Cara riset keyword paling jitu untuk optimasi blog site

Membuat blog memang susah-susah gampang, disatu sisi kita harus menggait trafic namun tidak semudah itu, kita mesti usaha, hehe. Kata kunci dalam seo mempunyai peranan penting salah satu cara untuk mendatangkan trafic dan pengunjung adalah dengan cara riset keyword (riset kata kunci) paling jitu yang sering orang lakukan untuk research keyword.
Cara riset keyword paling jitu untuk optimasi blog site

Pengertian Riset kata kunci?
Riset keyword, research keywords atau riset kata kunci sama aja. Apa yang dimaksud dengan riset kata kunci, dimana kita menganalisa setiap kata atau beberapa kata kunci utama, dimana keyword itu akan kita taruh dijudul atau di content blog kita, tujuannya adalah disatu sisi untuk pengoptimalisasian seo on page disisi lain supaya yang kita tulis mudah dicari orang di search engines untuk menggait visitor sehingga kita mendapatkan pengunjung dan trafics membludak ribuan ke blog kita disamping itu untuk mencari HPK dan CPC tertinggi yang kita targetkan untuk adsense.

Macam-macam keyword menurut banyaknya kata, kita bisa klasifikasi jenis keywords menjadi beberapa macam :

- Short keywords dimana kata kunci tersebut terdiri dari satu kata dua kata, keyword ini sangat sulit untu terutama jika blog anda masih awal bangun blog, sebagai contoh : samsung android, Android P, Samsung Galaxy, dsb.
Tidak disarankan untuk blog baru menggunakan short keyword, dimaana kata kunci ini sangat sulit untuk menduduki page one.

- Long tail keyword berisi 3 kata, 4 kata atau lebih, dimana long tail keyword ini berpotensi besar topik yang anda tulis di posisi 1 halaman google. Contoh : Harga samsung galaxy, Spesifikasi samsung galaxy, Apple Iphone terbaru, Smartphones support os terbaru, dsb.
Longtail keyword juga disebut keyword turunan dari keyword utama yang kita tembak, keyword turunan ini sangat banyak sekali.
Untuk blog anda yang masih baru disarankn menggunakan longtail keyword ini, supaya beberapa postingan yang anda buat setidaknya muncul di first page di beranda google.

- Keyword abadi, kata kunci yang anda tulis selamanya tidak akan usang oleh waktu dan ditelan zaman seperti misalkan cara menghilangkan sakit kepala, Cara mengatasi Maag, cara riset keyword ampuh, dsb.

- Keyword Musiman, berlaku saat musim tertentu misalkan Tips mudik dihari raya idul fitri, Perbedaan Hari raya idul fitri dan hari raya idul adha, dsb.

- Keyword masa berlaku tertentu, berlaku untuk sekali masa sesudah itu mungkin terpendam di timpa yang lain atau artikel kita usang di makan waktu solusinya dengan mengupdate atau menghidupkan link mati digoogle dengan mengedit artikel bisa diblog kita bisa dikatakan trik white seo.

Selain kita mengenal jenis keyword, kitapun harus mengetahui tool riset keywords untuk mengetahui Volume pencarian sebulan, persaingan blog di halaman page one, dsb.

Tujuan riset keywords :
1. Supaya blog tidak sepi pengunjung
2. Supaya penulisan artikel tepat sasaran sesuai judul yang dikasifikasikan google lewat database keyword pencarian
3. Mendapat penghasilan dengan CPC tertinggi
4. Untuk optimasi seo

Baca juga : Cara memilih dan menentukan niche blog yang bagus dan tepat

Berikut cara riset keyword gratis dan premium paling jitu yang mesti sobat coba :

Riset kata kunci penelusuran google
1. Pencarian google web
Sobat bisa mencari keyword dengan 1,2,3 keyword ataupun dengan longtail keyword diatas 4 kata di pencarian google web dengan mengetikan keyword untuk hasil volume pencarian yang anda cari, untuk hasil di android gunakan desktop mode akan terlihat hasil volume pencarian yang banyak dicari orang dan hasil penelusuran google. 

2. Uber Suggest Tools
Riset kata kunci dengan ubbersuggest
Ubersuggest adalah riset keyword gratis anda bisa coba dimana kita bisa melihat keyword atau kata kunci yang disarankan, disana tertera CPC  dan bisa ditarget negarakan misalnya anda buat konten bahasa inggris utuk target tujuan United states anda bisa set.
Kita bisa lihat volume pencarian perbulan, search difficulty (Tingkat Pencarian) dan Paid difficult, keyword overview untuk blog atau site yang muncul di halaman pertama google. Kita bisa dengn mudah melihat di komputer ataupun lewat hp android untuk uber suggest ini.

Caranya Go to Uber Suggest Tools
- Ketik dikolom pencarian kata kunci yang anda cara
- Pilih target negara untuk keyword pencarian sobat lalu ketik Go
- View all keyword ideas lalu select all
- Lalu export to CSV untuk didownload hasil pencarian keywords tadi lalu buka dengan Microsoft exel di Komputer atau dengan aplikasi android office semisal WPS Office Atau bisa copy to clipboard mana yang anda mudah.
Untuk search difficulty saya sarankan 1-33 dengan warna hijau muda, untuk paid difficult pun sama.

Disamping itu andapun bisa melihat web pesaing sobat yang muncul diperingkat halaman 1 google.

Andapun bisa melihat view search analysis untuk melihat pencarian di serp google.

Baca juga : Daftar high paying keywords dan CPC Google adsense terupdate

3. Google ads atau sebelumnya Google keyword planner Tools
Riset kata kunci dengan keyword planner tools
Selain uber suggest kita bisa menggunakan Google ads ini, cuman untuk melihat CPC masing masing keywords sobat harus membayarnya perbulan, kita hanya bisa intip harga bid saja. Keyword planner tools atau Google ads ini biasany dipakai oleh pemasang iklan (advertiser) kita hanya bisa lihat volume pencarian dan minim bids dan maximum bids untuk advertiser.
Gimana caranya :
- Silahkan pergi ke Ads google keyword planner dan masuk dengan google akun sobat

- Tulis kata kunci utama atau 2, 3 kata kunci atau lebih di find new keywords atau di get volume and forecast maka akan muncul kata yang mungkin sobat cari, baik untuk short keyword atau longtail keywords.
Get volume and forecast untuk melihat jumlah pencarian dan menganalisa keyword pd waktu tertentu di keyword tool.
- Disana sobat bisa set target negara menjadi united states jika blog sobat berbahasa inggris dan set indonesia untuk blog indonesia.
- Set Bahasa di pencarian sesuai target negara sobat.
- Sobat bisa download keyword dengan file csv, bisa di buka dengan menggunakan microsoft office excel baik dipc atau laptop ataupun hp android bisa sobat.
- keyword by relevance, avg. Monthly searches, Competitions dan bid price.
Competition disini bukan untuk kompetisi keywords di search engine melainkan kompetisi persaingan rendah dan kompetisi tinggi untuk pembuat iklan (Pengiklan) di Google adwords.

Baca juga : Cara meningkatkan CPC Google adsense di blog

4. Research keyword dengan Semrush
Research keyword dengan semrush guru
nda bisa masuk ke www.semrush.com masukkan kata kunci misal asuransi lalu klik search setelah itu sign up atau signin jika sudah punya akun dengan alamat email untuk mendapatkan keyword yang anda cari. Lalu muncul keyword overview dengan kata kunci asuransi, sobat bisa mentargetkan dengan negara yang di tuju seperti US atau indonesia. anda bisa melihat phrase match keyword (kata kunci yang tepat), related keywords, ads history, search paid begitu pula dengan hasil pencarian organic dengan keywords yang anda tembak. Juga disana anda bisa meliht CPC untuk keyword yang anda tembak.
Pencarian keyword di semrush perhari maximal 10 kali untuk selebihnya anda mesti membayar Semrush pro untuk mengupgrade subscription.
Untuk versi gratis perhari bisa menggunakan 10 kali memakai research semrush, semrush guru subcription mesti berbayar jika anda punya modal mulailah dengan semrush.

5. Keywordtool io
Riset kata kunci keywordtool io
Selain research keyword tool diatas kita bisa juga riset kata kunci dengan keywordtool io dan untuk mengetahu hpk tertinggi atau cpc anda harus menggunakan pro yang berbayar.
Caranya :
- Go to keywordtool io gratis
- Masukkan kata kunci yang sobat tembak
- Jangan lupa set target negara tujuan misal US
- Klik search
- Copy paste atau export to csv lalu buka dengan microsoft office excel di android atau pc cobat
- Lalu pilih keyword dengan hpk atau cpc tertinggi.
Alternatif anda bisa gunakan jug keyword everwhere.

Pengaturan Keyword untuk seo dalam blog yang baik :
1. Pilih keyword dengan volume pencarian sedikit dan banyak
2. Tambahkan keyword ke judul, deskripsi blog
3. Tambahkan keyword didalam artikel yang sobat tulis diblog, diparagraf ke satu, tengah atau akhir
4. Tambah alt image yang mengandung keyword
5. Bumbui konten kita dengan penelusuran yang terkait di pojok bawah penelusuran google web.

Belum ada Komentar untuk "Cara riset keyword paling jitu untuk optimasi blog site"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel