Pilihlah pemimpin yang baik untuk kepala negara kita

Gunakan hak pilih anda dengan baik sebagai pemilih di Pemilu atau pemilukada nanti. Negara yang baik adalah negara yang dipimpin oleh kepala negara yang baik, Tidak akan ada negara jika tidak ada kepempinan, apalagi nendekati Pemilu, kenali bakal calon pemimpin.
"setiap orang adalah pemimpin bagi dirinya sendiri dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban dihadapan Allah Swt."
Pilihlah pemimpin yang baik untuk kepala negara kita

Arti Kepemimpinan atau leadership yaitu Kemampuan untuk mempengaruhi dalam diri seseorang untuk mempengaruhi orang dalam bekerja untuk mencapai target yang telah direncanakannya.
Sedangkan pemimpin adalah orang yang diberi wewenang atau kepercayaan dalam ruang lingkup organisasi, perusahaan, negara.

Berikut cara menjadi pemimpin yang baik harus anda pilih sebagai pemimpin untuk kepala daerah, wakil rakyat atau kepala negara (Presiden) menurut omevan?

1. Seorang Muslim
Menjadi keharusan bagi kita yang mayoritas umat muslim untuk menjadikan seorang pemimpin organisasi, daerah atau kepala negara seorang muslim, seorang muslim yang taat kepada Tuhan yang Maha Esa.
Mutlak tidak bisa ditawar.

2. Laki-laki
Seorang pemimpin suatu keharusan dan kemutlakan adalah seorang laki-laki bukan berarti wanita tidak boleh meskipun sekarang ada kesetaraan gender. Suatu keharusan dan mutlak.

"Kaum laki-laki itu adalah pemimoin kaum wanita oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagaian yang lain (wanita) dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagaian dari arta mereka (QS. Annisa :34)

Tidak akan beruntung kaum yang setiap perkaranya dipimpin oleh seorang wanita (H.R. Bukhari).

3. Jujur
Bukan dikatakan pemimpin jika dia pandai berbohong baik bohong terhadap dirinya sendiri dan rakyat yang dipimpinnya. Tidak berbicara seadanya. Dan segera menepati janji dan ucapannya.

4. Amanat
Pemimpin harus bisa menjaga kepercayaan yang dibebankan kepadanya, baik itu kepemimpinannya, harta atau aset desa, kota dan negara. Pemimpin yang baik tidak akan serta merta mengambil sesuatu yang bukan haknya walaupun sedikit dan bukan untuk memperkaya dirinya sendiri dengan menggasak aset negara.

5. Cerdas
Ide ide yang cemerlang harus di miliki oleh seorang pemimpin untuk memecahkan solusi permaslahan yang dipimpinnya, kesulitan ekonomi supaya ekonomi berkembang dengan baik seperti UKM, pedagang kecil dan tidak berat sebelah memihak kepada orang yg mang punya modal.

6. Merasakan bawahanya
Tidak termasuk pemimpin yang baik jika tidak merasakan yang dipimpinnya, keluh kesah bawahannya dan hanya memikirkan keluarganya dan Team politiknya dan kesenangan saja.

7. Adil
Adil adalah menempatkan sesuatu pada tempatnya.
Tidak membeda-bedakan siapapun baik yang mempunyai jabatan kepemimpinan atau tidak, harusnya melayani siapapun termasuk orang miskin sekalipun. Serta harus melayani dengan baik, tidak menyinggung dengan kata-kata yang tidak enak terhadap bawahannya dan bersikap semena-mena. 

8. Memberi contoh
Seorang pemimpin harus memberi contoh yang baik terhadap bawahannya dengan suri tauladan yang baik sehingga terjadi keharmonisan antara bawahannya. Sesuatu yang tidak etis dan tidak memberi contoh yang baik tatkala kita melihat wakil rakyat ribut bahkan jotos-jotosan saat sidang bukan membela untuk membela kepentingan rakyatnya.

9. Jangan hanya ingin dilayani
Satu prinsif bahwa pemimpin harusnya melayani masyarakat dengan baik bukan hanya ingin di layani oleh bawahannya. 

10. Memberi bantuan
Yang dikatakan pemimpin sudah tentu memiliki segalanya, kekuasaan, aset negara, dsb. Contoh : Cepat memberi bantuan kepada bawahannya, masyarakat yang terkena musibah disuatu daerah. 

11. Cepat tanggap
Seorang pemimpin harus cepat tanggap terhadap apa yang dirasakan bawahanya maupun pegawainya, segala keluh kesah bawahannya harusnya menjadi keluh kesah dirinya pula.

12. Tanggung jawab
Segala apa yang dibebankan seorang pemimpin harus dengan tanggung jawabnya, tanggung jawab terhadap bawahannya, kepemimpinannya dan segala sesuatunya dan harus mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadinya.

14. Kuat
Seorang pemimpin harus kuat jasmani maupun mental, harus muda dengan pemikiran yang fresh dan berdedikasi tinggi.

15. Menghadapi Gejolak
Gejolak dalam suatu wilayah yang terjadi kemungkinan terjadi, tugas pemimpin adalah meredem gejolak tersebut bukan dengan menambah masalah jadi rumit bahkan menyudutkan kelompok yang lain. Solusi dan kebijakan dan ketegasan pemimpin dibutuhkan di sini. Bukan menghindari saat ada demo masa yang membutuhkan kehadirannya,  dsb.

16. Menepati janji dan ucapan
Sesuatu yang sudah diucapkan harus ditepati, bukan seorang pemimpin yang baik jika dia memberikan angin syurga kepada bawahannya dan mengelak saat di tagih janji dan ucapannya.

Note "Nabi menolak dan tidak memilih orang yang minta jabatan kepemimpinan".

Belum ada Komentar untuk "Pilihlah pemimpin yang baik untuk kepala negara kita"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel