Cara cek valid amp untuk blog site amp dengan mudah, simak!

Amp kepanjangan dari accelerated Mobile Pages yang menjanjikan kecepetan load page faster saat blog site di buka di mobile web browser saat atau internet koneksi lambat sekalipun. Cara cek dan tes valid amp apa belum di template blog amp kita bisa cek amp pages di dua sumber dengan mudah apakah kita pakai wordpress atau blogger dengan custom template amp meskipun sangat di sayangkan blogger secara official belum menyediakan template amp itupun hasil kustomisasi template blogger oleh web designer yang ahli dibidang css, js dan xml bahkan tema blogger gratis support amp pages banyak dibagikan oleh web designer terutama template blogger terkecuali template premium blogger anda harus membelinya.
Cara tes valid amp untuk blog site amp dengan mudah, simak!
Seiring dengan kemajuan tekhnologi yang semakin pesat di era mobile ini dimana konsumsi informasi hampir jutaan bahkan miliaran orang setip harinya menggunaakan smartphones mendorong developer web dalam pengembangan amp pages ini supaya loading halaman ringan dibuka di mobile browser bahkan logo petir amp pun sudah bertebaran dan nongol di halaman pertama google web.
Untuk melakukan test valid amp pages tentunya template blogger harus sudah support amp pages begitupun wordpress yang sangat mudah cuman menginstal plugin amp pages.

Disamping itu bahwa amp pages juga sangat di rekomendasikan oleh praktisi seo disamping itu google di halaman Official google webmaster central blog juga dalam mengindeks website lebih mengutamakan dulu mobile first index, structure data, images and your site dengan demikian amp pages ini bisa menjadi acuan anda, sudah tentu layout mobile website pun harus mobile friendly dan responsive mencakup ukuran layout mobile dan tablet termasuk website blog dengan non html juga begitu sama.

Dengan cara membuat blog amp apakah itu membuat custom template amp diblogger harus memenuhi ketentuan amp itu sendiri agar blog amp sobat valid amp. Sementara di wordpress lebih mudah tinggal klik amp support kendatipun demikian bukan suatu kemustahilan websit amp wordpress juga bisa tidak valid.

Baca juga : Cara pasang amp ads 

Nah gimana cara cek blog atau website valid amp pages?


Test masing-masing halaman blog anda seperti homepage, post page, dan halaman page seperti about, disclaimer, privacy policy juga dll.

Ada 2 langkah untuk mengetest valid dan pengujian amp pages :
Google amp test validator
1. Google amp validator
- Go to Google Amp Test
- Ketik url homepage atu post page website blog sahabat misal https://example.com atau https://example.com/cara-cek-blog-site-valid-amp-pages.html
- lalu klik run test
- jika berhasil maka test link to amp detected on submitted URL
- klik test link ampa maka anda akan melihat amp form validation
- klik preview search result untuk melihat hasil penelusuran di beranda penelusuran google
- Termasuk valid structured data juga anda bisa anda cek.

Validator amp pages org
2. Validator amp pages ORG
- Go to validator amp pages ORG
- Ketikan alamat url site ataupun url post page blog sobat misal https://www.omevan.com atau https://omevan.com/cara-cek-blog-valid-amp-pages.html
- Klik validate
- Di bawah atau dipinggir layout template, akan akan kelihatan css atau custom js mana yang error saat tampilan amp pages atau mobile amp pages maka perbaiki kode yang error tersebut supaya valid amp pages.
Jika ada yang error di amp pages coba perbaiki karena akan mempengaruhi blog anda di search engines.

Baca juga : Cara memasang iklan adsense di widget sidebar amp

Selain itu anda bisa instal amp validator extension chrome di chrome web browser di kompi (Komouter / laptop) sebuah developer tools untuk memvalidasi amp pages anda silahkan menuju chrome webstore di Chrome browser lalu search amp validator extention, langkahnya hampir sama, sama yang diatas.
Untuk mozilla firefox juga bisa anda cari adds on amp validator dan instal di mozilla firefox web browser anda.

Fix amp pages dengan memperbaiki semua error di template blog sobat baik amp css, struktur data, amp ads, custom js amp. Untuk versi desktop anda bisa menggunakan java script misalnya untuk menempatkan iklan Adsense di tengah.

Agar blog anda lolos valid amp baik itu wordpress maupun blogger dengan cara membuat blog amp valid sesuai dengan persyaratan amp. Jika website amp tidak valid dan banyak error silahkan perbaiki agar tetap valid amp.

Video Cara cek blog site valid amp dengan mudah