Cara melihat source code di android dan PC dengan mudah

Setiap website dan blog tersusun atas source code atau sumber kode yang merupakan kumpulan deklarasi bahasa pemograman komputer yang ditulis dan dapat dibaca manusia. Source code web tersusun atas kode html, css5, java script, jquery atau bahkan php yang digunakan di wordpress. View source code digunakan untuk memperbaiki bug sebuah website dimana letak kesalahan saat kita menyusun kode sebuah blog atau website disamping kita inspect element website kita di PC atau laptop.
Cara melihat source code di android dan PC dengan mudah
Apa itu source code? 
Source code merupakan kumpulan kode baik itu berupa source code php, html, css, js didalam sebuah template website atau aplikasi.

cara melihat sorce code website apakah yang ia gunakan wordpress ataupun blogger :


- Melihat source code di android

1. Melihat source code website di chrome browser for android, mozilla firefox, microsoft edge, samsung browser

- ketik di address bar source:url_alamat_website target misal view-source:https://omevan.blogspot.com akan terlihat source kode html, css dan js.

2. Menggunakan opera browser for android
Di website yang telah sobat baca lalu ketikkan di adress bar server:source lalu tap go

3. Menggunakan aplikasi android
Anda bisa menampilkan kode sumber website dengan web tools di android dengan menekan menu lalu tap source viewer dan ketik alamat url website nanti akan tampil source code.
Disamping itu anda bisa menggunakan aplikasi View html source code, icode-go, quoda dan masih banyak aplikasi yang lainnya yang dapat melihat source code di android selain itu anda dapat melakukan pencarian source code viewer untuk aplikasi lainnya di google play store.

- Melihat source code di komputer atau PC

1. Melihat code sumber website di pc dengan menggunakan chrome, mozilla firefox, internet explorer dan microsoft explorer
Yaitu dengan perintah yang sama dengan mengklik kanan pada mouse di halaman website dan klik view page source atau view source (lihat kode sumber laman). Jangan klik kanan pada saat mouse pada gambar atau tautan link karena perintah view page source tidak akan muncul tetapi letakkan pada area halaman website.
Anda bisa dengan menekan Option + Comand + U secara bersamaan di MAC untuk windows CTRL + U.

2. Melihat source code di browser safari

Di browser safari klik ikon kompas, klik safari lalu preferences, klik advanced klik develop menu in menu bar. Secara otomatis develop akan tampil di browser safari pada komputer mac.
Buka website lalu klik develop lalu show page source atau dengan perintah Comand + U maka akan terlihat source code website maka anda tinggal copy paste atau sekedar melihatnya.