Cara mudah menonaktifkan aplikasi bawaan android tanpa root

Terlalu banyak aplikasi android ada kalanya membuat lemot dan berat dan bahkan terlalu membebani smartphones apa lagi aplikasi android yang tidak diperlukan oleh kwita apalagi jika ram android anda pas-pasan.
Untuk sekedar melegakan ram dan mengosongkan memory cukup berguna walaupun sedikit, setidaknya aplikasi bloatware google dan bawaan brand smartphone tertentu kita nonaktifkan atau bahasa gaulnya dengan disable apps. Hati-hati jangan sampai mendisable android system apps bisa-bisa smartphones android anda stuck di logo, android hang, system file corupt dan menyebabkan smartphone harus di flash ulang ke konter atau service center kan jadi tambah ribet, do your own risk. 
Cara menonaktifkan aplikasi bawaan android tanpa root
Manfaat disable bloatware apps atau aplikasi default bawaan yang tidak terpakai  dan tidak penting baik aplikasi bloatware samsung apps, google apps dan aplikasi default developer yang menyatu dengan system yang sukar di uninstal oleh user kecuali android anda di root, diantaranya:
1. Melegakan ram meskipun tidak terlalu banyak
2. Menonaktifkan bloatware google apps dapat menambah internal memory meskipun tidak banyak
3. Meringankan system android untuk bekerja lebih leluasa di limited ram apalagi jika bloatware tersebut sering running di background disable apps ini sangat efektif
4. Menambah internal memory smartphones apalagi berikut kita uninstal update apps.

Baca juga : Cara mengaktifkan do not disturb di android

Nah gimana cara menonaktifkan aplikasi bawaan samsung a6, j1 dan samsung galaxy lainya, xiaomi, oppo, sony, dan lainnya yang tidak terpakai di handphone android.

1. Tanpa aplikasi pihak ke 3 (thirdy-party)

- Pergi ke setting atau cara simpel swype tepi layar ke bawah lalu klik icon gear
Pilih apps
- Pilih Apps
- Pilih aplikasi bloatware atau app default di handphone yang akan di nonaktifkan dengan mengklik misal chrome, google play music atau google play movie and tv atau samsung internet misalkan yang sering tidak digunakan
Mendisable apps bloatware
- Lalu klik disable atau nonaktifkan
- Jika ada notifikasi unintal update, klik uninstal secara otomatis aplikasi bloatware dan bawaan akan didisable atau dinonaktifkan.

Untuk mengaktifkan aplikasi yang tidak terpakai (disable apps)
1. Ikuti langkah diatas
2. Dan lakukan sebaliknya di akhir lalu klik enable aplikasi, aplikasi android yang dienablekan akan muncul kembali di smarthpone android.

Baca juga : Cara menyembunyikan aplikasi di android

2. Memakai aplikasi thirdy-party

Disable apps dengan ccleaner
- Instal app CCleaner
- Open menu CCleaner
- Klik app manager
- pilih atau geser ke system
- Pilih aplikasi system yang akan di nonaktifkan
- pilih app info
- Klik disable apps atau nonaktifkan.
Saya coba ccleaner di android 8 samsung galaxy.

Aplikasi google yang tidak penting juga akan menghilang dari menu begitu juga aplikasi bawaan samsung.