Kelebihan dan kekurangan root hp di android yang perlu anda ketahui

Smartphone android yang berbasis open source sehingga user dengan handphone yang satu ini tidak lepas dengan yang namanya root bahkan ada komunitas android tertentu berusaha untuk meroot hp android. Root itu apa?, Root, memberikan kekuasaan penuh kepada user atas android, sehingga user bisa masuk ke system aplikasi, mengedit dan menghapus file system, kostumisasi android seperti ui, kernel, dsb. sehingga root android tidak diperkenankan oleh developer brand itu sendiri seperti samsung, sony, Nokia, Oppo, Xiaomi dan lainnya melarang meroot hp oleh user.
Kelebihan dan kekurangan root hp di android yang perlu anda ketahui

Kelebihan jika sobat root hp android sebagai berikut :


1. Root hp menyebabkan System corupt
Root hp andorid yang tidak sempurna akan menyebabkan system corupt sehingga bisa saja ada sesuatu yang tidak berjalan dikarenakan file system cacad.

2. Android menjadi bootloop
Seperti dikatakan diatas karena sebagian file system tidak bekerja dengan sempurna, root hp menyebabkan android bootloop sehingga sobat harus melakukan flash android. 

3. Mengedit dan modifikasi kernel
Dengan meroot hp android anda bisa mengedit dan memodifikasi kernel linux untuk mempercepat android sobat tentunya anda harus tahu bahasa pemograman linux untuk mengedit kernel.

4. Meningkatkan kinerja processer
Kinerja ponsel dapat tambah kinerjanya dengan memodifikasi sehingga dengan meeoot hp sobat bisa menambah kinerja processor android ke yang lebih tinggi tetapi tanggung resiko. 

5. Memodifikasi Ui android
Dengan root android juga anda bisa mengeditvdan memodifikasi UI tenru saja jika anda faham java, xml. Semisal andeoid samsung anda ingin menggunakan Ui yang dipakai android Nokia, Sony, LG, dsb.

Baca juga : Berikut plus minus android 9

6. Menambah Ram
Ram yang sedikit dan terbatas dengan meroot hp bisa kita modifikasi ram agar ram android menjadi lega sayangnya tidak akan meningkat secara drastis karena faktor tertentu juga. 

7. Menghapus aplikasi system 
Dengan root kita bisa mengakses file system dan system apps sehingga system aplikasi dan apps yang tidak berguna bisa kita hapus, menghapus file system dan system apps dapat menyebabkan android bootloop. 

8. Menghapus default apps
Menghapus aplikasi bawaan di android tidak bisa dilakukan jika hp tidak di root. Hp yang diroot dapat menghapus default apps tetapi hati-hati jangan salah menghapus bisa-bisa hp android rusak. 

9. Kustomisasi Rom android
Dengan root hp android sobat bisa mengkustomisasi Rom sobat misal Rom odex menjadi deodex, samsung android rom digantikan dengan Sony android Rom. 

10. Push File ke system
Dengan root sobat bisa push file ke file system dengan alat-alat seperti busybox, cwm dan file zip ke system untuk modifikasi hp android sobat.

11. Backup data
Dengan root android sobat bisa backup data sobat seperti file aystem dan system aplikasi maupun aplikasi android yang diinstal termasuk cache dan data aplikasi. 

Kekurangan root android di smartphone diantaranya :


1. Garansi developer hangus
Meroot hp android akan menyebabkan garansi resmi handphone hangus dikarenakan user telah mengutak-atik software android official yang notabene buatan asli brand tersebut dan service center dari brand tersebuf akan menolak karena kerusakan device disebabkan oleh user.

2. Handphone menjadi bootlop
Dengan rusaknya file system maka jika sewaktu ho android anda restart, android sobat tidak akan booting, merugikan sekali ada yang bisa ditangani dan ada yang tidak bisa menyala kembali jika kerusakan hp android fatal sekali sehingga gagal booting.

Baca juga : Hp android yang bagus untuk vlogger dan blogger

3. Handphone stuck di Logo
Jika android di root kemungkinan rusaknya file system dan system file di android sehingga android stuck di logo karena tidak sesuainya file rooting sehingga menjadi stuck di logo.

4. Rawan terserang virus, malware dan trojan
Dikarekan system terbuka karena akses root maka kerentanan ponsel teekena virus, teojan dan malware semakin rentan akibatnya pencurian data ponsel juga akan rentan pula. 

5. Corupt file system dan system file
Rooting yang tidak sempurna menyebabkan coruptnya file baik system maupun aystem apps karena usee memaksa masuk ke dalam system android. 

6. Tidak bisa update sofware via ota
Meroot hp dapat menyebabkan tidak bisa update otomatis maupun update software via OTA (Over The Air) maka fikirkan lembali untuk root android. 

7. Smartphone cepat panas
Tidak sempurnanya atau ridak cocoknya file yang disematkan untuk meroot hp android dapat menyebabkan panas berlebih di hp mungkin karena corupt atau yang lainnya. 

8. Aplikasi tidak berjalan sempurna
Hilangnya dan tidak sesuainya root apalagi jika sobat mencoba-coba root hp bisa-bisa aplikasi tidak berjalan sempurna bisa aplikasi close dengan sendirinya, dll. 

9. Kerusakan hardware dan software
Hal yang fatal sekali adalah kerusakan pada sotware dan hardware android jika di root apalagi jika root failure. 

10. Mengancam keamanan ponsel
Meroot hp berarti merusak keamanan ponsel itu sendiri karena user memaksa memasukan file root ke system sehingga keaman ponselpun lebih rentan terhadap virus, malware dan trojan.

Cara meroot hp tanpa PC

Untuk melakukan rooting android tanpa PC bisa dilakukan dengan aplikasi root baik uang yersedia di google play maupun di Market app for android :

1. Framaroot
2. iroot
3. Vroot
4. Nexus root
5. Towel root
5. Z4root
6. KingRoot

Instal salah satu aplikasi root diatas lalu jalankan untuk meroot hp android sobat. 

Yang perlu dilakukan jika terjadi hal yang tidak dinginkan setelah root ponsel seperti gagal booting atau android stuck di logo android adalah dengan flashing ulang dengan official software android bahkan jika sangat sulit bisa dilakukan dengan JTAG box.

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan dan kekurangan root hp di android yang perlu anda ketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel