar tidak kedinginan, pakai jaket berkendara yang tebal agar tidak kedinginan di motor.

4. Kurangi kecepatan motor 
Mengurangi kecepatan motor saat hujan bisa mengurangi resiko kecelakaan, karena saat hujan biasanya jalanan sangat licin dan seringkali banyak jalanan berlubang harus waspada berkendara di musim hujan. Motor dengan kecepatan yang sedang anda bisa menghindari jalan berlubang dan bisa lebih berhati-hati ketimbang dengan kecepatan motor tinggi. Utamakan Cara berkendara motor yang sedang saja terutama saat hujan lebat jangan ugal-ugalan. 

5. Berhati-hati ketika ada genangan air
Hindari genangan air sebab genangan air dapat menyebabkan kendaraan motor menjadi mati sehingga akan menyukarkan anda. Turunkan kecepatan motor agar air tidak menyiprat pengendara lain. 

6. Hindari lokasi yang rawan banjir
Hindari lokasi yang rentan dan rawan banjir selain bisa mematikan mesin motor waktu andapun akan tersita sampai tujuan tempat tujuan. 

7. Hati hati ketika menemui simpangan jalan
Pandangan saat sudah tentu tidak jelas sehingga anda perlu hati-hati ketika menemui persimpangan jalan, utamakan kecepatan yang sedang agar sobat bisa lebih berhati-hati dan terkendali apalagi saat ada simpangan dan melewati belokan jalan raya.

Itulah tips berkendara motor saat musim hujan agar aman terkendali. 

Belum ada Komentar untuk "Tips berkendara motor saat hujan yang aman dan terkendali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel