Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML Atas

Cara mempercepat loading blog di pagespeed insights baru untuk meningkatkan seo score

Pagespeed insight merupakan tools dari google untuk mengukur sejauh mana kecepatan loading website yang di load melalui chrome web browser.

Seperti kita ketahui bahwa kecepatan halaman apakah berupa halaman homepage atau index dan juga post page harus sesuai dengan pagespeed insight.

Mengukur performa dan kecepatan website blog bagi pemilik web blog sangat diharuskan karena akan berpengaruh bagaimana lading situs saat dibuka di smartphone maupun komputer.

Kecepatan loading sebuah website menjadi masala yang crusial dan mendasar bagi pemilik situs dan ini meruoakan suatu yang penting untuk ditingkatka dan menjadi prioritas.

Cara meningkatkan score pagespeed insight dan mempercepat loading blog di pagespeed insight


- Menggunakan Lazy Load

Lazy load sangat berpengaruh untuk performa dan peningkatan load halaman website anda bisa menggunakan lazyload baik untuk image mupun iklan adsense.

- Compresss dan meminimalkan ukuran image

Mengompress image sangat diperlukan untuk mempercepat pemuatan gambar atau picture di situs anda juga jangan mengurangi kualitas gambar itu sendiri seridaknya jangan terlau blur atau buram.

Banyak situs compress image yang menyediakan untuk mengompress image seperti tiny png dan juga banyak aplikasi compress image di android atau ios app market.

- Convert image ke teknologi terbaru
Sekarang

Mengkonversi image ke teknologi terbaru semisal webP sangat bagus untuk diserve dicache karena sangat ringan. Selajn itu webP juga support di display di web browser semisal chrome, mozila firefox, edge dan opera web browser.

- Menghindari pengalihan halaman landing

Untuk mengatasi pengalihan halaman landing agar situs antara berbagai perangkat dapat dengan mudah diakses maka disarankan memakai template responsive untuk mobile, tablet dan komputer.

- Mengaktifkan kompresi content (resources) 

Mengkompresi konten dapat menghemat loading pemuatan konten saat didownload perangkat m, anda bisa menggunakan gzip agar singkat dimuat diberbagai perangkat.

- Meningkatkan waktu respon server

Google menyarankan untuk mengurangi respon server di bawah 200ms. Diantaranya dengan memantau dan menganalisa sejauh mana hambatan waktu sekarang termasuk masa yang akan datang.

Dimana bagi yang menggunakan apache bisa menggunakan mode deflate, Nginx dengan mode ngx_http_gzip_module serta IIS menggunakan konfigurasi kompresi HTTP.

- Menyimpan cache di browser

Menyimpan dan meningkatkan Cache dapat mempunyai pengaruh besar untuk mengurangi load resources pada sebuah website yang di disimpan pada header sebuah situs dengan menggunakan cache control dan E-Tag dan akan mengurangi biaya terutama bagi yang mengunjungi situs.

- Minify resorces di situs

Resources yang besar terutama yang tidak digunakan dan memendekkannya di template situs seperti html, js dan css karena jika tidak maka dapat menghambat dan memperlama display di perangkat. Maka pemilik situs harus meminify resources terkait kode script tersebut.

Anda bisa memanfaatkan situs minify css, java script dan html agar lebih simple.

- Optimasi pengiriman css

Notifikasi tersebut akan berdampak pada pagespeed insight untuk memblok pemblokiran css rendering yang besar juga penggunaan dengan inline css yang jumlahnya kecil.

Kemudian yang harus dilakukan juga hindari menggunakan atribut css pada html menjadi inline.

Pembuatan uri data pada css inline dapat memperlambat load blog menjadi lambat sehingga akan mengakibatkan css paruh atas menjadi besar.

- Meremove perenderan java script

Menghapus perenderan java script di paruh atas sudah tentu akan meningkatkan performa website anda begitu juga load situs menjadi cepat.

Untuk meremove perenderan java script dan css bundle di blogspot blogger silahkan ubah

Menghilangkan java script bundle

<head> menjadi &lt;head&gt
</head> menjadi &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt;

Lalu bagian </body> silahkan rubah &lt;!--</body>--&gt; & lt;/body&gt;

Menghilangkan blokir rendering ccs bundle

Untuk menghapus pemblokiran css bundle lakukan juga hapus <b:skin><![CDATA[ menjadi &lt;style type=&quot;text/css&quot;&gt;&lt!-- /*<b:skin><! [CDATA[ penutup tag </b:skin> dibiarkan saja.

Cara mengetahui performa situs di pagespeed insight

Silahkan cari pagespeed insight lalu silahkan ketikan url domain atau halaman website anda dan tap analize atau analysis.

Ulangi beberapa kali untuk melihat skor website anda.
Cara mempercepat loading blog di pagespeed insights baru untuk meningkatkan seo score
Manfaat mempercepat loading blog di pagespeed dan GTM METRIX :
1. Agar cepat dibuka di web browser dalam hitungan kurang dari sedetik baik untuk mobile atau desktop
2. Mencegah visitor tidak mentup atau keluar dari blog kita karena halaman kita ringan apalagi mobile friendly dan resvonsive. Kalau loading blog lama bisa-bisa visitor tidak akan membaca artikel kita. 
3. Mempercepat index halaman blog
4. Melewati kompetitor pesaing blog kita disearch engine apalagi jika konten kita berkualitas utamakan konten is king disamping blog kita responsive dan template ringan. Tapi tidak menjamin jika konten kita asal-asalan apalagi copy paste artikel orang lain
5. Agar mudah di chache google sebab tampilan yang ringkas dibawah 250kb semula halaman blog kita tercover atau dichace di search engine maximal kurang dari 1mb
6. Loading blog sangat berpengaruh dalam seo

Bagaimana cara mengetahui score google pagespeed inshigts tools:
- Go to Google developer pagespeed test
- Ketik website homepage url ataupun post page website url
- Klik analyze dan lihat score website anda dan perbaiki untuk nilai yang lebih tinggi. Mempercepat page speed blog agar template kita lebih seo di mata search engine disamping itu baik untuk meningkatkan seo score.

Demikian cara mempercepat dan meningkatkan skor page speed insigt dari omevan. Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar untuk "Cara mempercepat loading blog di pagespeed insights baru untuk meningkatkan seo score"