11 Cara mendapatkan backlink berkualitas secara gratis dan aman untuk website

Backlink diyakini masih memberikan point dan pengaruh tersendiri buat website dan blog apalagi jika sebuah blog atau website diberikan backlink berkualitas dari sebuah website dan blog yang mempunyai pa dan da yang tinggi sehingga mampu mendongkrak SERP (search engine result page) dan page rank di search engine terpopuler seperti google, yahoo dan bing serta yandex sehingga perlu memaksimalkan link building didalam website kita maupun link building dari luar ke dalam blog kita untuk memperkuat jaringan website kita serta membesarkan website brand kita dengan optimasi seo off page.

Apa itu backlink ? 
Backlink adalah link diluar situs yang mengarah kepada website anda, menanam backlik bisa berupa profile link atau link url yang mengarah ke pada situs anda.

Blacklink gratis berkualitas sangat mudah kita dapatkan dengan membangun backlink profile atau link yang menuju website atau link page url yang menuju site kita.
11 Cara mendapatkan backlink berkualitas secara gratis dan aman untuk website
Kita dapat memperoleh baclink gratis maupun backlink premium gratis melalui high authority website dengan rangking domain high authority maupun high page rank untuk mengarahkan link kepada situs kita.

Cara membuat backlink berkualitas gratis bisa kita tempatkan ke dalam 2 macam di dalam high authority site :

- Memberian backlink ke domain kita
- Memberian backlink melalui page url di tempat strategis seperti jejaring sosial atau medsos atau komen sekedar komen ke blog post lain dengan menyertakan page url atau halaman blog index kita, backlink  merupakan tekhnik seo off page website baik itu sosial signal maupun yang lainnya. 
Memang tidak instan tetapi hasilnya akan terasa di suatu saat nanti, tidak ada yang instan kecuali mie instan hehe.

Contoh penanaman backlink dengan membuat artikel yang terkait dengan title post page kita kemudian taruh link halaman urls situs kita misal <a href='urlsitusanda' title='titlepageanda' rel='dofollow'>judul post website</a> atau bisa dengan naked url. Dalam mencari backlik utamakan yang memberikan dofollow. 

Cara mendapatkan backlink berkualitas secara gratis dan aman untuk website

Baklink berkualitas gratis dapat di bangun dengan menempatkan url di situs sebagai berikut :

1. Blogwalking
Blogwalking adalah sarana yang efektif untuk mendapatkan backlink dengan satu sarat link yang kita taruh dengan metode dofollow sehingga googlebot atau robot mengikuti link yang kita taruh di website. Tapi sangat sulit mencarinya karena rata-rata setiap link yang kita taruh di blog orang lain dengan metode do follow, usahakan menaruh link page sesuai dengan niche website kita.

2. Content placement
Content placement adalah menaruh sebuah content atau link website sobat di blog dengan page dan domain authority tinggi dan berkualitas sebingga mampu meningkatkan da pa blog kita untuk menaikkan page rank di SERP, intinya bahwwa website yang mempunyai domain dan page authority memberikan backlink kepada blog kita sehingga blog ikut terdongkrak.
Kita bisa membeli backlink kepada jasa content placement denga membayar sejumlah fee dalam periode tertentu dan kita harus melihat dan cek da pa website tersebut. Biasanya jasa content placement ini menggunakan tekhnik rel='follow'.

3. Guest Posting
Anda bisa melakukan guest posting di suatu blog yang mempunyai fitur guest post dan meminta untuk menerbitka artikel di blog orang lain baik tentang artikel anda dan sebuah link menuju ke blog anda. Utamakan blog yang mempunyai score authority yang bagus dengan DA PA high score untuk meningkatkan brand awareness. Minta kepada jasa guest posting untuk do follow link sobat. 

4. Google Plus
Menanam baklink di google plus sangat mudah hanya dengan mernyertakan link di about google plus kita atau bahkan otomatis saat anda membuat blogger. Tapi sayangnya google sendiri akan menutup g+ ini di tahun 2019 ini, manfaatkan google plus sebelum di tutup. Ntah akan diganti oleh apa lagi pengganti g+ ini. 

5. Facebook
Kita bisa memanfaatkan facebook untuk mendapatkan sinyal backlink dan pengguna jejaring sosial inipun cukup banyak anda bisa menaruh di profile atau membuat fans page disamping untuk mendapat traffic di facebook. 
6. Quora
Ditahun 2018 quora telah membuka layanan berbahasa indonesia maka untuk blog kita berbahasa indonesia bisa menaruh sinyal backlink disana dengan menwmpatkan link atau page url sesuai dengan pertanyaan yang di utarakan pengguna quora yaitu dengan cara menaruh komentar dan link kita sertakan.
Untuk blog bule tinggal ganti dengan bahasa inggris dan masukkan page url juga. 
Untuk membuat akun quora anda bisa mendaftar dengan mengaitkan google plus, facebook akun dan alamat email untuk menjadi pengguna Quora

7. Twitter
Jejaring sosial twitter pun bisa dimanfaatkan dengan menyertakan dan share ke twitter postingan kita ataupun halaman index di tentang kita. Tapi ingat privacy harus di ubah ke publik supaya terlihat dan tercover search engines. 

8. Pinterest
Pinterest kita bisa manfaatkan pula sebagai sinyal backlink baik untuk website bule maupun indonesia, kita bisa menyertakan website di profile dan share konten ke pinterest tapi riset keyword di pencarian pinterest untuk kategori sharing konten.

Baca juga : Cara menghapus backlink spam dan tidak berkualitas di blog site

9. Reddit
Anda bisa membuat backlink dengan cara share artikel di reddit sesuai niche sobat terkait blog dengan bahasa inggris sebagai backlink, kendala saya coba buat akun reddit tetapi susah ntah belum mendukung negara indonesia.

10. LinkdIn
Anda bisa juga dengan membuat aku linkdin dan anda taruh backlink di profile atau sekedar share artikel disana.

11. Google maps
Kita bisa menaruh alamat bisnis sekaligus alamat url blog kita disana, karena merupakan produk google otomatiskan akan follow yang kita taruh url sebagai backlink di google maps.

11. Google Drive
Kita bisa membangun backlink google drive untuk PR 8, bisa dengan membuat upload html page atau dengan mengupload pdf file dan memberikan backlink ke blog kita. Tetapi ada yang mengatakan sudah tidak bisa digunakan tetapi kita bisa mencobanya apa masih berlaku atau tidak.

Baca juga : Cara menanam backlink unuk optimasi website anda

12. High authority site lainnya
Mendapat backlink dari authority website besar sangat menguntungkan blog kita dalam mendongkrak supaya di page rank dan di halaman satu google terutama site web2 seperti medium, wordpres, joomla, blogger untuk membangun link building atau backlink. Saat memposting sebuah atau beberapa artikel di web2 kita sertakan link yang mengarah ke website atau blog kita.
Disamping itu sobat bisa mencari backlink dari blog atau website .edu singkatan dari education yang notabene domain yang dipergunakan sekitaran dunia pendidikan setarap universitas yang sudah eksis dan diakui internasional. Selain blog .edu juga blog .gov singkatan dari government, domain yang dipakai oleh pemerintah suatu negara. Blog domain berakhiran .gov dan .edu mempunyai reputasi yang baik juga punya nilai blog high authority di mata search engine, anda bisa sekedar komenter agar mengarah ke blog sobat asalkan relevan dengan blog sobat. Dan .gov dan .edu merupakan backlink gratis juga backlink premium gratis yang banyak di cari orang kita dapat dengan mudah dan perlu mencari backlink tersebut.

Demikian cara mendapatkan baclink berkualitas gratis untuk website.