9 Tips berkendara mobil saat hujan agar selamat sampai tujuan

Mengendari kendaraan terutama mobil saat musim hujan berbeda saat jalan kering, berkendara mobil saat hujan menyebabkan jalanan yang basah sehingga anda harus berhati-hati menggunakan kendaraan sebab jalan menjadi licin serta membutuhkan konsentrasi yang baik di jalan raya berkendara yang baik sangat dianjurkan agar selamat sampai tujuan dengab berkendara aman padad musim hujan.
9 Tips berkendara mobil saat hujan agar selamat sampai tujuan
Berikut tips berkendara mobil saat hujan :

1. Periksa kendaraan sebelum bepergian

Memeriksa mobil saat sebelum melakukan perjalanan diperlukan agar tidak terjadi sesuatu yang diinginkan, seperti periksa oli apakah ada kebocoran atau tidak, periksa juga rem apakah masih berfungsi dengan baik berikut kopling apakah masih bekerja dengan baik, periksa juga ban mobil, jika ban mobil gundul maka gantilah dengan ban mobil baru. 

2. Tetap tenang dan nyaman dalam berkendara

Baca Juga : Tips mengendarai kendaraan roda dua saat hujan

Kondisi yang baik saat menyetir mobil dapat menimbulkan rasa tenang dan nyaman jangan timbulkan rasa ketergesa-saan sebab dapat menimbulkan sesuatu yang tidak diinginkan, jiwa yang tenang dalam berkendara diperlukan agar selamat sampai ditujuan.

3. Nyalakan lampu utama saat Hujan

Menyalakan lampu mobil saat hujan sangat penting apalagi jika terjadi hujan deras yang menyebabkan sekitaran jalanan sedikit gelap sehingga lampu dapat membantu untuk menerangi jalan raya dan mobil disekitar anda, disamping untuk keselamatan berkendara sobat.

4. Kurangi kecepatan saat berkendara

Berkendara yang baik dengan mengurangi kecepatan mobil saat berkendara dapat mengurangi resiko kecelakaan saat berkendara, bukan pengendara yang baik jika kita mengendarai mobil dengan kecepatan yang tinggi.

5. Jaga jarak kendaraan

Dengan menjaga jarak kendaraan anda dengan mobil di depan sangat baik sehingga jika ada hal yang tidak diinginkan seperti mobil di depan mengerem mendadak sobat bisa mengantisipasinya. 

7. Kendalikan Rem, Gas dan stir mobil

Mengendalikan Rem, Gas dan stir mobil saat hujan sangat penting apalagi saat hujan karena jalanan licin kadang semua menjadi tak terkendali. 

8. Hati-hati genangan air dan jalan berlubang

Waspada jalan genangan air saat mengemudi kendaraan sebab bisa saja jalan tersebut berlubang sehingga menyebabkan kendaraan anda terperosok ke lubang jalan menyebabkan selipnya ban. 

9. Jalankan wiper

Wiper wajib saat hujan meskipun hujan tidak lebat, sehingga pandangan sobat tetap nyaman saat berkendara mobil kendatipun saat hujan deras sekalipun.

Itulah 9 tips aman berkendara mobil saat hujan. 

Belum ada Komentar untuk "9 Tips berkendara mobil saat hujan agar selamat sampai tujuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel